Monday, December 30, 2019

4138. SURAH AL-HUJURAT 3


SURAH AL-HUJURAT 3
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.


1.    Al-Quran surah Al-Hujurat (surah ke-49) ayat 1.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُقَدِّمُوا بَيْنَ يَدَيِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
2.    Al-Quran surah Al-Hujurat (surah ke-49) ayat 2.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَرْفَعُوا أَصْوَاتَكُمْ فَوْقَ صَوْتِ النَّبِيِّ وَلَا تَجْهَرُوا لَهُ بِالْقَوْلِ كَجَهْرِ بَعْضِكُمْ لِبَعْضٍ أَنْ تَحْبَطَ أَعْمَالُكُمْ وَأَنْتُمْ لَا تَشْعُرُونَ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu meninggikan suaramu lebih dari suara Nabi, dan janganlah kamu berkata kepadanya dengan suara keras sebagaimana kerasnya (suara) sebagian kamu terhadap sebagian yang lain, agar tidak hapus (pahala) amalmu, sedangkan kamu tidak menyadari.

3.    Al-Quran surah Al-Hujurat (surah ke-49) ayat 3.

إِنَّ الَّذِينَ يَغُضُّونَ أَصْوَاتَهُمْ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ امْتَحَنَ اللَّهُ قُلُوبَهُمْ لِلتَّقْوَىٰ ۚ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ عَظِيمٌ

Sesungguhnya orang-orang yang merendahkan suaranya di sisi Rasulullah mereka itu orang-orang yang telah diuji hati mereka oleh Allah untuk bertakwa. Bagi mereka ampunan dan pahala yang besar.

4.    Asbabun nuzul (penyebab turunnya) surah Al-Hujurat (surah ke-49) ayat 3.
1)    Muhammad bin Tsabit menjelaskan ayat ini turun berkenaan dengan tangisan Tsabit bin Qais.
2)    Tasbit bin Qais menangis karena mengira QS (49:1-2) ditujukan kepada dirinya.
3)    Rasulullah bersabda kepada Tsabit bin Qais,”Apakah kamu tidak rida, jika kamu hidup terpuji, mati sahid, dan masuk surga.”
4)     Tsabit bin Qais menjawab,”Ya Rasulullah, aku rida dan aku tidak akan mengeraskan suaraku di depan engkau selamanya.”
5)    Kemudian turun ayat 3 ini.




Daftar Pustaka
1.    Hatta, DR. Ahmad. Tafsir Quran Per Kata, Dilengkapi dengan Asbabun Nuzul dan Terjemah. Penerbit Pustaka Maghfirah, Jakarta 2011.
2.    Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2.
3.    Tafsirq.com online.










0 comments:

Post a Comment