Friday, February 3, 2023

16510. AKU PUNYA HASIL KERJA BUKTI AKU ADA

 


AKU PUNYA HASIL KERJA BUKTI AKU ADA

Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.

 

 

 

Syamsul Anwar:

 “Aku Bekerja, Maka Aku Ada”

Cogito ergo sum.

Ungkapan bahasa Latin.

 

Oleh Rene Descartes.

Filsuf Perancis.

 

Artinya.

 “Aku berpikir, maka aku ada”.

 

Ungkapan eksistensi manusia.

 

Menurut Ketua PP Muhammadiyah.

 Syamsul Anwar.

 

Konsepsi Islam tentang eksistensi.

“Aku bekerja, maka aku ada”.

 

Dalam Islam.

Bekerja gambaran eksistensi manusia.

 

Al-Qurah surah At-Taubah (surah ke-9) ayat 105.

 

وَقُلِ اعْمَلُوا فَسَيَرَى اللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ ۖ وَسَتُرَدُّونَ إِلَىٰ عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ


Dan Katakan: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.

 

Wujud nyata bekerja.

Yaitu dapat rezeki halal.

 

Dan pengakuan lingkungan.

Atas prestasi itu.

 

Maka eksistensi orang.

Ditentukan banyaknya  pekerjaan.

 

“Tiap orang harus bikin lapangan kerja.

Dengan kerja.

Mereka dianggap eksis.

 

Orang tak bekerja.

Dianggap tak ada,” terangnya.

 

 Syamsul Anwar.

Khotbah Jumat (27/01/2023).

 

Di Masjid Agung.

 Bangka Selatan.

 

Bekerja dalam Islam.

Disebut “amal”.

 

Tapi kosa kata amal.

Dalam warga umum.

 

Sebagai kata ganti.

 “Sedekah dan infak”.

 

Dalam bahasa Arab.

Kata “amal” punya cakupan luas.

 

Amal.

Tak sekadar memberi.

 

Tapi “amal” berarti: Profesi.

Seperti:

1)                Dokter.

2)                Driver online.

3)                Pengacara.

 

4)                Karyawan.

5)                Dosen.

 

6)                Guru.

7)                Dan lainnya.

 

 Selain profesi.

Amal juga berarti:

Suka rela berbuat baik.

 

Contohnya.

Pengurus Muhammadiyah.

Dari ranting hingga pusat.

 

Mereka tak mendapat imbalan.

Atas apa yang mereka kerjakan.

 

Tapi bisa disebut “amal”.

Karena untuk maslahat sosial.

 

Memproduksi karya.

Bisa disebut “amal”.

 

Bikin karya seni.

Dan lainnya.

Bagian dari amal.

 

 Karya.

Yaitu hasil kerja.

Tanda eksistensi.

 

 Misalnya.

1)        Arsitek.

2)        Pelukis.

3)        Penulis.

4)        Dan lainnya.

 

Bekerja.

Yaitu tanda eksistensi manusia.

 

Islam anjurkan umat.

Untuk  terus bergerak.

Tak anjurkan diam stagnan.

 

Tapi bekerja.

Tak sekadar kerja.

Sebab Allah selalu mengawasi.

 

Dalam bekerja.

Kita selalu berharap lindungan Allah.

Agar tak terseret.

Hal yang dilarang agama,” ucapnya.

 

Syamsul Anwar.

 Guru Besar Hukum Islam.

 

 Universitas Islam Negeri

Sunan Kalijaga.

 

(Sumber muhammadiyah)

0 comments:

Post a Comment