USTAZ
ADI HIDAYAT PRO KONTRA ASY-SYUARA PEMUSIK
Oleh: Drs HM Yusron Hadi, MM
Al-Quran
surah Asy- Syuara (surah ke-26) ayat 224-227.
وَالشُّعَرَاءُ يَتَّبِعُهُمُ الْغَاوُونَ
Dan penyair-penyair itu diikuti orang-orang sesat.
أَلَمْ تَرَ أَنَّهُمْ فِي كُلِّ وَادٍ
يَهِيمُونَ
Tidakkah kamu melihat bahwa mereka mengembara di tiap Lembah.
وَأَنَّهُمْ يَقُولُونَ مَا لَا
يَفْعَلُونَ
Dan bahwa mereka suka mengatakan apa yang mereka sendiri
tidak mengerjakan(nya)?
إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا
الصَّالِحَاتِ وَذَكَرُوا اللَّهَ كَثِيرًا وَانْتَصَرُوا مِنْ بَعْدِ مَا
ظُلِمُوا ۗ وَسَيَعْلَمُ الَّذِينَ ظَلَمُوا أَيَّ مُنْقَلَبٍ يَنْقَلِبُونَ
Kecuali orang-orang (penyair-penyair) beriman dan beramal saleh dan banyak menyebut
Allah dan mendapat kemenangan sesudah menderita kezaliman. Dan orang zalim kelak
akan mengetahui ke tempat mana mereka akan kembali.
Penyair
dalam bahasa Arab.
Berbeda dengan penyair.
Dalam
bahasa Indonesia.
Syiir
dalam bahasa Indonesia.
Tak selalu terkait musik.
Tapi syiir
dalam bahasa Arab.
Selalu
terkait musik.
Kecuali
syiir bebas.
Tanpa
ilmu Arudh.
Tapi
syiir ini tak diakui .
Syiir
resmi pasti terkait ilmu Arudh.
Penyair
membaca syiir.
Pasti
ada unsur musik.
Meskipun
tak selalu pakai alat musik.
Musik
dalam bahasa arab.
Tak selalu
terkait alat musik.
Penyair
Arab.
Pandai
pilih kata dan bentuk kata.
Pas
dengan notenya .
Penyair
tak lepas dari musik.
Maka penyair adalah pemusik
Fokus kata
musik.
Bukan
hukum musik
Contohnya.
Orang
Jawa belum disebut makan.
Jika belum
makan nasi.
Meskipun
dia sudah makan roti.
Dan makan
gorengan.
Kata “Baqarah”.
Pada surah
Al-Baqarah.
Bisa
dimaknai:
1)
Sapi betina.
2)
Seekor sapi.
3)
Tak harus sapi betina.
(Sumber
DR Saiful Islam Mubarok, Lc, MA).
Pendidikan
S2 dan S3.
Al-Qur'an/
Tafsir
IAIN
Sunan Gunung Djati.
Bandung
(2001).
S1
Fakultas Bahasa Arab
Universitas
Al-Azhar.
Kairo
(1987).
Pesantren
Darul Arqam Asy-Syafi'iyah.
Jakarta
(1981).
Ma'had
Al-Qur'an Al-Duwali.
Kairo
(1984);
0 comments:
Post a Comment