Saturday, December 30, 2017

604. JARI

POSISI JARI TANGAN KETIKA TASYAHUD
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M

      Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang posisi jari tangan ketika duduk tasyahud dalam salat?” Ustad Abdul Somad menjelaskannya.    Menurut mazhab Maliki ketika duduk tasyahud dianjurkan menekuk jari tengah, jari manis, jari kelingking, dan meluruskan jari telunjuk, serta jempol tangan kanan ke arah bawah, dengan menggerak-gerakkan jari telunjuk secara terus menerus ke kanan dan kiri secara pelan, selama duduk tasyahud.

      Menurut mazhab Hanafi ketika tasyahud menunjuk dengan jari telunjuk tangan  kanan, seandainya tidak mempunyai telunjuk jari tangan kanan, maka  tidak boleh digantikan jari yang lain, dan telunjuk jari tangan kanan diangkat ke atas sebentar ketika mengucapkan “asyhadu anla ilaha” (Saya bersaksi tidak ada tuhan) kemudian menurunkannya kembali ketika membaca “illallah” (selain Allah).
      Menurut mazhab Hambali ketika tasyahud dengan menekuk jari kelingking dan jari manis, melingkarkan jempol bertemu dengan jari tengah, serta menunjuk dengan jari telunjuk tangan kanan, setiap menyebut lafaz Allah jari telunjuk tangan kanan dinaikkan sebentar lalu turun lagi, sehingga jari telunjuk tangan kanan naik dan turun berkali-kali.
     Menurut mazhab Syafii ketika tasyahud menggenggam semua jari tangan kanan, kecuali jari telunjuk, dengan jari telunjuk diangkat ke atas ketika membaca “asyhadu anla ilaha illallah” dan jari telunjuk tetap di atas sampai bacaan tasyahud selesai.
     Ketika membaca tasyahud awal dan tasyahud akhir, pandangan mata selalu  tertuju ke arah jari tangan kanan telunjuknya sendiri, dan tidak memandang jari tangan jamaah yang lain.
Daftar Pustaka
1. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 77 Tanya-Jawab Seputar Salat, 2017.
2. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 99 Tanya-Jawab Seputar Salat, 2017.
3. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 37 Tanya-Jawab Masalah Populer, 2017.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online

0 comments:

Post a Comment