AZAN SYIAR
ISLAM
Oleh:
Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.

A. Islam tidak
menentukan mode pakaian.
1. Al-Quran surah Al-Ahzab (surah ke-33) ayat 59.
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ
لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ
جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ
اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا
Hai Nabi katakan kepada istri-istrimu,
anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: "Hendaklah mereka
mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya
mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah
adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang.
2. Para
ulama menjelaskan salah satu fungsi pakaian adalah menunjukkan identitas atau pribadi
seseorang.
3. Pakaian
sebagai identitas dapat dipakai membedakannya dengan orang lain.
4. Eksistensi
(keberadaan) seseorang, ada yang bersifat
material dan ada yang bersifat bukan material (bersifat rohani).
5. Hal
yang bersifat material (fisik) termasuk dapat
tergambar dalam busana yang
dikenakannya.
6. Kita dapat
mengetahui dan membedakan antara murid SD, SMP, SMA, dan bisa membedakan TNI
AD, TNI AL, TNI AU, dan anggota POLRI melalui seragamnya, termasuk pangkat yang
disandangnya.
7. Pakaian
yang dikenakan seseorang bisa berfungsi untuk menunjukkan identitas yang membedakan
seseorang dengan lainnya.
8. Pakaian
juga dapat membedakan status sosial seseorang.
9. Nabi
Muhammad sangat menekankan pentingnya penampilan yang menunjukkan identitas umat
Islam yang bisa digambarkan melalui pakaian.
10. Rasulullah
bersabda,”Seorang lelaki jangan berpakaian seperti seorang wanita, dan seorang wanita
jangan berpakaian seperti seorang lelaki”.
11. Kepribadian
umat Islam sangat perlu ditampilkan dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari.
B. Azan identitas
dan syiar lslam.
1. Rasulullah
membicarakan tanda cara paling tepat mengundang umat Islam melakukan salat
berjamaah.
2. Para sahabat
mengusulkan dengan beraneka model.
3. Para
sahabat ada yang mengusulkan untuk:
1) Mengibarkan
bendera.
2) Memakai
terompet.
3) Membunyikan
lonceng.
4) Dan usulan
lainnya.
4. Akhirnya,
Rasulullah menyetujui usulan dari Abdullah bin Zaid Anshari dan Umar bin
Khattab yang sama-sama bermimpi mengumandangkan azan.
5. Azan
dipakai cara untuk memanggil umat Islam untuk salat berjamaah seperti yang kita
kenal sekarang ini.
6. Rasulullah
menekankan pentingnya menampilkan kepribadian tersendiri, yang berbeda dengan lainnya.
7. Rasulullah
bersabda, “Siapa yang meniru penampilan suatu kaum, maka dia termasuk dalam kelompok
kaum itu”.
8. Al-Quran
surah Al-Hadid (surah ke-57) ayat 16 menekankan tentang kepribadian
non-material (rohani).
۞ أَلَمْ يَأْنِ لِلَّذِينَ آمَنُوا أَنْ
تَخْشَعَ قُلُوبُهُمْ لِذِكْرِ اللَّهِ وَمَا نَزَلَ مِنَ الْحَقِّ وَلَا
يَكُونُوا كَالَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلُ فَطَالَ عَلَيْهِمُ
الْأَمَدُ فَقَسَتْ قُلُوبُهُمْ ۖ وَكَثِيرٌ مِنْهُمْ فَاسِقُونَ
Belumkah datang waktunya bagi orang-orang
yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran
yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang
sebelumnya telah diturunkan Al-Kitab kepadanya, kemudian berlalu masa yang
panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara
mereka adalah orang-orang yang fasik.
C. Jilbab
identitas muslimah.
1. Semua umat
Islam diharapkan menampilkan pakaian jasmani dan rohani yang menggambarkan identitasnya
sebagai pemeluk Islam.
2. Ajaran
Islam tidak datang untuk menentukan mode pakaian tertentu.
3. Setiap
masyarakat di mana pun dan kapan pun bisa menentukan mode dan gayanya sesuai zaman dan seleranya.
5. Sebaiknya
dan sewajarnya apabila setiap wanita Islam memakai jilbab.
6. Jilbab
adalah gambaran identitas seorang muslimah yang baik, seperti disebutkan dalam
Al-Quran.
Daftar Pustaka
1.
Shihab, M. Quraish. Lentera Hati. Kisah dan Hikmah
Kehidupan. Penerbit Mizan, 1994.
2.
Shihab, M. Quraish Shihab. Wawasan Al-Quran.
Tafsir Maudhui atas Perbagai Persoalan Umat. Penerbit Mizan, 2009.
3.
Shihab, M. Quraish. E-book Membumikan Al-Quran.
4.
Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver
3.2
5. Tafsirq.com
online.
0 comments:
Post a Comment