Wednesday, June 16, 2021

9962. SEJARAH LAHIRNYA FACE BOOK TAHUN 2004

 




SEJARAH LAHIRNYA FACE BOOK TAHUN 2004

Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.

 

 

 

 

Sejarah Lahirnya Facebook di Harvard oleh Mark Zuckerber

 

Pada 4 Februari 2004, seorang mahasiswa tingkat 2 Harvard University.

 

 

Bernama Mark Zuckerberg meluncurkan The Facebook.

 

Sebuah situs media social.

 

Yang ia bangun untuk menghubungkan para mahasiswa Harvard.

 

Keesokan harinya.

 

Lebih dari 1.000 orang telah mendaftar.

 

 

Dan itu baru permulaan.

 

 

Situs itu dikenal sebagai Facebook.

 

 

Facebook berkembang pesat.

 

 

Dan salah satu perusahaan media sosial paling signifikan dalam sejarah.

 

 

Saat ini Facebook adalah salah satu perusahaan paling berharga di dunia.

 

 

Dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan.

 

 

Asal-usul Facebook diteliti dan  dijadikan film: The Social Network (2010).

 

Tetapi sumber pasti dari idenya masih belum jelas.

 

Zuckerberg sangat mahir menciptakan kehebohan.

 

 

Lewat kemampuannya dalam pengodean.

 

Hal yang amat berguna di Harvard.

 

 

Tahun sebelumnya.

 

 

Zuckerberg menjadi selebritas kampus dengan membuat FaceMash.

 

Situs web tempat mahasiswa dapat memilih wanita mana yang paling menarik di Harvard.

 

 

Tapi hal itu ditentang pihak administrasi dan beberapa kelompok wanita.

 

 

Meskipun umurnya pendek FaceMash amat popular.

 

 

Zuckerberg mempertimbangkan menciptakan jaringan sosial di seluruh kampus.

 

 

Selama tahun keduanya, Zuckerberg membangun media sosial cikal bakal Facebook.

 

 

Ketika diluncurkan pada 4 Februari 2004.

 

 

Dia dan teman sekamarnya terpaku pada layar di hadapan mereka.

 

Menyaksikan sekitar 1.500 rekan mahasiswa lain.

 

 

Yang mendaftar ke situs itu dalam 24 jam pertama.

 

 

Dari sana, Facebook berkembang pesat.

 

Pindah ke universitas lain di wilayah Boston.

 

 

Dan kampus Ivy League lainnya pada musim semi.

 

 

Pada akhir tahun, situs itu punya 1.000.000 pengguna.

 

Seorang investor, Peter Thiel menginvestasikan 500 ribu dolar AS.

 

 

Dan Zuckerberg meninggalkan Harvard.

 

 

Untuk menjalankan Facebook dari markas barunya di California.

 

 

Dari California, Facebook menyebar ke seluruh dunia.

 

 

Tak hanya menjadi perusahaan sangat berharga.

 

Tetapi juga salah satu institusi terpenting di awal abad ke-21.

 

 

Facebook jadi situs media sosial untuk satu generasi pengguna internet.

 

 

Facebook juga salah satu kekuatan utama.

 

 

Yang membawa internet ke fase sangat partisipatif.

 

 

Meskipun demikian.

 

 

Ada masalah lain dari berkembangnya Facebook.

 

 

Selain memungkinkan info salah dan akun palsu berkembang biak.

 

Facebook menuai kritik karena menjual data penggunanya.

 

Facebook gagal melindungi pengguna secara memadai.

 

 

Pada April 2019.

 

Zuckerberg menyatakan dirinya mengawasi rencana mengonsolidasikan kekuatan jejaring social.

 

 

Dan mengendalikan pesaing.

 

 

Dengan memperlakukan data penggunanya sebagai chip penawaran.

 

 

Ia juga secara terbuka menyatakan akan melindungi data itu.

Menurutnya, sekitar 4.000 halaman dokumen perusahaan bocor.

 

Sebagian besar mencakup data 2011 hingga 2015. 

 

 

Dokumen itu mencakup surel, web, data persentasi, dan ringkasan rapat.

 

 

Zuckerberg dan tim manajemennya.

 

 

Menemukan cara memanfaatkan data pengguna Facebook.

 

Termasuk info teman, hubungan, dan foto.

 

 

Menurut laporan NBC News, dalam beberapa kasus Facebook akan memberi penghargaan.

 

 

Kepada perusahaan yang disukai dengan memberi mereka akses ke data penggunanya.

 

Dalam kasus lain, Facebook menolak akses data pengguna ke perusahaan atau aplikasi saingan.

 

Pada Juli 2019, Komisi Perdagangan Federal Trade Commission (FTC) mendenda Facebook sekitar 5 miliar dolar AS.

 

 

Akibat penanganan data pengguna Facebook oleh perusahaan media sosial itu.

 

 

FTC menyelidiki tuduhan.

 

 

Bahwa Facebook secara tidak pantas membagikan info milik 87 .000.000 pengguna.

 

 

Dengan firma konsultan politik Inggris.

 

 

Yang sekarang sudah tidak berfungsi, Cambridge Analytica.

 

 

Penyelidikan difokuskan.

 

 

Apakah berbagi data dan hal terkait lainnya melanggar perjanjian persetujuan 2011 antara Facebook dan regulator.

 

 

Meskipun demikian.

 

Facebook terus mendominasi pasar media sosial.

 

Facebook menghasilkan pendapatan iklan terbanyak.

 

Dan menguasai lebih dari setengah total pangsa pasar.

 

 

(Sumber Wikipedia)

0 comments:

Post a Comment