Monday, November 11, 2024

37775. YAHUDI DAN NASRANI MERASA MASUK SURGA SENDIRI

 





YAHUDI DAN NASRANI MERASA MASUK SURGA SENDIRI     

Oleh: Drs H M Yusron Hadi, MM

 

 

 

 

Al-Quran surah Al-Baqarah (surah ke-2) ayat 110-115.

 


وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ مِنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِنْدَ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

 

110. Dan dirikan salat dan tunaikan zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.


وَقَالُوا لَنْ يَدْخُلَ الْجَنَّةَ إِلَّا مَنْ كَانَ هُودًا أَوْ نَصَارَىٰ ۗ تِلْكَ أَمَانِيُّهُمْ ۗ قُلْ هَاتُوا بُرْهَانَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ

 

111. Dan mereka (Yahudi dan Nasrani) berkata: "Sekali-kali tidak akan masuk surga kecuali orang-orang (yang beragama) Yahudi atau Nasrani". Demikian itu (hanya) angan-angan mereka yang kosong belaka. Katakan (Muhammad): "Tunjukkan bukti kebenaranmu jika kamu orang yang benar".

 

Keterangan ayat 111.

 

1)        Orang Yahudi berkata bahwa mereka saja yang akan masuk surga.

 

2)        Orang Nasrani berkata bahwa mereka saja yang akan masuk surga.

 

 

بَلَىٰ مَنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُ لِلَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ فَلَهُ أَجْرُهُ عِنْدَ رَبِّهِ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

 

112. (Tidak demikian) bahkan barang siapa menyerahkan diri kepada Allah, sedangkan ia berbuat kebajikan, maka baginya pahala pada sisi Tuhannya dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

 

وَقَالَتِ الْيَهُودُ لَيْسَتِ النَّصَارَىٰ عَلَىٰ شَيْءٍ وَقَالَتِ النَّصَارَىٰ لَيْسَتِ الْيَهُودُ عَلَىٰ شَيْءٍ وَهُمْ يَتْلُونَ الْكِتَابَ ۗ كَذَٰلِكَ قَالَ الَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ مِثْلَ قَوْلِهِمْ ۚ فَاللَّهُ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فِيمَا كَانُوا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ

 

113. Dan orang Yahudi berkata: "Orang Nasrani tidak punya pegangan", dan orang Nasrani berkata: "Orang Yahudi tidak punya pegangan," padahal mereka (sama-sama) membaca Kitab. Demikian pula orang-orang yang tidak tahu, mengatakan seperti ucapan mereka. Maka Allah akan mengadili di antara mereka pada hari Kiamat, tentang apa-apa yang mereka berselisih padanya.

 

Asbabun nuzul (sebab turun) ayat 113.

Ibnu Abbas jelaskan.

 

Kaum Nasrani Najran.

Berdebat dengan kaum Yahudi.

Di depan Rasulullah.

 

Seorang Nasrani, Rafi bin Hauraimalah berkata,

 

“Kamu berada di jalan yang salah.

Sebab menolak Nabi lsa dan kitab lnjil”.

 

Orang Yahudi membantah,

 

“Kamu juga salah.

Sebab menolak Nabi Musa dan kitab Taurat”.

 

Lalu turun ayat 113 ini.

 

 

وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنْ مَنَعَ مَسَاجِدَ اللَّهِ أَنْ يُذْكَرَ فِيهَا اسْمُهُ وَسَعَىٰ فِي خَرَابِهَا ۚ أُولَٰئِكَ مَا كَانَ لَهُمْ أَنْ يَدْخُلُوهَا إِلَّا خَائِفِينَ ۚ لَهُمْ فِي الدُّنْيَا خِزْيٌ وَلَهُمْ فِي الْآخِرَةِ عَذَابٌ عَظِيمٌ

 

114. Dan siapakah yang lebih aniaya daripada orang yang menghalangi menyebut nama Allah dalam masji-Nya, dan berusaha untuk merobohkannya? Mereka tidak patut masuk ke dalamnya (masjid Allah), kecuali dengan rasa takut (kepada Allah). Mereka di dunia dapat kehinaan dan di akhirat dapat siksa yang berat.

 

Asbabun nuzul (sebab turun) ayat 114.

Ibnu Zaid jelaskan.

 

Ayat 114 ini turun.

Sebagai peringatan bagi kaum Quraisy.

 

Yang melarang Rasulullah salat di dekat Kakbah di Masjidil Haram .

Saat perjanjian Hudaibiyah.

 

 

 

وَلِلَّهِ الْمَشْرِقُ وَالْمَغْرِبُ ۚ فَأَيْنَمَا تُوَلُّوا فَثَمَّ وَجْهُ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

 

115. Dan kepunyaan Allah timur dan barat, maka kemana pun kamu menghadap di situ wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas (rahmat-Nya) lagi Maha Mengetahui.

 

 

Asbabun nuzul (sebab turun) ayat 115.

Ibnu Umar jelaskan.

 

Saat pejalanan dari Mekah ke Madinah.

Rasulullah salat sunah di atas untanya.

 

Kemana pun arah unta itu.

Meskipun tak menghadap kiblat.

 

Lalu turun ayat 115 ini.

 

(Sumber Tafsir AlQuran Perkata DR M Hatta)



 

 

 

Related Posts:

0 comments:

Post a Comment