Organisasi Profesi Guru

Presiden Jokowi memberi hormat kepada Guru-Guru se Indonesia.

Tema Gambar Slide 2

Deskripsi gambar slide bisa dituliskan disini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan gambar slide yang anda pasang, edit slide ini melalui edit HTML template.

Tema Gambar Slide 3

Deskripsi gambar slide bisa dituliskan disini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan gambar slide yang anda pasang, edit slide ini melalui edit HTML template.

Thursday, June 2, 2022

13390. PANTAI CIPTAAN ALLAH TAPI MASUK HARUS BAYAR

 

 


 

PANTAI DAN AIR TERJUN CIPTAAN ALLAH TAPI MASUK BAYAR

Oleh: Drs. H.M. Yusron Hadi, M.M.

 

 

 

Saya bingung.

 

Di Indonesia.

Masuk pantai.

Harus  bayar.

 

Lihat air terjun.

Harus  bayar.

 

Lihat danau.

Harus bayar.

 

Sampai saya bertanya.

Apakah pantai.

Yang membikin nenek kamu?

 

Apakah air terjun.

Yang membuat kakek kamu?

 

Apakah danau.

Yang menciptakan bapak ibu kamu?

 

Jawabnya,

“Bukan.”

 

Dan argumennya.

Demi kebersihan.

Demi keamanan.

 

Karena dikelola oleh penduduk.

Dijaga oleh adat.

 

Dan alasan lainnya.

 

Apakah benar.

Yang menikmati karcis dan tiket.

Memangnya semua penduduk setempat.

 

Apakah hasilnya.

Dibagi rata untuk semua penduduk?.

 

Tapi ternyata.

Sampah berserakan.

 

Toilet tak bersih.

Dan lainnya.

 

Ambyar.

 

Tapi di luar negeri.

Misalnya Amerika, Eropa.

Dan negara maju lainnya.

 

Di negara maju.

Jika ingin ke pantai.

 

Gratis.

Alias Tak bayar.

 

Kamu mau ke air terjun Niagara Falls misalnya.

Gratis.

 

Kamu ingin mau datang kapan pun.

Bebas.

Gratis.

 

Kamu tahu Niagara Falls?

 

Tapi harus membayar.

Jika pengunjung ingin makan dan minum.

 

Mau naik ferry.

Dan pakai fasilitas lainnyaa.

 

Mereka baru membayar.

Pihak restoran.

 

Pemilik ferry.

Dan  fasilitas lainnya.

Terkena pajak.

Hasil pajak ini.

Dipakai untuk mengelola.

 

Kebersihan.

Keamanan.

Dan lainnya.

 

Begitu logikanya!

 

Yang dijual itu layanan penunjang.

Makin bagus layanan penunjang.

Maka makin cuan.

 

Tapi wisata alamnya.

Hal itu ciptaan Allah.

Maka harus gratis.

 

Jangan terbalik.

 

Ada sepotong tempat viral.

Kamu bergegas bikin pagar.

 

Bikin loket.

Bikin karcis.

Mulai mencari duit.

 

Allah menciptakan gratis.

Untuk umat manusia.

 

Tapi kamu malah memungut uangnya.

Jika seperti ini.

 

Maka tempat itu tak pernah maju.

 

Negara lain.

Pengunjung satu lokasi.

Bisa 1-2 juta turis asing.

 

Karena diurus dengan baik.

Tapi di Indonesia ini.

 

Seluruh Indonesia.

Turis asingnya cuma segitu.

Kalah dibanding Paris dan Singapura.

Dan tempat lainnya.

 

 

Cobalah bercermin.

Semoga generasi berikutnya.

Yang sudah terbiasa ke LN.

 

Bisa belajar.

Dan saat mereka jadi penguasa.

 

Semua logika kacau ini.

Bisa diperbaiki.

 

(Sumber Tere Liye)

Wednesday, June 1, 2022

13385. ATURAN BALAPAN FORMULA E JAKARTA

 

 




 

ATURAN BALAPAN FORMULA E JAKARTA

Oleh: Drs. H.M. Yusron Hadi, M.M.

 

 

Balapan Formula E.

Akan bergulir di Sirkuit Jakarta International E-Prix.

Sabtu (4/6/2022).

 

Setelah tertunda 2 tahun akibat pandemi Covid-19.

 

Balapan Formula E hadir di ibukota Indonesia.

Dengan nama Jakarta E-Prix.



Balapan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).

Akan menjadi Formula E pertama di Indonesia.

 

 

Data Formula E

 

1.        Spesifikasi Mobil Formula E.

 

Mobil Formula E.

Panjangnya 5,1 meter.

 

Lebarnya 1,7 meter.

Tingginya 1 meter.

 

Wheelbase 3,1 meter.

Bobot 903 kilogram.


Sepertiga beban mobil.

Pada baterai mobil.

 

Yaitu bobotnya 385 kilogram.

Baterai di belakang supir.


Formula E bisa mencapai 0-100 km per jam.

Dalam waktu 2,8 detik.

Dengan top speed 280km/jam.

 

Tiap mobil pakai transmisi single shift.

Bukan manual.

Untuk mengurangi berat mobil.



2. Baterai Mobil Formula E.


Formula E mengenalkan mobil generasi ke-2.

Atau Gen-2 .

Pada tahun 2018/2019.

 

Salah satu aspek yang ditingkatkan.

Yaitu kapasitas baterai.



Mobil Gen-1.

Formula E punya kapasitas baterai 28 kWh.

Mobil Gen-2.

Meningkat hampir 2 kali lipat.

Yaitu  52 kWh.

 

Kapasitas baterai meningkat.

Membuat bobot meningkat.

Dari 200 kg menjadi 385 kg.


Kapasitas baterai meningkat.

Membuat pembalap Formula E.

 

Tidak perlu mengganti mobil.

Di tengah balapan.

Seperti era Gen-1.



3. Format Balapan Formula E.


Balapan Formula E balapan 1 hari selesai.

Dari sesi Free Practice di pagi hari.

Hingga Race.

Atau E-Prix di sore hari.


Khusus edisi E-Prix di Arab Saudi.

Balapan digelar 2 hari.

 

Free Practice ke-1.

Digelar dimulai hari ke-1 saat malam.

 

Kemudian kualifikasi dan balapan.

Digelar esoknya.


Balapan Formula E selama 45 menit.

Ditambah 1 lap.

 

Hal ini berbeda dengan Formula 1.

Yang sudah ditentukan jumlah lapnya.

 

Sehingga, balapan Formula E.

Menghasilkan jumlah lap.

Yang tiap edisi cenderung berbeda.



4. Fitur Attack Mode dan Fan Boost.


Hal unik pada Formula E.

Yaitu 2 fitur Attack mode dan Fan Boost.

 

Untuk meningkatkan kekuatan mobil.

Selama balapan.


Untuk mendapat Attack Mode.

Pembalap wajib lewat zona khusus.

 

Yang sudah ditentukan.

Sekitar 1 jam sebelum balapan.


Pembalap harus menekan tombol khusus di bagian setir.

 

Untuk mendapat tambahan tenaga.

Dari 200 kWh menjadi 235 kWh.



Untuk Fan Boost.

Para penonton bisa voting.

 

Di website Formula E.

Untuk memilih pembalap favorit.


Pembalap yang terpilih.

Berhak mendapat tenaga hingga 250kWH.

 

Yaitu tenaga maksimal.

Mobil Formula E Gen-2.



5. Kecepatan Vs Efisiensi.


Di atas kertas.

Formula E kalah dari Formula 1.

Dalam kecepatan.

 

Formula E punya  top speed 280km/jam.

Formula 1 sampai 300km/jam.


Tapi Formula E.

Mengutamakan efisiensi.

Dalam tiap balapan.

 

Salah satu contohnya.

Yaitu fitur rem.

Bernama Regenerative Brake.


Ketika pembalap menginjak rem.

Otomatis rem menghasilkan energi listrik.

 

Yang mengalir ke baterai.

Untuk mengisi daya.



(Sumber CNN)