Friday, August 18, 2017

211. JUMAT

SALAT JUMAT MENURUT EMPAT MAZHAB
Oleh: Drs. H. Yusron Hadi, M.M.
Kepala SMP Negeri 1 Balongbendo, Sidoarjo


      Beberapa orang bertanya,”Bagaimana cara salat Jumat menurut 4 mazhab? Mohon dijelaskan cara salat Jumat menurut 4 mazhab? Berikut ini penjelasannya
      Ajaran Islam bersumber kepada Al-Quran dan Sunah, serta memiliki beberapa cabang ilmu, salah satunya “Ilmu Fikih”.
     Ilmu Fikih mempelajari tentang Hukum Islam. Dunia Islam mengenal 4 mazhab terbesar, yaitu Mazhab Hanafi, Maliki, Syafii, dan Hambali.
       Mazhab adalah haluan atau aliran mengenai hukum fikih yang menjadi ikutan umat Islam.
      Masing-masing mazhab mempunyai “karakter” dan “keistimewaan” tersendiri. Mazhab Hanafi didirikan oleh Nukman bin Tsabit, yang lahir tahun 89 Hijriah, dan wafat tahun 150 Hijirah. Nukman bin Tsabit seorang guru besar ilmu fikih di Irak.
      Mazhab Maliki didirikan oleh Imam Malik bin Anas, yang lahir tahun 93 Hijriah, dan wafat tahun 179 Hijriah. Imam Malik bin Anas berasal dari Madinah.
     Mazhab Syafii didirikan oleh Muhammad bin Idris, yang lahir tahun 150 Hijriah, dan wafat tahun 200 Hijirah. Muhammad bin Idris berasal dari Gaza, Palestina.
     Mazhab Hambali didirikan oleh Ahmad bin Hambal, yang lahir tahun 164 Hijriah, dan wafat tahun 241 Hijriah. Ahmad bin Hambal berasal dari Baghdad, Irak.
    Semua mazhab sepakat dasar hukum salat Jumat adalah Al-Quran surah Al-Jumuah, surah ke-62 ayat 9.
   “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.”
    Lokasi atau tempat salat Jumat. Menurut Imam Hanafi, Syafii, Hambali lokasi atau tempat melakukan salat Jumat boleh dikerjakan di masjid, dan boleh dilaksanakan di tempat lain, selain masjid.
     Sedangkan menurut Imam Maliki salat Jumat harus dilaksanakan di masjid dan dilarang dilakukan di tempat selain masjid.
    Jumlah minimal Jamaah salat Jumat. Menurut Imam Hanafi jumlah jamaah salat Jumat minimal 5 orang termasuk imam, dan menurut Imam Maliki jumlah jamaah salat Jumat minimal 13 orang termasuk imam.
      Menurut Imam Hambali dan Syafii jumlah jamaah salat Jumat minimal 41 orang termasuk imam.
    Posisi khatib ketika sedang berkhutbah. Menurut Imam Maliki dan  Syafii ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, maka seorang khatib wajib berdiri. Menurut Imam Hanafi dan Hambali ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, maka seorang khatib tidak wajib berdiri
    Materi minimal yang disampaikan seorang khatib ketika berkhutbah Jumat. Menurut Imam Hanafi seorang khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal membacakan “hamdalah” dan “istighfar”.
    Menurut Imam Maliki seorang khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan pesan takwa kepada Allah.
    Menurut Imam Syafii seorang khatib ketika berkhutbah salat Jumat, pada khutbah pertama minimal menyampaikan “hamdalah”, “selawat Nabi”, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran. Pada khutbah kedua minimal mengucapkan “hamdalah”, selawat Nabi, pesan takwa, dan doa untuk semua umat Islam.
      Menurut Imam Hambali seorang khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan “hamdalah”, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran.
    Posisi khatib ketika duduk di antara dua khutbah Jumat. Menurut Imam Maliki, dan Hanafi, khatib saat Jumat tidak wajib duduk di antara dua khutbah.
      Menurut Imam Syafii, khatib salat Jumat wajib duduk sebentar di antara dua khutbah. Imam Hambali menyatakan khatib boleh duduk atau tidak duduk di antara dua khutbah.
    Bahasa yang digunakan khatib ketika berkhutbah Jumat. Menurut Imam Maliki, ketika khatib berkhutbah Jumat, maka khatib wajib menggunakan bahasa Arab. Menurut Imam  Hanafi, Syafii, dan Hambali, khatib tidak wajib menggunakan bahasa Arab ketika berkhutbah.
      Bacaan surat Al-Quran setelah membaca surah Al-Fatihah dalam salat Jumat. Menurut Imam Maliki pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah atau surah ke-62. Sedangkan pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Ghosiyah, surah ke-88, setelah membaca surah Al-Fatihah.
     Menurut Imam Syafii pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah atau surah ke-62. Sedangkan pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Munafikun, surah ke-63, setelah membaca surah Al-Fatihah.
       Menurut Imam Hanafi, hukumnya makruh, jika imam salat Jumat, ditentukan bacaan suratnya, setelah membaca surah Al-Fatihah.
     Wajib adalah perbuatan yang harus dilakukan, dan tidak boleh ditinggalkan. Sunah adalah perbuatan apabila dilakukan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa.
     Mubah adalah perbuatan yang boleh dilakukan dan boleh tidak dikerjakan. Makruh adalah perbuatan yang dianjurkan untuk ditinggalkan, tetapi tidak berdosa apabila dikerjakan. Haram adalah perbuatan yang terlarang untuk dikerjakan.
Daftar Pustaka.
1. Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab, Muhammad Jawad Mughniyah. Penerbit Lentera Jakarta, 2007)
2. Asy-Syinawi, Abdul Aziz. Biografi Empat Mazhab. Penerbit Beirut Publishing. Ummul Qura. Jakarta, 2013.

Related Posts:

0 comments:

Post a Comment