Saturday, May 30, 2020

4558. DUNIA ISLAM BERBEDA-BEDA


DUNIA ISLAM BERBEDA-BEDA
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.

1.    Umat lslam terdapat di seluruh pelosok bumi dengan ragam budaya dan kawasan.
2.    Islam membolehkan semua keragaman itu membentuk komunitas keyakinan lintas suku, bangsa, etnis, kelamin, bahasa, dan politik.
3.    Umat lslam dipersatukan semata-mata karena keimanan mereka.
4.    Kaum muslim menerima penuh segala perbedaan dalam komunitas mereka.
5.    Al-Quran surah Ar-Rum (surah ke-30) ayat 22.

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦ خَلْقُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَٱخْتِلَٰفُ أَلْسِنَتِكُمْ وَأَلْوَٰنِكُمْ ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّلْعَٰلِمِينَ

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui.
6.    Umat lslam memandang perbedaan yang ada di dunia ini sebagai pertanda rahmat dan kasih sayang Allah.
7.    Segala perbedaan adalah peluang untuk mengatasi paham rasial dan kecongkakan.
8.    Umat lslam merasakan sebagai sesama makhluk Allah tidak punya hak untuk  membuat kriteria sendiri dalam menentukan seseorang lebih baik dibanding lainnya.
9.    Rasulullah bersabda,”Semua manusia berasal dari Nabi Adam dan Ibu Hawa. Orang Arab tidak lebih tinggi dibanding bukan orang Arab dan tidak pula bukan orang Arab lebih tinggi dibanding orang Arab.”
10. Rasulullah bersabda,”Orang berkulit putih tidak punya kelebihan dibanding orang berkulit hitam dan orang kulit berhitam tidak punya kelebihan dibanding berkulit putih, kecuali takwa dan amal kebaikannya.”
11. Rasulullah bersabda,”Semua muslim adalah bersaudara dengan Muslim yang lain,  maka dia tidak boleh menganiaya, membiarkan, dan menghinanya.”
12. Al-Quran surah Al-Hujurat (surah ke-49) ayat 10.

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

     Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.
13. Al-Quran surah Al-Hujurat (surah ke-49) ayat 11.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِّن قَوْمٍ عَسَىٰٓ أَن يَكُونُوا۟ خَيْرًا مِّنْهُمْ وَلَا نِسَآءٌ مِّن نِّسَآءٍ عَسَىٰٓ أَن يَكُنَّ خَيْرًا مِّنْهُنَّ ۖ وَلَا تَلْمِزُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا۟ بِٱلْأَلْقَٰبِ ۖ بِئْسَ ٱلِٱسْمُ ٱلْفُسُوقُ بَعْدَ ٱلْإِيمَٰنِ ۚ وَمَن لَّمْ يَتُبْ فَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلظَّٰلِمُونَ

      Hai orang-orang yang beriman janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olok) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.

14. Al-Quran surah Al-Hujurat (surah ke-49) ayat 12.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱجْتَنِبُوا۟ كَثِيرًا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ ٱلظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا۟ وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ

      Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.


15. Al-Quran surah Al-Hujurat (surah ke-49) ayat 13.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَٰكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَٰكُمْ شُعُوبًا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

       Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.



Daftar Pustaka.
1.    Dodge, Christine Huda. Memahami segalanya tentang Islam. The Everything Understanding lslam Book. Penerbit Karisma, Batam, 2004.
2.    Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.
3.    Tafsirq.com online




0 comments:

Post a Comment