Saturday, May 30, 2020

4559. SUNGAI-SUNGAI DI SURGA


SUNGAI-SUNGAI DI SURGA
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.

1.    Al-Quran menjelaskan sungai-sungai di surga tidak hanya terbatas pada air, tapi juga sungai susu, madu, dan anggur.
2.    Al-Quran surah Muhammad (surah ke-47) ayat 15.

مَّثَلُ ٱلْجَنَّةِ ٱلَّتِى وُعِدَ ٱلْمُتَّقُونَ ۖ فِيهَآ أَنْهَٰرٌ مِّن مَّآءٍ غَيْرِ ءَاسِنٍ وَأَنْهَٰرٌ مِّن لَّبَنٍ لَّمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهُۥ وَأَنْهَٰرٌ مِّنْ خَمْرٍ لَّذَّةٍ لِّلشَّٰرِبِينَ وَأَنْهَٰرٌ مِّنْ عَسَلٍ مُّصَفًّى ۖ وَلَهُمْ فِيهَا مِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ وَمَغْفِرَةٌ مِّن رَّبِّهِمْ ۖ كَمَنْ هُوَ خَٰلِدٌ فِى ٱلنَّارِ وَسُقُوا۟ مَآءً حَمِيمًا فَقَطَّعَ أَمْعَآءَهُمْ
      (Apakah) perumpamaan (penghuni) surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tiada berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar (arak) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Tuhan mereka, sama dengan orang yang kekal dalam neraka dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong-motong ususnya?

3.    Dalam surga, air atau susunya tidak pernah rusak atau tercemar.
4.    Anggur surga berbeda dengan dengan anggur di bumi, rasanya lebih nikmat dan tidak membuat mabuk.
5.    Kejernihan sungai madu tidak ada bandingannya, tidak ada sisa kotoran lebah, dan tidak tercampur bahan lain yang tidak murni.
6.    Al-Quran surah Al-lnsan (surah ke-76) ayat 17-18.

وَيُسْقَوْنَ فِيهَا كَأْسًا كَانَ مِزَاجُهَا زَنجَبِيلًا
عَيْنًا فِيهَا تُسَمَّىٰ سَلْسَبِيلًا

Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe. (Yang didatangkan dari) sebuah mata air surga yang dinamakan salsabil.

7.    Sungai-sungai dengan mata air mengalir tanpa hentinya, tidak rusak, dan tercemar adalah karunia keajaiban ciptaan Allah kepada penghuni surga.
8.    Rasulullah bersabda bahwa sungai-sungai surga berasal dari Surga Firdaus dan mengalir seperti air terjun ke surga paling bawah.
9.    Sebagian riwayat menjtaan sungai-sungai itu berasal dari sumber yang sama, tapi tidak berbaur.
10. Al-Quran menjelaskan penghuni surga dapat dengan bebas minum dari semua sungai-sungainya.


Daftar Pustaka.
1.    Anwar, Duaa. Memahami segalanya tentang Al-Quran. The Everything Koran Book. Penerbit Karisma, Batam, 2007.
2.    Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.
3.    Tafsirq.com online




0 comments:

Post a Comment