KHILAFIAH CARA SALAT JUMAT 4 MAZHAB
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
Khilafiah.
Yaitu beda pendapat.
Para ulama ahli hukum.
Dalam tentukan hukum.
Cara hadapi khilafiah.
1)
Menerima dan toleran beda pendapat.
2)
Pilih pendapat bertanggung jawab.
3) Tak
bersifat mutlak terhadap pilihan lain.
4) Mengutamakan
masalah pokok dibanding masalah khilafiah.
5) Tiap
pribadi berhak memilih dan ikut pendapat terbaik yang diyakininya.
6) Menghormati
beda pilihan.
Konsekuensi
logis hasil ijtihad.
1)
Pendapat orang atau kelompok.
Betapapun diyakini benar.
Masih mungkin salah.
2)
Pendapat orang lain atau kelompok lain.
Meskipun dinilai salah.
Masih mungkin ada unsur benar.
Boleh
beda pendapat.
Tapi
dalam dada tak ada sengketa.
Khilafiah cara salat Jumat.
1.
Dasar hukum salat Jumat.
Semua
mazhab sepakat.
Dasar
hukum salat Jumat.
Al-Quran
surah Al-Jumuah (surah ke-62) ayat 9.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا
نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ
وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ
Hai
orang-orang beriman, jika diseru untuk salat Jumat, maka segeralah kamu kepada
mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian lebih baik bagimu, jika
kamu mengetahui.
2.
Jumlah jemaah.
1)
Mazhab Hanafi.
Minimal
5 orang (termasuk imam).
2)
Mazhab Maliki.
Minimal
13 orang (termasuk imam).
3)
Mazhab Syafii.
Minimal
41 orang (termasuk imam).
4)
Mazhab Hambali.
Minimal
41 orang (termasuk imam).
3.
Tempat salat.
1)
Mazhab Hanafi.
Boleh
di tempat selain masjid.
2)
Mazhab Maliki.
Salat
Jumat WAJIB di masjid.
3)
Mazhab Syafii.
Boleh
di tempat selain masjid.
4)
Mazhab Hambali.
Boleh
di tempat selain masjid.
4.
Posisi khatib saat khotbah.
1)
Mazhab Hanafi.
Khatib
TAK WAJIB berdiri.
2)
Mazhab Maliki.
Khatib
WAJIB berdiri.
3)
Mazhab Syafii.
Khatib
WAJIB berdiri.
4)
Mazhab Hambali.
Khatib
TAK WAJIB berdiri.
5.
Khatib duduk di antara 2 khotbah.
1)
Mazhab Hanafi.
Khatib
TAK WAJIB duduk sebentar.
2)
Mazhab Maliki.
Khatib
WAJIB duduk sebentar.
3)
Mazhab Syafii.
Khatib
WAJIB duduk sebentar.
4)
Mazhab Hambali.
Khatib
TAK WAJIB duduk sebentar.
6.
Bahasa khatib saat khotbah.
1)
Mazhab Hanafi.
TAK
WAJIB pakai bahasa Arab.
2)
Mazhab Maliki.
WAJIB pakai bahasa
Arab.
3)
Mazhab Syafii.
TAK
WAJIB dengan bahasa Arab.
4)
Mazhab Hambali.
TAK
WAJIB dengan bahasa Arab.
7.
Materi minimal khotbah.
Mazhab
Hanafi.
Membaca
hamdalah dan istigfar.
Mazhab Maliki.
Menyampaikan pesan takwa.
Mazhab Syafii.
1)
Khotbah ke-1:
a.
Hamdalah.
b.
Selawat Nabi.
c.
Pesan takwa.
d.
Membaca ayat Al-Quran.
2)
Khotbah ke-2:
a.
Hamdalah.
b.
Selawat Nabi.
c.
Pesan takwa.
d.
Berdoa bagi semua umat Islam.
Mazhab Hambali.
1) Mengucapkan
hamdalah.
2) Selawat
Nabi.
3) Pesan
takwa.
4) Membaca
ayat Al-Quran.
8.
Bacaan imam setelah Fatihah.
Mazhab Hanafi.
Hukumnya makruh.
Jika ditentukan bacaannya.
Mazhab Maliki.
Pada rakaat ke-1.
Baca surah Al-Jumuah (surah ke-62).
Pada rakaat ke-2.
Baca surah Al-Ghosiyah (surah
ke-88).
Mazhab Syafii.
Rakaat ke-1.
Baca surah Al-Jumuah (surah ke-62).
Rakaat ke-2.
Baca surah Al-Munafikun (surah ke-63).
Mazhab Hambali.
–
Daftar
Pustaka
1. Mughniyah,
Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab, Muhammad Jawad Mughniyah. PenerbitLentera
Jakarta, 2007)
2. Shihab,
M.Quraish. Lentera Hati. Kisah dan Hikmah Kehidupan. Penerbit Mizan,
1994.
3. Shihab,
M. Quraish Shihab. Wawasan Al-Quran. Tafsir Maudhui atas Perbagai Persoalan
Umat. Penerbit Mizan, 2009.
4. Shihab,
M.Quraish. E-book Membumikan Al-Quran.
5. Al-Quran
Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
6. Tafsirq.com
online.

0 comments:
Post a Comment