Tuesday, September 25, 2018

1055. MASJID TANIM


MASJID TAN’IM MEKAH
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.


      Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang Masjid Tan’im di Mekah Arab Saudi?” Berikut ini penjelasannya.
1.    Masjid Tan’im disebut juga Masjid Sayidah Aisyah (istri Rasulullah) ibu kaum muslimin, terletak sekitar 7,5 km di utara Masjidil Haram Mekah di pinggir jalan antara Mekah dan Madinah.
2.    Masjid Tan’im adalah batas tanah suci Mekah yang paling dekat yang digunakan oleh para jemaah haji untuk tempat memulai mikat ketika mengerjakan umrah sunah.
3.    Masjid Ta’im dibangun di lokasi tempat Aisyah (istri Rasulullah) ketika akan umrah dalam rangkaian pelaksanaan haji wada (perpisahan) pada tahun ke-9 Hijrah.
4.    Jabir berkisah bahwa Aisyah (istri Rasulullah) mengerjakan seluruh rangkaian manasik haji, tetapi belum melaksanakan tawaf ifadah di Kakbah, karena masih dalam kondisi haid.
5.    Ketika Aisyah (istri Rasulullah) sudah dalam kondisi suci dari haid, beliau melapor kepada Rasulullah,”Anda semua telah mengerjakan umrah dan haji, sedangkan saya baru mengerjakan hajinya saja.”
6.    Rasulullah menyuruh Abdurrahman bin Abu Bakar (saudara Aisyah)  mengantarkan Aisyah (istri Rasulullah) ke Tan’im untuk memulai mikat  dalam ibadah umrah, setelah mengerjakan ibadah haji dalam bulan Zulhijah.
7.    Pada musim haji tahun 2018 bangunan Masjid Tan’im sudah diperbarui dengan luas keseluruhan 84.000 meter persegi termasuk halaman parkir, toilet dan lainnya yang mampu menampung 15.000 jemaah salat.
8.    Pada musim haji tahun 2018 jemaah haji yang ingin memulai mikat umrah di Masjid Ta’im dapat membali karcis di loket halaman parkir Masjid Haram seharga 3 riyal untuk naik bis menuju Masjid Ta’im dan 3 riyal untuk balik ke Masjidil Haram Mekah.

Daftar Pustaka
1.    Rasjid, Sulaiman. Fikih Islam (Hukum Fikih Lengkap). Penerbit Sinar Baru Algensindo. Cetakan ke-80, Bandung. 2017.
2.    Panduan Perjalanan Haji, 2018, Departemen Agama RI
3.    Bimbingan Manasik Haji, 2018, Departemen Agama RI
4.    Hikmah Ibadah Haji, 2018, Departemen Agama RI
5.    Tuntunan Keselamatan, Doa, dan Zikir Ibadah Haji, 2018, Departemen Agama RI
6.    Al-Mubarakfury, Syaikh Shafiyurrahman. Sirah Nabawiyah. Pustaka Al-Kautsar. Jakarta. 2006.
7.    Ghani, Muhammad Ilyas Abdul. Sejarah Masjid Nabawi, Madinah 2017.
8.    Ghani, Muhammad Ilyas Abdul. Sejarah Mekah, Mekah 2017.
9.    Al-Kandahlawi, Maulana Muhammad Zakaria. Himpunan Fadhilah Amal. Penerbit Ash-Shaff. Yogyakarta. 2000.
10. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
11. Tafsirq.com online
Keterangan gambar.
1.    Karcis bis dari Masjidil Haram ke Masjid Ta’im.


2.    Masjid Tan’im.


3.    Mata uang Riyal Arab Saudi.
4.    Peta Arab Saudi.

0 comments:

Post a Comment