Wednesday, September 26, 2018

1057. MASJID HUDAIBIYAH




MASJID HUDAIBIYAH MEKAH
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.


      Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang Masjid Hudaibiyah di Mekah Arab Saudi?” Berikut ini penjelasannya.
1.    Hudaibiyah adalah daerah yang berada di luar tanah suci Mekah, terletak di antara jalan kota Mekah dengan kota Jeddah lama.
2.     Hudaibiyah yang berjarak sekitar 22 km dari Masjidil Haram adalah tempat para sahabat melakukan baiat janji setia kepada Rasulullah di bawah sebuah pohon pada tahun ke-6 Hijrah yang juga dikenal dengan Baiat Ridwan.
3.    Pada tahun ke-6 Hijrah Rasululullah dengan para sahabat melakukan umrah, tetapi kaum kafir Qurasiy mencegahnya, ketika Rasulullah sampai di Hudaibiyah.
4.    Rasulullah mengutus Usman bin Affan untuk berunding dengan pemimpin kaum kafir Quraisy. Setelah lama ditunggu, tersiar kabar Usman bin Affan mati terbunuh, sehingga membuat para sahabat marah, lalu berbaiat kepada Rasulullah untuk memerangi kaum Quraisy.
5.    Diriwatkan saat itu turun Al-Quran surah Al-Fath (surah ke-48) ayat 10 dan 18.
6.    Al-Quran surah Al-Fath (surah ke-48) ayat 10.

إِنَّ الَّذِينَ يُبَايِعُونَكَ إِنَّمَا يُبَايِعُونَ اللَّهَ يَدُ اللَّهِ فَوْقَ أَيْدِيهِمْ ۚ فَمَنْ نَكَثَ فَإِنَّمَا يَنْكُثُ عَلَىٰ نَفْسِهِ ۖ وَمَنْ أَوْفَىٰ بِمَا عَاهَدَ عَلَيْهُ اللَّهَ فَسَيُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًا
   
  “Bahwasanya orang-orang yang berjanji setia kepadamu sesungguhnya mereka berjanji setia kepada Allah. Tangan Allah di atas tangan mereka, maka barangsiapa yang melanggar janjinya niscaya akibat ia melanggar janji itu akan menimpa dirinya sendiri dan barangsiapa menepati janjinya kepada Allah, maka Allah akan memberinya pahala yang besar.”

7.    Al-Quran surah Al-Fath (surah ke-48) ayat 18.

۞ لَقَدْ رَضِيَ اللَّهُ عَنِ الْمُؤْمِنِينَ إِذْ يُبَايِعُونَكَ تَحْتَ الشَّجَرَةِ فَعَلِمَ مَا فِي قُلُوبِهِمْ فَأَنْزَلَ السَّكِينَةَ عَلَيْهِمْ وَأَثَابَهُمْ فَتْحًا قَرِيبًا
      
 “Sesungguhnya Allah telah rida terhadap orang-orang mukmin ketika mereka berjanji setia kepadamu di bawah pohon, maka Allah mengetahui apa yang ada dalam hati mereka lalu menurunkan ketenangan atas mereka dengan memberi balasan kepada mereka dengan kemenangan yang dekat (waktunya).”
8.    Beberapa waktu kemudian Usman bin Affan kembali menjumpai Rasulullah dengan membawa usulan perjanjian yang dikenal dengan Perjanjian Hudaibiyah.
9.    Perjanjian Hudaibiyah disepakati, kemudian Rasulullah dan para sahabat kembali ke Madinah.
10.  Dalam perjalanan kembali ke Madinah Rasulullah mnerima wahyu Al-Quran surah Al-Fath (surah ke-48) ayat 1-5.
إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُبِينًا  
لِيَغْفِرَ لَكَ اللَّهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ وَيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكَ وَيَهْدِيَكَ صِرَاطًا مُسْتَقِيمًا
وَيَنْصُرَكَ اللَّهُ نَصْرًا عَزِيزًا
هُوَ الَّذِي أَنْزَلَ السَّكِينَةَ فِي قُلُوبِ الْمُؤْمِنِينَ لِيَزْدَادُوا إِيمَانًا مَعَ إِيمَانِهِمْ ۗ وَلِلَّهِ جُنُودُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا
لِيُدْخِلَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَيُكَفِّرَ عَنْهُمْ سَيِّئَاتِهِمْ ۚ وَكَانَ ذَٰلِكَ عِنْدَ اللَّهِ فَوْزًا عَظِيمًا
     
“Sesungguhnya Kami telah memberimu kemenangan yang nyata, supaya Allah memberi ampunan kepadamu terhadap dosamu yang telah lalu dan yang akan datang serta menyempurnakan nikmat-Nya atasmu dan memimpinmu kepada jalan yang lurus, dan supaya Allah menolongmu dengan pertolongan yang kuat (banyak). Dia yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah tentara langit dan bumi dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana, supaya Dia memasukkan orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya dan supaya Dia menutupi kesalahan-kesalahan mereka. Dan yang demikian itu adalah keberuntungan yang besar di sisi Allah.”
11. Para sahabat menyaksikan mukjizat terjadi di Hudaibiyah, yaitu memancarnya air tawar dengan deras yang muncul dari jari jemarinya Rasulllah.
12. Jabir berkisah bahwa para sahabat ketika di Hudaibiyah merasa kehausan, sedangkan Rasulullah akan berwudu menggunakan seember berisi air. Para sahabat berkerumun sambil terisak-isak di dekat Rasulullah.
13. Rasul bersabda,” Apakah yang sedang terjadi?” Para sahabat menjawab,”Kami tidak mempunyai air untuk berwudu maupun untuk minum seperti Rasulullah.”
14. Rasulullah meletakkan tangan beliau dalam ember tersebut, dan mengalir air tawar dari jari jemari Rasulullah yang dipakai oleh para sahabat untuk berwudu dan minum sepuasnya.
15. Jabir bertanya kepada temannya,”Berapakah banyaknya jumlah kalian?” Seseorang menjawab,”Seandainya jumlahnya ratusan ribu orang, airnya masih cukup, sedangkan kami berjumlah 115 orang.”
16. Pada musim haji tahun 2018 bangunan Masjid Hudaibiyah yang relatif kecil dan sederhana dipakai untuk memulai mikat umrah sunah oleh para jemaah haji yang menyewa kendaraan menuju Masjid Hudaibiyah lalu kembali ke Masjidil Haram.

Daftar Pustaka
1.            Rasjid, Sulaiman. Fikih Islam (Hukum Fikih Lengkap). Penerbit Sinar Baru Algensindo. Cetakan ke-80, Bandung. 2017.
2.            Tuntunan Mansik Haji dan Umrah, 2018, Departemen Agama RI
3.            Doa dan Zikir Manasik Haji dan Umrah, 2018, Departemen Agama RI
4.            Doa-Doa Pilihan Manasik Haji dan Umrah, 2018, Departemen Agama RI
5.            Al-Mubarakfury, Syaikh Shafiyurrahman. Sirah Nabawiyah. Pustaka Al-Kautsar. Jakarta. 2006.
6.            Ghani, Muhammad Ilyas Abdul. Sejarah Masjid Nabawi, Madinah 2017.
7.            Ghani, Muhammad Ilyas Abdul. Sejarah Mekah, Mekah 2017.
8.            Al-Kandahlawi, Maulana Muhammad Zakaria. Himpunan Fadhilah Amal. Penerbit Ash-Shaff. Yogyakarta. 2000.
9.            Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
10.         Tafsirq.com online
Keterangan gambar.
1.    Masjidil Hudaibiyah.




2.    Mata uang Riyal Arab Saudi.
3.    Peta Arab Saudi.





0 comments:

Post a Comment