Tuesday, May 29, 2018

857. SIHIR

SURAH AL-FALAQ DAN AN-NAS UNTUK MELAWAN SIHIR
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.

      Ibnu Abbas berkata,”Suatu hari Nabi Muhammad sakit cukup parah, datang dua malaikat menjenguk Nabi, ternyata beliau disihir oleh Labid bin A’sham, seorang Yahudi, sihirnya berupa gulungan rambut terdiri atas sebelas buhul (simpul atau ikatan) pada seutas tali.       
      Sihir adalah ilmu tentang penggunaan kekuatan gaib, perbuatan ajaib yang dilakukan dengan pesona dan kekuatan gaib, berupa guna-guna, mantra, teluh, dan semacamnya untuk mencelakai orang lain.
      Allah memerintahkan Nabi Muhamad membaca surah Al-Falaq yang berisi 5 ayat dan surah An-Nas yang berisi 6 ayat. Setiap Nabi Muhammad membaca satu ayat, lepaslah satu buhul pada ikatan tali tersebut.
      Nabi selesai membaca 5 ayat surah Al-Falaq dan 6 ayat surah An-Nas, maka lepaslah 11 buhul ikatan tali tersebut, gulungan rambut tersebut terlepas semuanya,  Nabi Muhammad menjadi sehat kembali.
        Al-Quran surah Al-Falaq, surah ke-113, ayat 1-5, terletak dalam mushaf pada juz ke-30 adalah surah Makkiyah (surah yang diturunkan oleh malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad di Mekah).
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

      Katakan,”Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai Subuh dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki.”  
      Al-Quran surah An-Nas, surah ke-114, ayat 1-6, terletak dalam mushaf pada juz ke-30 adalah surah Makkiyah (surah yang diturunkan oleh malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad di Mekah).

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ مَلِكِ النَّاسِ إِلَٰهِ النَّاسِ مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

      Katakan,"Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia. Dari (golongan) jin dan manusia.”
Daftar Pustaka
1. Hatta, Ahmad. Tafsir  Al-Quran Per Kata. Dilengkapi dengan Asbabun Nuzul dan Terjemah. Penerbit Pustaka Maghfirah. Jakarta, 2011.
2. Shihab, M.Quraish. Lentera Hati. Kisah dan Hikmah Kehidupan. Penerbit Mizan, 1994.  
3. Shihab, M. Quraish Shihab. Wawasan Al-Quran. Tafsir Maudhui atas Perbagai Persoalan Umat. Penerbit Mizan, 2009.
4. Shihab, M.Quraish. E-book Membumikan Al-Quran.
5. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
6. Tafsirq.com online.

0 comments:

Post a Comment