Wednesday, May 30, 2018

863. MAZHAB

SALAT JUMAT MENURUT EMPAT MAZHAB
Oleh: Drs. H. Yusron Hadi, M.M.


      Beberapa orang bertanya,”Bagaimana cara salat Jumat menurut empat mazhab? Mohon dijelaskan cara salat Jumat menurut empat mazhab? Berikut ini penjelasannya
      Ajaran Islam bersumber kepada Al-Quran dan sunah (hadis) serta memiliki beberapa cabang ilmu, salah satunya Ilmu Fikih (ilmu yang mempelajari tentang hukum Islam).
      Dunia Islam mengenal empat mazhab terbesar, yaitu Mazhab Hanafi, Maliki, Syafii, dan Hambali. Mazhab adalah haluan atau aliran mengenai hukum fikih yang menjadi ikutan umat Islam. Masing-masing mazhab mempunyai karakter dan keistimewaan tersendiri.
      Mazhab Hanafi didirikan oleh Nukman bin Tsabit (lahir tahun 89 Hijriah dan wafat tahun 150 Hijirah). Nukman bin Tsabit seorang guru besar ilmu fikih di Irak. Mazhab Maliki didirikan oleh Imam Malik bin Anas (lahir tahun 93 Hijriah dan wafat tahun 179 Hijriah). Imam Malik bin Anas berasal dari Madinah.
     Mazhab Syafii didirikan oleh Muhammad bin Idris (lahir tahun 150 Hijriah dan wafat tahun 200 Hijirah). Muhammad bin Idris berasal dari Gaza, Palestina. Mazhab Hambali didirikan oleh Ahmad bin Hambal (lahir tahun 164 Hijriah dan wafat tahun 241 Hijriah). Ahmad bin Hambal berasal dari Baghdad, Irak.
      Ke-1, Dasar hukum salat Jumat.
      Semua mazhab sepakat dasar hukum salat Jumat adalah Al-Quran surah Al-Jumuah, surah ke-62 ayat 9.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

     “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.”
      Ke-2, Lokasi (tempat) salat Jumat.
      Mazhab Hanafi, Syafii, dan Hambali berpendapat bahwa lokasi (tempat) melakukan salat Jumat boleh dikerjakan di masjid dan boleh dilaksanakan di tempat lain selain masjid. Mazhab Maliki berpendapat salat Jumat harus dilaksanakan di masjid dan dilarang dilakukan di tempat selain masjid.
      Ke-3, Jumlah minimal Jamaah salat Jumat.
      Mazhab Hanafi berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 5 orang termasuk imam dan mazhab Maliki berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 13 orang termasuk imam. Mazhab Hambali dan Syafii berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 41 orang termasuk imam.
     Ke-4, Posisi khatib ketika sedang berkhutbah.
      Mazhab Maliki dan Syafii berpendapat ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, khatib wajib berdiri. Mazhab Hanafi dan Hambali berpendapat ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, khatib tidak wajib berdiri
     Ke-5, Materi minimal yang disampaikan khatib ketika berkhutbah Jumat.
      Mazhab Hanafi berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal membacakan hamdalah dan istigfar. Mazhab Maliki berpendpat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan pesan takwa kepada Allah.
    Mazhab Syafii berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat, pada khutbah pertama minimal menyampaikan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran. Pada khutbah kedua minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan berdoa untuk semua umat Islam.
      Mazhab Hambali berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran.
     Ke-6, Posisi khatib ketika duduk di antara dua khutbah Jumat.
      Mazhab Maliki dan Hanafi berpendapat khatib saat Jumat tidak wajib duduk di antara dua khutbah. Mazhab Syafii berpendapat khatib salat Jumat wajib duduk sebentar di antara dua khutbah. Mazhab Hambali berpendapat khatib boleh duduk atau tidak duduk di antara dua khutbah.
      Ke-7, Bahasa yang digunakan khatib ketika berkhutbah Jumat.
      Mazhab Maliki berpendapat ketika khatib berkhutbah Jumat, khatib wajib menggunakan bahasa Arab. Mazhab  Hanafi, Syafii, dan Hambali berpendapat khatib tidak wajib menggunakan bahasa Arab ketika berkhutbah.
      Ke-8, Bacaan surat Al-Quran setelah membaca surah Al-Fatihah dalam salat Jumat.
      Mazhab Maliki berpendapat pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Ghosiyah (surah ke-88) setelah membaca surah Al-Fatihah (surah ke-1).
     Mazhab Syafii berpendapat pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Munafikun (surah ke-63) setelah membaca surah Al-Fatihah (surah ke-1)
       Mazhab Hanafi berpendapat hukumnya makruh, jika imam salat Jumat ditentukan bacaan suratnya, setelah membaca surah Al-Fatihah.
     Wajib adalah perbuatan yang harus dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan. Sunah adalah perbuatan apabila dilakukan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa.
     Mubah adalah perbuatan yang boleh dilakukan dan boleh tidak dikerjakan. Makruh adalah perbuatan yang dianjurkan untuk ditinggalkan, tetapi tidak berdosa apabila dikerjakan. Haram adalah perbuatan yang terlarang untuk dikerjakan.
Daftar Pustaka.
1. Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab, Muhammad Jawad Mughniyah. Penerbit Lentera Jakarta, 2007)
2. Asy-Syinawi, Abdul Aziz. Biografi Empat Mazhab. Penerbit Beirut Publishing. Ummul Qura. Jakarta, 2013. 
3. Rasjid, Sulaiman. Fikih Islam (Hukum Fikih Lengkap).  Penerbit Sinar Baru Algensindo. Cetakan ke-80, Bandung. 2017.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online

0 comments:

Post a Comment