Monday, June 26, 2017

116. ZAID AL-KHAIR

ZAID AL-KHAIR, BADUI “NDESO”.
BERTANYA TENTANG ORANG DISUKAI ALLAH.
            Oleh: Drs. H. Yusron Hadi, M.M.
Kepala SMP Negeri 1 Balongbendo, Sidoarjo

      Zaid Al-Khail, seorang Badui “ndeso”. Berasal dari pedalaman. Tempat yang jauh dari Madinah. Dia telah memeluk Islam. Zaid Al-Khail berangkat dari tempat tinggalnya. Menuju ke Madinah. Menunggang seekor unta. Selama 15 hari perjalanan. .
      Zaid Al-Khail tiba di Madinah. Dia mengikat untanya. Di luar Masjid Madinah. Kemudian masuk ke dalam masjid. Menjumpai Nabi Muhammad. Zaid Al-Khail berkata,”Ya Nabi, saya telah melelahkan untaku selama 9 hari. Saya menuntunnya selama 6 hari. Terus menerus. Tanpa berhenti.”
   Zaid Al-Khail melanjutkan,”Saya berpuasa di siang hari. Dan jarang tidur di malam hari. Sehingga untaku amat lelah. Semua itu saya lakukan untuk menanyakan dua hal. Sampai saya sulit tidur.”  
      Nabi memandang Si Badui dengan kagum. Seorang muslim biasa. Orang yang sederhana. Berjuang begitu beratnya. Menempuh perjalanan jauh. Berjalan selama 15 hari. Untuk memperoleh penjelasan. Langsung dari Nabi.
      Nabi bersabda, “Siapakah namamu?” Si Badui menjawab, “Nama saya, Zaid Al-Khail.” Yang bermakna “Zaid, Sang Unta”. Nabi tampaknya kurang berkenan dengan nama itu. Nabi bersabda,”Oh, jadi namamu, Zaid Al-Khair.” Yang bermakna “Zaid, yang penuh kebaikan.”
      Jelas sekali, Nabi ingin mengganti namanya. Dia berkata,”Benar,  Ya Nabi. Nama saya, Zaid Al-Khair.”  Zaid Al-Khair amat senang dengan nama barunya. Karena yang memberi nama Nabi sendiri.
           Nabi bersabda,”Sekarang, silakan bertanya kepadaku.” Zaid Al-Khair berkata,” Ya, Nabi. Saya ingin bertanya tentang tanda-tanda orang yang disukai Allah, dan ciri-ciri orang yang dibenci Allah.” Nabi bersabda,” Untung, untung,…”
    Nabi amat gembira mendengarnya. Tak keliru, jika namanya memang Al-Khoir. Yang penuh kebaikan. Nabi bersabda,”Wahai Zaid Al-Khair. Bagaimanakah keadaanmu sekarang?”  Zaid Al-Khair menjawab,”Saya sekarang senang dengan amal kebaikan. Suka dengan orang yang berbuat kebaikan. Gembira dengan tersebarnya kebaikan.”
      Zaid Al-Khair melanjutkan,”Saya menyesal, jika tak ikut berbuat  amal kebaikan. Saya selalu rindu untuk berbuat kebaikan. Jika saya berbuat kebaikan, pasti Allah akan memberikan pahalanya.”
    Nabi bersabda, “Ya, itulah tanda-tanda orang yang disukai Allah. Apabila Allah membencimu. Tentulah kamu akan melakukan yang berlawanan dengan itu. Yaitu kamu akan senang berbuat keburukan. Suka berbuat jahat. Gembira dengan orang yang berbuat kejelekan.”
      Zaid Al-Khair berkata,”Sudah cukup. Ya, Nabi” Seolah dia tak ingin Nabi melanjutkan penjelasannya. Dia mengucapkan terima kasih. Zaid Al-Khair pamit keluar masjid. Dia menunggang untanya. Kembali pulang.
      Wajah Nabi sumringah. Tanda beliau amat gembira. Mengapa? Seorang musafir datang dari jauh.  Tak bergaul dengan Nabi, tetapi dia merasakan nuansa kasih sayang Allah. Yang begitu mendalam.
      Seorang Badui “ndeso”. Berasal dari daerah pedalaman. Wilayah yang “adoh kawat”. Tetapi, bisa menikmati “kasih sayang” Nabi. Seperti yang dirasakan para sahabat. Yang setiap hari berada di sekitar Nabi.   
Daftar Pustaka
1.    Syaikh Shafiyurrahman Al-Mubarakfury. Sirah Nabawiyah. Pustaka Al-Kautsar. Jakarta. 2006.
2.    Ghani, Muhammad Ilyas Abdul. Sejarah Masjid Nabawi. Madinah 2004.
3.    Ghani, Muhammad Ilyas Abdul. Sejarah Mekah. Mekah 2004   
4.    Kisah Para Sahabat.
    




0 comments:

Post a Comment