Sunday, October 1, 2017

311. FUNGSI

FUNGSI PAKAIAN MANUSIA
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.


      Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang Fungsi Pakaian Manusia?” Profesor Quraish Shihab menjelaskannya.
      Para ulama berpendapat bahwa pakaian menurut Al-Quran sedikitnya berfungsi empat hal. Al-Quran surah  Al-A'raf, surah ke-7 ayat 26, menjelaskan dua fungsi pakaian untuk manusia yaitu untuk menutup aurat dan sebagai perhiasan.

يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآتِكُمْ وَرِيشًا ۖ وَلِبَاسُ التَّقْوَىٰ ذَٰلِكَ خَيْرٌ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ

        “Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik, yang demikian adalah sebagian dari tanda kekuasaan Allah, semoga mereka selalu ingat”.
      Ayat  Al-Quran ini  setidaknya  menjelaskan  dua  fungsi pakaian, yaitu yang pertama sebagai penutup aurat dan yang kedua sebagai perhiasan, sebagian ulama bahkan menyatakan bahwa ayat di atas  berbicara tentang  fungsi pakaian yang ketiga, yaitu fungsi takwa, dalam arti busana yang dikenakan oleh manusia dapat  menghindarkan  seseorang  terjerumus  dari bencana dan kesulitan di dunia dan akhirat. 
      Para ulama menjelaskan bahwa “takwa” artinya adalah penjagaan dan pemeliharaan, sehingga yang dimaksud dengan “pakaian takwa” adalah pakaian berupa perisai yang digunakan dalam  peperangan untuk menjaga, melindungi, dan menghindarkan pemakainya dari luka dan bencana lain.  
       Sebagian ulama berpendapat bahwa “libasut taqwa” bisa diartikan sebagai pakaian batin yang bisa  menghindarkan  seseorang  dari  bencana   di dunia   dan akhirat.  
       Para ulama berpendapat bahwa fungsi pakaian manusia yang ketiga adalah untuk menjaga dan menghindarkan manusia dari bencana, sengatan udara yang panas dan dingin.
      Al-Quran surah Al-Nahl, surah ke-16 ayat 81.

وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُمْ مِمَّا خَلَقَ ظِلَالًا وَجَعَلَ لَكُمْ مِنَ الْجِبَالِ أَكْنَانًا وَجَعَلَ لَكُمْ سَرَابِيلَ تَقِيكُمُ الْحَرَّ وَسَرَابِيلَ تَقِيكُمْ بَأْسَكُمْ ۚ كَذَٰلِكَ يُتِمُّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تُسْلِمُونَ
  
   “Dan Allah menjadikan bagimu tempat bernaung dari apa yang telah Dia ciptakan, dan Dia jadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan Dia jadikan bagimu pakaian yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. Demikianlah Allah menyempurnakan nikmat-Nya atasmu agar kamu berserah diri (kepada-Nya)”.
      Fungsi pakaian yang keempat adalah untuk identitas yang membedakan seseorang dengan orang yang lain, seperti dalam Al-Quran surah Al-Ahzab, surah ke-33 ayat 59.

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

      “Hai Nabi katakan kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun dan Maha penyayang”.

Daftar Pustaka
1. Shihab, M.Quraish. Lentera Hati. Kisah dan Hikmah Kehidupan. Penerbit Mizan, 1994.  
2. Shihab, M. Quraish Shihab. Wawasan Al-Quran. Tafsir Maudhui atas Perbagai Persoalan Umat. Penerbit Mizan, 2009.
3. Shihab, M.Quraish. E-book Membumikan Al-Quran.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online.

0 comments:

Post a Comment