Wednesday, November 28, 2018

1569. FUNGSI SALAT







FUNGSI SALAT
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
      Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang fungsi salat?” Ustad Abdul Somad, Lc. M.A. menjelaskannya.
1.    Al-Quran surah Ali Imran (surah ke-3) ayat 112.

ضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ أَيْنَ مَا ثُقِفُوا إِلَّا بِحَبْلٍ مِنَ اللَّهِ وَحَبْلٍ مِنَ النَّاسِ وَبَاءُوا بِغَضَبٍ مِنَ اللَّهِ وَضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الْمَسْكَنَةُ ۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ كَانُوا يَكْفُرُونَ بِآيَاتِ اللَّهِ وَيَقْتُلُونَ الْأَنْبِيَاءَ بِغَيْرِ حَقٍّ ۚ ذَٰلِكَ بِمَا عَصَوْا وَكَانُوا يَعْتَدُونَ

      Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka berpegang kepada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia, dan mereka kembali mendapat kemurkaan dari Allah dan mereka diliputi kerendahan. Yang demikian itu karena mereka kafir kepada ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi tanpa alasan yang benar. Yang demikian itu disebabkan mereka durhaka dan melampaui batas.
2.    Hubungan dengan  Allah  dan  hubungan  dengan  manusia  terjalin  ketika  seorang  hamba  sedang melaksanakan salat.
3.    Ketika sedang mengerjakan salat, seorang hamba merasakan kedekatan dengan Allah, dan mengadukan semua keluh kesah hidupnya kepada Yang Maha Kuasa.
4.    Ketika sedang mengerjakan salat seorang hamba menghadapkan semua persoalan hidupnya kepada Allah Yang Maha Besar Pencipta langit dan bumi.
5.    Semua terasa kecil di hadapan Allah,”Aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi.”
6.    Salat akan mendatangkan ketenangan hati manusia, karena manusia dapat menyerahkan hati kepada Allah Yang Maha Pencipta.
7.    “Sesungguhnya semua hati anak Adam (manusia) berada di antara jari-jemari Allah Yang Maha Pengasih seperti satu hati, dan Allah akan mengarahkannya sesuai kehendak-Nya”. (HR. Muslim).
8.    Salat juga akan mendatangkan kesehatan lahir dan batin, rohani dan jasmani, fisik dan psikis, spiritual dan material, apabila dilaksanakan dengan gerakan yang benar dan dengan cara tumakninah yang sempurna.
9.    Salat akan membentuk kepribadian seorang Muslim bebas dari penyakit hati, misalnya dari penyakit kesombongan, karena dalam salat seorang Muslim dilatih melepaskan dirinya dari sifat angkuh dan sombong.
10. Dalam salat, manusia berada dalam satu barisan saf dengan siapa saja, tidak membedakan derajat dan status sosial dalam masyarakat.
11. Orang yang salat menempelkan organ yang paling penting dan mulia pada tubuhnya, yaitu kepalanya ditempelkan ke tempat yang paling rendah, ia menempelkan dahinya ke lantai.
12. Manusia sedang menyelamatkan dirinya dari sifat sombong yang dapat menghalanginya menuju surga Allah.
13. Rasulullah bersabda,”Tidak akan masuk surga, seseorang yang di dalam hatinya terdapat perasaan sombong sebesar biji sawi”. (HR. Muslim).
14. Tidak hanya yang batin saja, akan tetapi lahir dan batin, salat yang diterima Allah mampu mencegah dari perbuatan yang keji dan munkar.
15. Allah berfirman dalam Al-Quran surah Al-Ankabut (surah ke-29) ayat 45.

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ


      Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al-Quran) dan dirikan shalat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Daftar Pustaka
1.    Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 77 Tanya-Jawab Seputar Salat, 2017.
2.    Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 99 Tanya-Jawab Seputar Salat, 2017.
3.    Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 37 Tanya-Jawab Masalah Populer, 2017.
4.    Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5.    Tafsirq.com online



0 comments:

Post a Comment