Wednesday, November 28, 2018

1570. MENGGANTI SALAT


MENGGANTI SALAT
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
      Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang hukum dan cara mengganti salat wajib yang ditinggalkan?” Ustad Abdul Somad, Lc. MA. menjelaskannya.
1.    Para ulama sepakat bahwa orang yang meninggalkan dan melalaikan kewajiban salat, sehingga tidak mengerjakan salat pada waktu yang sesuai dengan jadwal salat, dia harus menggantinya pada waktu yang lain.
2.    Anas bin Malik berkata bahwa Rasulullah bersabda,”Orang yang meninggalkan salat hendaknya dia segera melaksanakan salat ketika ia ingat, karena tidak ada yang dapat menebus salat kecuali salat itu sendiri”. (HR. Muslim).
3.    Jabir bin Abdillah berkata bahwa Umar bin Khaththab datang pada Perang Khandaq setelah matahari tenggelam, lalu Umar bin Khattab mencaci maki orang-orang kafir Quraisy seraya berkata,”Wahai Rasulullah, aku hampir tidak salat Asar hingga matahari hampir tenggelam.”
4.    Rasulullah bersabda,”Demi Allah saya pun belum melaksanakan salat Asar.”
5.    Lalu kami pergi menuju lembah Buthhan, Rasulullah berwudu, dan kami pun ikut berwudhu, kemudian Rasulullah melaksanakan salat ‘Asar setelah matahari terbenam, setelah itu beliau melaksanakan salat Maghrib”. (HR. Bukhari).
6.    Pada Perang Hunain, Rasulullah tertidur bersama para sahabat sehingga tertinggal salat Subuh, kemudian beliau melaksanakan salat qada yaitu menggantinya dengan salat sunat dan yang wajib.
7.    Ketika ketika Nabi Muhammad tertinggal salat wajib pada perang Khandaq, beliau mengqada salat yang wajib saja, tanpa menambah salat sunah.
8.    Rasulullah bersabda,”Sesungguhnya yang pertama kali dihisab pada hari kiamat adalah salatnya.
9.    Jika salat seseorang baik, maka ia menang dan berhasil.
10. Jika salatnya rusak dan terdapat kekurangan, maka ia telah sia-sia dan rugi.
11. Apabila terdapat kekurangan pada salat wajibnya, hendaknya disempurnakan dengan salat sunah.  (HR. Tirmidzi).

Daftar Pustaka
1.    Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 77 Tanya-Jawab Seputar Salat, 2017.
2.    Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 99 Tanya-Jawab Seputar Salat, 2017.
3.    Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 37 Tanya-Jawab Masalah Populer, 2017.
4.    Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5.    Tafsirq.com online



0 comments:

Post a Comment