Sunday, July 16, 2023

19175. SOPIR ANGKOT LIHAT INTEGRASI TRANPORTASI KORSEL



SOPIR ANGKOT KE KORSEL LIHAT INTEGRASI TRANPORTASI

Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.

 

 

 

 

Salah satu terobosan.

 Anies Baswedan.

 

 Gubernur DKI Jakarta.

Periode 2017-2022.

 

Yaitu integrasi transportasi.

 

Awalnya.

Banyak orang meragukan.

 

Anies Baswedan.

1)                Mantan rektor .

2)                Mantan Mendikbud.

 

Aapakh bisa atasi.

Soal transportasi.

Yang ruwet.

 

Tapi orang cerdas.

Ternyata cepat belajar.

 

Mantan Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transjakarta.

 Achmad Izzul Waro katakan.

 

Soal transportasi.

Jadi momok Pemprov Jakarta.

 

Karena andalkan

Pajak kendaraan motor.

Sebagai PAD utama.

 

“Makin besar PAD.

Maka makin macet,” katanya.

 

Workshop Relawan Anies.

Tema: 

 

JIS Legacy Anies Baswedan.

Di Mata Rakyat.

 

Oleh Relagama.

Jumat, 14 Juli 2023.

 

“Makin banyak pembeli kendaraan.

Baru atau bekas.

 

Maka pajak diraih.

Untuk gerakkan pembangunan.

 

Tapi timbal baliknya.

Pemerintah harus anggarkan.

Menata trasportasinya,” jelasnya.

 

Menurut dia.

Sebelum Anies Baswedan.

Jadi Gubernur DKI Jakarta.

 

Jadi PR masalah ruwet.

Yaitu integrasi transportasi umum.

 

Tahun 2016.

Baru ada Transjakarta.

 

Tapi MRT dan LRT

Belum beroparesi.

 

“Saat Pak Anies jadi Gubernur.

Transjakarta diintegrasikan.

 

Dengan operator bus.

Termasuk angkot,” ungkapnya.

 

Konsepny.

Yaitu OLE ON TRIP.

Turunan dari OKE OCE. 

 

ONE TICKET ALL TRIP.

Yaitu 1 tiket untuk semua tujuan.

 

Maka biaya jadi lebih murah.

 

“Pak Anies Baswedan.

Punya political knowledge.

 

Semua dikomunikasikan.

Ketika Pak Anies mulai tugas.

 

Semua operator protes hebat.

Saat itu,” katanya.

 

Pada awal pemerintahan.

Gubernur Jakarta.

 

Periode 2017-2022.

 Anies Baswedan.

 

Kasus tutup jalan.

Di Tanah Abang.

 

Makin kencang protes.

Karena banyak angkot.

Yang terganggu.

 

“Saat rapat.

Di Kantor Gubernur.

 

Para operator teriak-teriak.

Mereka memaki direksi Transjakarta.

 

Rapat hingga 20 kali,” kenangnya.

 

Saat itu.

Semangat yang diusung.

Jakarta jadi kota maju di dunia.

 

“Kalau tidak melihat.

Maka tidak percaya.

 

Maka para:

1)                Operator.

2)                Sopir bus.

3)                Sopir angkot.

 

Diajak berkunjung kota Seoul.

Di  Korea Selatan.

 

Melihat integrasi transportasi.

Bahkan ada 70 operator.

 

Mereka bersatu.

Dalam payung KOTI.

 (Korea Transport Institute),” jelasnya.

 

Setelah dari Seoul.

Para operator bus dan angkot.

 

Mau tanda tangan MoU.

Integrasi dengan Transjakarta.

Perpanjangan Pemprov DKI Jakarta.

 

Pengambil keputusan.

Paham kebutuhan teknis.

Dikonversi sesuai kebutuhan.

 

Hal itu.

Jadi bagian top of mind. 

 

Dengan Bayar 1 kali.

Bisa sampai tujuan.

 

Tidak perlu ganti armada,” jelasnya.

 

 

Gubernur Anies Baswedan.

Bisa mewujudkan.

 

Padahal awalnya.

Banyak orang meragukannya.

 

“Awalnya tidak ada yang yakin.

Mas Anies Baswedan.

 

Mantan Rektor.

Manta Menteri Pendidikan.

 

Apa bisa Atasi.

Soal teknis transportasi.

 

Faktanya bisa.

Bukti lainnya.

 

Membangun stadion JIS Jakarta.

Yang megah.

Juga bisa,” jelasnya.

 

“Pasti awalnya kami ragu.

Dengan kolaborasi semua.

 

 

Ternyata semuanya.

Bisa tuntas menyakinkan,” tegasnya. 

 

 

(sumber kba)

 


0 comments:

Post a Comment