Friday, February 28, 2020

4746. ASAL MULA WANITA

ASAL MULA WANITA
Oleh: Drs. H. Yusron Hadi, M.M.

1.    Al-Quran surah An-Nisa’ (surah ke-4) ayat 1.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا
Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakanmu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya, dan dari pada keduanya Allah memperkembangbiakkan pria dan wanita yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (jagalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.

2.    Pengertian “dari padanya“ adalah dari bagian tubuh, yaitu tulang rusuk Nabi Adam berdasarkan hadis riwayat Bukhari dan Muslim.
3.    Tetapi ada pula ulama yang menafsirkan “dari padanya” artinya terbuat dari unsur yang serupa yaitu tanah yang dari padanya Nabi Adam diciptakan.

4.    Al-Quran surah Ali Imran (surah ke-3) ayat 195.

فَاسْتَجَابَ لَهُمْ رَبُّهُمْ أَنِّي لَا أُضِيعُ عَمَلَ عَامِلٍ مِنْكُمْ مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَىٰ ۖ بَعْضُكُمْ مِنْ بَعْضٍ ۖ فَالَّذِينَ هَاجَرُوا وَأُخْرِجُوا مِنْ دِيَارِهِمْ وَأُوذُوا فِي سَبِيلِي وَقَاتَلُوا وَقُتِلُوا لَأُكَفِّرَنَّ عَنْهُمْ سَيِّئَاتِهِمْ وَلَأُدْخِلَنَّهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ثَوَابًا مِنْ عِنْدِ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الثَّوَابِ

      Maka Allah memperkenankan permohonannya dengan berfirman,“Sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan amal orang yang beramal di antaramu, baik pria atau wanita, (karena) sebagian kamu adalah keturunan dari sebagian yang lain. Maka orang-orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang dibunuh, pastilah akan Ku-hapuskan kesalahan mereka dan pastilah Aku masukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai di bawahnya, sebagai pahala di sisi Allah.  Pada sisi Allah pahala yang baik.

5.    Dalam penjelasan ayat ini seorang pria berasal dari orang tua pria dan wanita, seorang wanita juga berasal dari orang tua pria dan wanita.
6.    Pria dan wanita sesama manusia yang tidak ada kelebihan yang satu dari yang lain tentang penilaian iman dan amalnya.
7.    Sebagian kamu adalah bagian dari sebagian yang lain, dalam arti bahwa “sebagian kamu, yaitu pria berasal dari pertemuan ovum wanita dan sperma pria dan sebagian yang lain, yaitu wanita demikian juga halnya.”
8.    Kedua jenis kelamin ini, yaitu pria dan wanita adalah sesama manusia, dan pria dan wanita adalah sama dari segi asal kejadian dan kemanusiaannya.
9.    Rasulullah bersabda,“Saling berpesanlah untuk berbuat baik kepada wanita, karena mereka diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok”.
10. Sebagian ulama memahami secara keliru, yaitu wanita diciptakan dari tulang rusuk Nabi Adam, yang menimbulkan kesan bahwa wanita rendah derajat kemanusiaannya dibandingkan dengan pria.
11. Tetapi banyak ulama menjelaskan makna hadis “tulang rusuk yang bengkok” harus dipahami dalam pengertian “majazi” (kiasan).
12. Artinya hadis itu memperingatkan para pria agar menghadapi wanita dengan bijaksana.
13. Wanita mempunyai sifat, karakter, dan kecenderungan yang tidak sama dengan lelaki.
14. Jika tidak disadari dapat mengantarkan kaum pria bersikap tidak wajar terhadap wanita.
15. Para pria sulit dan tidak akan mampu mengubah karakter dan sifat bawaan wanita.
16. Jika para lelaki berusaha dapat berakibat bisa fatal, seperti fatalnya meluruskan tulang rusuk yang bengkok.
17. Para wanita mempunyai kepribadian berbeda dengan pria yang telah menjadi kodrat dan bawaannya sejak lahir.

18. Al-Quran Al-Isra (surah ke-17) ayat 70.

۞ وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَىٰ كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلًا

     Dan Sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.

19. Kalimat “anak-anak Adam” mencakup pria dan wanita.
20. Penghormatan yang diberikan oleh Allah mencakup anak Adam seluruhnya, yaitu wanita dan pria.
21. Pandangan masyarakat yang mengantar kepada perbedaan antara lelaki dan wanita dikikis oleh Al-Quran.
22. Al-Quran mengecam orang yang gembira dengan lhirnya anak pria, tetapi bersedih bila memperoleh anak wanita.

23. Al-Quran surah An-Nahl (surah ke-16) ayat 58.
وَإِذَا بُشِّرَ أَحَدُهُمْ بِالْأُنْثَىٰ ظَلَّ وَجْهُهُ مُسْوَدًّا وَهُوَ كَظِيمٌ
      Dan apabila seseorang dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak wanita, hitamlah (merah padamlah) mukanya, dan dia sangat marah.
24. Al-Quran surah An-Nahl (surah ke-16) ayat 59.

يَتَوَارَىٰ مِنَ الْقَوْمِ مِنْ سُوءِ مَا بُشِّرَ بِهِ ۚ أَيُمْسِكُهُ عَلَىٰ هُونٍ أَمْ يَدُسُّهُ فِي التُّرَابِ ۗ أَلَا سَاءَ مَا يَحْكُمُونَ


      Dia Menyembunyikan dirinya dari orang banyak, disebabkan buruknya berita yang disampaikan kepadanya. Apakah dia akan memeliharanya dengan menanggung kehinaan atau akan menguburkannya ke dalam tanah (hidup-hidup)? Ketahui, alangkah buruknya apa yang mereka tetapkan.

25. Ayat Al-Quran semacam ini diturunkan untuk mengikis segala macam pandangan diskriminasi yang membedakan pria dengan wanita, khususnya dalam bidang kemanusiaan.
26. Ayat Al-Quran menjelaskan bahwa godaan dan rayuan iblis ditujukan kepada wanita dan pria.
27. Al-Quran surah Al-A’raf (surah ke-7) ayat 20.

فَوَسْوَسَ لَهُمَا الشَّيْطَانُ لِيُبْدِيَ لَهُمَا مَا وُورِيَ عَنْهُمَا مِنْ سَوْآتِهِمَا وَقَالَ مَا نَهَاكُمَا رَبُّكُمَا عَنْ هَٰذِهِ الشَّجَرَةِ إِلَّا أَنْ تَكُونَا مَلَكَيْنِ أَوْ تَكُونَا مِنَ الْخَالِدِينَ

     Maka setan membisikkan pikiran jahat kepada keduanya untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka yaitu auratnya dan setan berkata, “Tuhan kamu tidak melarangmu dan mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang-orang yang kekal (dalam surga).

28. Ayat Al-Quran membicarakan godaan, rayuan setan dan tergelincirnya Nabi Adam dan Hawa dibentuk dalam kata yang menunjukkan kebersamaan keduanya tanpa perbedaan.
29. Al-Quran surah Al-Baqarah (surah ke-2) ayat 36.

فَأَزَلَّهُمَا الشَّيْطَانُ عَنْهَا فَأَخْرَجَهُمَا مِمَّا كَانَا فِيهِ ۖ وَقُلْنَا اهْبِطُوا بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ ۖ وَلَكُمْ فِي الْأَرْضِ مُسْتَقَرٌّ وَمَتَاعٌ إِلَىٰ حِينٍ


      Lalu keduanya digelincirkan oleh setan dari surga dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman, “Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan.”
30. Yang berbentuk tunggal justru menunjuk kepada kaum pria (Nabi Adam) yang bertindak sebagai pemimpin terhadap istrinya.

31. Al-Quran surah Thaha (surah ke-20) ayat 120.

فَوَسْوَسَ إِلَيْهِ الشَّيْطَانُ قَالَ يَا آدَمُ هَلْ أَدُلُّكَ عَلَىٰ شَجَرَةِ الْخُلْدِ وَمُلْكٍ لَا يَبْلَىٰ

     Kemudian setan membisikkan pikiran jahat kepadanya, dengan berkata, “Hai Adam, maukah saya tunjukkan kepada kamu pohon khuldi dan kerajaan yang tidak akan binasa?”

32. Al-Quran mendudukkan posisi dan kedudukan wanita pada tempat sewajarnya.
33. Al-Quran meluruskan pandangan yang salah dan keliru berkaitan dengan kedudukan dan asal kejadian wanita.
33.
Daftar Pustaka
1.    Shihab, M. Quraish. Lentera Hati. Kisahdan Hikmah Kehidupan. Penerbit Mizan, 1994.  
2.    Shihab, M. Quraish Shihab. Wawasan Al-Quran. Tafsir MaudhuI atas Perbagai Persoalan Umat. Penerbit Mizan, 2009.
3.    Shihab, M.Quraish. E-book Membumikan Al-Quran.
4.    Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2

5.    Tafsirq.com online.

0 comments:

Post a Comment