Thursday, October 1, 2020

5636. ZAINAB BINTI JAHSY MENJANDA 17 TAHUN

 


ZAINAB BINTI JAHSY MENJANDA 17 TAHUN

Oleh: Drs. H.M. Yusron Hadi, M.M.

 

 

 

 

 

A.  Zainab bin Jahsy adalah istri Rasulullah urutan ke-8 dan telah  menjanda selama 17 tahun.

 

 

1.  Zainab binti Jahsy (puteri bibi Nabi Muhammad) lahir tahun 590 Masehi di Mekah, wafat tahun 641 Masehi di Madinah.

 

 

2.  Ayah Zainab bernama Jahsy bin Riyab, sedangkan ibunya bernama Umaimah binti Abdul Muththalib.

 

3.  Abdullah bin Abdul Muththalib (ayah Nabi Muhammad) adalah saudara kandung Umaimah binti Abdul Muththalib (ibunya Zainab).

 

4.  Nabi Muhammad berumur 19 tahun, ketika Zainab binti Jahsy lahir.

 

 

5.  Semua keluarga besar Bani Abdul Muththalib sudah saling mengenal dengan sangat baik.

 

6.  Abdul Muththalib bin Hasyim (kakek Nabi Muhammad) kepala suku Quraisy, menikah dengan Fatimah binti Amr.

 

 

7.  Abdul Muththalib dengan Fatimah binti Amr  memperoleh 16 anak (6 wanita dan 10 laki-laki), yang lelaki adalah: Abu Thalib, Haris, Zubeir, Hamzah, Abbas, Abu Lahab, Al-Gaidaq, Al-Muqawin, Saffar, dan Abdullah, sedangkan yang wanita adalah: Umi Hakim, Barrah, Atikah, Safiyah, Arwa, dan Umaimah.

 

 

8.  Zaid bin Haritsah (anak angkat Nabi Muhammad) lahir tahun 581 Masehi di Hijaz, wilayah utara Arab Saudi.

 

 

9.  Zaid bin Haritsah kecil ditawan perampok, diperdagangkan dalam pasar perbudakan dan dibeli oleh Khadijah (istri Nabi Muhammad).

 

10.              Nabi Muhammad memerdekakan Zaid bin Haritsah, tetapi Zaid bin Haritsah tak mau kembali ke rumahnya, memilih menjadi pelayan dan sahabat Nabi Muhammad.

 

 

11.              Nabi Muhammad (42 tahun) menikahkan Zaid bin Haritsah (mantan budak) dengan Zainab binti Jahsy (keturunan bangsawan), awalnya Zainab binti Jahsy merasa keberatan.

 

12.              Pada tahun 613 Masehi, Zainab bin Jahsy sudah masuk Islam, patuh kepada Allah dan Rasul-Nya, akhirnya bersedia menikah dengan Zainab binti Jahsy.  

 

13.              Al-Quran surah Al-Ahzab (surah ke-33) ayat 36.

 

 

      مَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلَا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ ۗ وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا مُبِينًا

 

      Tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin. Apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan. Akan ada pilihan lain tentang urusan mereka. Barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya. Sungguh dia telah sesat, sesat yang nyata.

 

14.              Tak lama kemudian, Zaid bin Haritsah dan Zainab binti Jahsy bercerai.

 

15.              Pada tahun 614 Masehi, Zaid bin Haritsah menikah dengan Umu Ayman (pengasuh Nabi Muhammad), mendapatkan anak bernama Usamah bin Zaid (lahir tahun 615 Masehi).

 

 

16.              Zainab binti Jahsy menjanda selama 17 tahun.

 

17.              Zainab binti Jahsy telah bercerai dengan Zaid bin Haritsah selama 17 tahun (ketika Nai Muhammad berumur 42 tahun).

 

 

18.              Nabi Muhammad (59 tahun) menikah dengan Zainab binti Jahsy karena perintah Allah.

 

19.              Zainab binti Jahsy adalah Istri Nabi Muhammad urutan ke-7 (Khadijah bin Khuwailid, Saudah binti Zamah, Aisyah binti Abu Bakar, Hafsah binti Umar, Zainab binti Khuzaimah, Umu Salamah, dan Zainab binti Jahsy).

 

20.              Al-Quran surah Al-Ahzab (surah ke-33) ayat 37.

 

     وَإِذْ تَقُولُ لِلَّذِي أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِ وَأَنْعَمْتَ عَلَيْهِ أَمْسِكْ عَلَيْكَ زَوْجَكَ وَاتَّقِ اللَّهَ وَتُخْفِي فِي نَفْسِكَ مَا اللَّهُ مُبْدِيهِ وَتَخْشَى النَّاسَ وَاللَّهُ أَحَقُّ أَنْ تَخْشَاهُ ۖ فَلَمَّا قَضَىٰ زَيْدٌ مِنْهَا وَطَرًا زَوَّجْنَاكَهَا لِكَيْ لَا يَكُونَ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ حَرَجٌ فِي أَزْوَاجِ أَدْعِيَائِهِمْ إِذَا قَضَوْا مِنْهُنَّ وَطَرًا ۚ وَكَانَ أَمْرُ اللَّهِ مَفْعُولًا

     

 

 

 Ingatlah, ketika kamu berkata kepada orang yang Allah telah melimpahkan nikmat kepadanya. Kamu (juga) telah memberikan nikmat kepadanya,”Pertahankan terus istrimu dan bertakwalah kepada Allah”. Kamu menyembunyikan dalam hatimu sesuatu yang dinyatakan Allah. Kamu takut kepada manusia. Allah lebih berhak kamu takuti. Tatkala Zaid telah mengakhiri keperluan terhadap istrinya (menceraikannya). Kami kawinkan kamu dengan dia. Agar tidak ada keberatan bagi orang mukmin. Untuk (mengawini) istri angkat mereka. Apabila anak angkat itu telah menyelesaikan keperluan kepada istrinya. Ketetapan Allah pasti terjadi.

 

21.              Pada zaman jahiliah, anak angkat dianggap anak kandung, menjadi tradisi mengakar yang sulit diubah.

 

22.              Nabi Muhammad pernah mengubah status Zaid bin Haritsah menjadi Zaid bin Muhammad (semua anak laki-laki Nabi Muhammad meninggal waktu kecil), tetapi ditegur oleh Allah, agar dikembalikan menjadi Zaid bin Haritsah.

 

 

23.              Al-Quran surah Al-Ahzab (surah ke-33) ayat 5.

 

      ادْعُوهُمْ لِآبَائِهِمْ هُوَ أَقْسَطُ عِنْدَ اللَّهِ ۚ فَإِنْ لَمْ تَعْلَمُوا آبَاءَهُمْ فَإِخْوَانُكُمْ فِي الدِّينِ وَمَوَالِيكُمْ ۚ وَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ فِيمَا أَخْطَأْتُمْ بِهِ وَلَٰكِنْ مَا تَعَمَّدَتْ قُلُوبُكُمْ ۚ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

 

      Panggil mereka (anak-anak angkat itu) dengan (memakai) nama bapak-bapak mereka; itulah yang lebih adil pada sisi Allah, dan jika kamu tidak mengetahui bapak-bapak mereka, maka (panggillah mereka sebagai) saudara-saudaramu seagama dan maula-maulamu. Dan tidak ada dosa atasmu terhadap apa yang kamu khilaf padanya, tetapi (yang ada dosanya) apa yang disengaja oleh hatimu. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

 

24.              Allah memerintahkan Nabi Muhammad untuk menikah dengan mantan istri anak angkatnya, sehingga adat jahiliah yang melarangnya dapat dikikis habis.

 

25.              Zainab binti Jahsy merasa bangga menikah dengan Rasulullah, karena pernikahannya istimewa (dinikahkan oleh Allah) dan diabadikan dalam Al-Quran. 

 

 

26.              Sejak remaja Zainab binti Jahsy biasa bekerja keras dapat menghasilkan uang dengan tangannya sendiri, hasilnya untuk membantu orang kekurangan, karena Zainab binti Jahsy hidup sederhana.

 

27.              Nabi Muhammad (63 tahun) menunjuk Usamah bin Zaid (17 tahun) menjadi komandan perang ke wilayah Palestina.

28.              Usamah bin Zaid meninggal tahun 673 Masehi di Madinah. 

 

29.              Zainab binti Jahsy adalah istri Nabi Muhammad yang pertama wafat setelah kematian beliau, yaitu pada masa Khalifah Umar bin Khattab.

 

 

30.              Zainab binti Jahsy wafat usia 53 tahun dan dimakamkan di Baqi, Madinah.

 

Daftar Pustaka

1.  Syaikh Shafiyurrahman Al-Mubarakfury. Sirah Nabawiyah. Pustaka Al-Kautsar. Jakarta. 2006.

2.  Ghani, Muhammad Ilyas Abdul. Sejarah Masjid Nabawi. Madinah 2017.

3.  Ghani, Muhammad Ilyas Abdul. Sejarah Mekah. Mekah 2017.

 

0 comments:

Post a Comment