Wednesday, December 16, 2020

8093. JANGAN MENIPU UNTUK NAIK KEDUDUKAN



 JANGAN MENIPU UNTUK NAIK KEDUDUKAN

Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.

 

 

 

 

 

 

Al-Quran surah Al-Baqarah (surah ke-2) ayat 174.

 

إِنَّ ٱلَّذِينَ يَكْتُمُونَ مَآ أَنزَلَ ٱللَّهُ مِنَ ٱلْكِتَٰبِ وَيَشْتَرُونَ بِهِۦ ثَمَنًا قَلِيلًا ۙ أُو۟لَٰٓئِكَ مَا يَأْكُلُونَ فِى بُطُونِهِمْ إِلَّا ٱلنَّارَ وَلَا يُكَلِّمُهُمُ ٱللَّهُ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ وَلَا يُزَكِّيهِمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ


Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah diturunkan Allah, yaitu Kitab dan menjualnya dengan harga yang sedikit (murah), mereka itu sebenarnya tidak memakan (tidak menelan) ke dalam perutnya melainkan api, dan Allah tidak akan berbicara kepada mereka pada hari kiamat dan tidak mensucikan mereka dan bagi mereka siksa yang amat pedih.


 

Al-Quran surah Al-Baqarah (surah ke-2) ayat 175.

 

 

أُو۟لَٰٓئِكَ ٱلَّذِينَ ٱشْتَرَوُا۟ ٱلضَّلَٰلَةَ بِٱلْهُدَىٰ وَٱلْعَذَابَ بِٱلْمَغْفِرَةِ ۚ فَمَآ أَصْبَرَهُمْ عَلَى ٱلنَّارِ


 

 

 

Mereka orang-orang yang membeli kesesatan dengan petunjuk dan siksa dengan ampunan. Maka alangkah beraninya mereka menentang api neraka!


 

Asbabun nuzul (penyebab turunnya) ayat 174-175.

 

 

 

1.      Ikrimah menjelaskan 2 ayatini ditujukan kepada kaum Yahudi yang punya kebiasaan selalu menyimpangkan ajaran Taurat yang benar, hanya karena takut kehilangan kedudukan dan martabat di mata manusia.

 

 

 

2.      Kaum Yahudi ingin nabi terakhir berasal dari kelompok mereka.

 

 

3.      Allah mengutus Nabi Muhammad dari bangsa Arab sebagai nabi terakhir, maka mereka mengubah isi Taurat.

 

 

 

Daftar Pustaka

1.                Hatta, DR. Ahmad. Tafsir Quran Per Kata, Dilengkapi dengan Asbabun Nuzul dan Terjemah. Penerbit Pustaka Maghfirah, Jakarta 2011.

2.                Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2.

3.                Tafsirq.com online.

 

0 comments:

Post a Comment