BUDAK
DAN KEADILAN SOSIAL DI ALQURAN
Oleh:
Drs. H. M. Yusron Hadi, MM
Al-Quran
jelaskan.
1)
Sistem budak.
2)
Keadilan social.
A. Budak
dalam Al-Qur’an.
Bukan dibenarkan, tapi diatur.
Zaman turunnya
Al-Qur’an.
Sistem
perbudakan.
1)
Model global.
2)
Sangat mengakar.
3)
Termasuk di Arab.
Ajaran Al-Qur’an.
1)
Tak langsung hapus budak.
2)
Tetapi mengatur.
3)
Membatasi.
4)
Membuka jalan mengakhiri.
5)
Secara bertahap.
6)
Demi stabilitas sosial.
B. Al-Qur’an
tegakkan keadilan sosial bagi budak.
1)
Perintah berbuat baik kepada budak
Al-Quran
surah An-Nisa (surah ke-4) ayat 36.
وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا
بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ
وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ
بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا
يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا
Sembahlah Allah dan
jangan kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada
dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin,
tetangga dekat dan tetangga jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan budakmu. Sesungguhnya Allah
tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri,
Catatan.
1)
"...Berbuat baiklah kepada kedua
orang tua, kerabat... dan kepada budak yang
kamu miliki."
2)
Budak diperlakukan setara manusia.
3)
Diberi makan, pakaian, dan perlindungan.
C. Pembebasan
budak sebagai amal mulia dan tebusan (kafarat) dosa
Al-Quran
surah Al-Balad (surah ke-90) ayat 12-13.
وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْعَقَبَةُ
12. Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu?
فَكُّ رَقَبَةٍ
13. (yaitu) melepaskan budak dari perbudakan.
Catatan.
1)
“(Amal mulia itu) adalah memerdekakan
budak.”
Al-Quran
surah Al-Mujadilah (surah ke-58) ayat 3.
وَالَّذِينَ يُظَاهِرُونَ مِنْ نِسَائِهِمْ ثُمَّ يَعُودُونَ لِمَا قَالُوا
فَتَحْرِيرُ رَقَبَةٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَتَمَاسَّا ۚ ذَٰلِكُمْ تُوعَظُونَ بِهِ ۚ
وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ
Orang-orang menzihar
isteri mereka, kemudian mereka hendak menarik kembali apa yang mereka ucapkan, maka (wajib atasnya) memerdekakan seorang budak sebelum
kedua suami isteri itu bercampur. Demikian yang diajarkan
kepada kamu, dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Catatan.
1)
“Barang siapa men-zihar istrinya, maka
kafaratnya yaitu memerdekakan budak...”.
2)
Islam dorong pembebasan budak.
3)
Bentuk tebusan salah sosial.
D. Budak masuk
golongan harus dibebaskan lewat zakat.
Al-quran surah At-Taubah
(surah ke-9) ayat 60.
۞ إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا
وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ
اللَّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ ۖ فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ
60. Sesungguhnya
zakat itu, hanya untuk orang fakir, orang miskin, pengurus zakat, para muallaf
yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan)
budak, orang terlilit utang, untuk jalan
Allah dan untuk musafir, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan
Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.
Catatan.
1)
“...Dan untuk membebaskan budak
(ar-riqab).”
2)
Zakat tak hanya bagi orang miskin.
3)
Tapi juga membebaskan manusia tertindas.
E. Arah perjuangan
Islam.
Menghapus budak.
Al-Qur’an
jadikan budak.
Bagian
umat manusia.
Berhak
atas keadilan.
Tak sekadar
"milik".
Nabi
Muhammad memberi teladan:
“Barang
siapa memerdekakan seorang budak.
Maka
Allah akan memerdekakan tiap anggota tubuhnya dari neraka.”
(HR.
Bukhari)
Keadilan
Sosial Modern.
Zaman modern.
Sistem
budak hilang.
Secara
hukum.
Tapi semangat
Al-Qur’an tetap relevan.
Yaitu:
1)
Membela kaum tertindas
2)
Menolak eksploitasi manusia
3)
Memberdayakan fakir miskin
4)
Menghapus ketimpangan sosial
Kesimpulan:
1)
Al-Qur’an tak legalkan perbudakan.
2)
Tapi mulai proses menghapusnya.
3)
Dengan cara bijak dan manusiawi.
4)
Islam agama keadilan social.
5)
Menjunjung tinggi manusia.
6)
Tak melihat status sosial, suku, ras, atau
kekayaan.
Sumber
1)
Tafsir Quran Perkata DR M Hatta.
2)
ChatGPT.
3)
Copilot.
4)
Cici.
5)
Claude.
6)
Grok.
.bmp)
.bmp)
.bmp)
.bmp)
0 comments:
Post a Comment