Oleh: Drs. H.M. Yusron Hadi,
M.M.
A.Sumber
hukum lslam.
1. Ajaran
Islam bersumber kepada Al-Quran dan sunah (hadis Nabi).
2. Ajaran
Islam memiliki beberapa cabang ilmu, salah satunya ilmu fikih.
3. Ilmu
fikih adalah ilmu yang mempelajari tentang hukum Islam.
B.Mazhab
terbesar.
1. Dunia
Islam mengenal 4 mazhab terbesar, yaitu:
1) Mazhab
Hanafi.
2) Mazhab
Maliki.
3) Mazhab
Syafii.
4) Mazahab
Hambali.
2. Mazhab
adalah haluan atau aliran mengenai hukum fikih yang menjadi ikutan umat Islam.
3. Masing-masing
mazhab punya keistimewaan tersendiri.
MAZHAB HANAFI
Mazhab Hanafi didirikan oleh Nukman bin
Tsabit (lahir tahun 89 Hijriah dan wafat tahun 150 Hijirah). Nukman bin Tsabit seorang guru besar ilmu
fikih di Irak.
MAZHAB
MALIKI
Mazhab Maliki didirikan oleh Imam Malik
bin Anas (lahir tahun 93 Hijriah dan wafat tahun 179 Hijriah). Imam Malik bin
Anas berasal dari Madinah.
MAZHAB
SYAFII
Mazhab Syafii didirikan oleh Muhammad
bin Idris (lahir tahun 150 Hijriah dan wafat tahun 200 Hijirah). Muhammad bin
Idris berasal dari Gaza, Palestina.
MAZHAB
HAMBALI
Mazhab Hambali didirikan oleh Ahmad bin
Hambal (lahir tahun 164 Hijriah dan wafat tahun 241 Hijriah). Ahmad bin Hambal
berasal dari Baghdad, Irak.
C.Dasar
hukum salat Jumat.
1. Semua
mazhab sepakat dasar hukum salat Jumat adalah Al-Quran surah Al-Jumuah (surah
ke-62) ayat 9.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ
آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ
ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ
تَعْلَمُونَ
Hai
orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka
bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang
demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.
D.Lokasi/tempat
salat Jumat.
1. Imam
Hanafi, Syafii, dan Hambali, tempat melakukan salat Jumat:
1) Boleh
dikerjakan di dalam masjid.
2) Boleh
dilaksanakan di tempat lain, selain masjid.
2. Imam
Malik,salat Jumat:
1) Harus
dilaksanakan di dalam masjid.
2) Dilarang
dilakukan di tempat selain masjid.
E. Jumlah minimal jemaah salat Jumat.
1. Imam
Hanafi, jumlah jamaah salat Jumat minimal 5 orang, termasuk imam.
2. Imam
Maliki, jumlah jamaah salat Jumat minimal 13 orang, termasuk imam.
3. Imam
Hambali dan Syafii, jumlah jamaah salat Jumat minimal 41 orang, termasuk imam.
F. Posisi khatib ketika sedang berkhotbah.
1. Imam
Maliki dan Syafii, ketika khatib sedang berkhotbah Jumat:
1) Khatib
wajib berdiri.
2. Imam
Hanafi dan Hambali, ketika khatib sedang berkhotbah Jumat:
1) Khatib
tidak wajib berdiri.
G.
Materi
minimal yang disampaikan seorang khatib ketika berkhotbah Jumat.
1. Imam
Hanafi, seorang khatib ketika berkhotbah salat Jumat minimal:
1) Membaca
hamdalah.
2) Membaca
istigfar.
2. Imam
Maliki, seorang khatib ketika berkhotbah salat Jumat minimal:
1) Mengucapkan
pesan takwa kepada Allah.
3. Imam
Syafii, seorang khatib ketika berkhotbah salat Jumat:
1) Pada
khutbah ke-1 minimal:
a. Mengucapkan
hamdalah.
b. Selawat
Nabi.
c. Pesan
takwa
d. Membacaayat
Al-Quran.
2) Pada
khutbah ke-2 minimal:
a. Mengucap
hamdalah.
b. Selawat
Nabi.
c. Pesan
takwa.
d. Berdoa
untuk semua umat Islam.
4. Menurut
Imam Hambali seorang khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal:
1) Mengucap
hamdalah.
2) Selawat
Nabi.
3) Pesan
takwa.
4) Membaca
ayat Al-Quran.
H.Posisi
khatib ketika duduk di antara 2 khotbah Jumat.
1. Imam
Maliki, dan Hanafi,khatib salat Jumat:
1) Khatib
tidak wajib duduk di antara 2 khotbah.
2. Imam
Syafii, khatib salat Jumat:
1) Khatib
wajib duduk sebentar di antara dua khutbah.
2)
3. Imam
Hambali menyatakan khatib salat Jumat:
1) Khatib
boleh duduk atau tidak duduk di antara 2 khotbah.
I.
Bahasa
yang dipakai khatib ketika berkhotbah Jumat.
1. Imam
Maliki, ketika khatib berkhotbah Jumat:
1) Khatib
wajib menggunakan bahasa Arab.
2. Imam
Hanafi, Syafii, dan Hambali,khatib khotbah Jumat:
1) tidak
wajib menggunakan bahasa Arab ketika berkhotbah.
J. Bacaan surah Al-Quran setelah membaca
surah Al-Fatihah dalam salat Jumat.
1. Imam
Maliki:
1) Rakaat
ke-1, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah(surah ke-62).
2) Rakaat
ke-2, imam harus membaca surah Al-Ghosiyah (surah ke-88).
2. Menurut
Imam Syafii:
1) Rakaat
ke-1, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62).
2) Rakaat
ke-2, imam harus membaca surah Al-Munafikun (surah ke-63).
3. Menurut
Imam Hanafi:
1) Hukumnya
makruh, jika imam salat Jumat, ditentukan bacaan surahnya, setelah membaca
surah Al-Fatihah.
K.Hukum
Islam.
1) Wajib.
Yaitu perbuatan harus dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan.
2) Sunah.
Yaitu perbuatan dianjurkan, apabila dilakukan mendapat pahala dan apabila tidak
dikerjakan tidak berdosa.
3) Mubah.
Yaitu berupa pilihan bebas, artinya boleh dilakukan dan boleh tidak dikerjakan.
4) Makruh.
Yaitu perbuatan yang dianjurkan untuk ditinggalkan, tetapi tidak berdosa
apabila dikerjakan.
5) Haram.
Yaitu perbuatan terlarang untuk dikerjakan.
Daftar
Pustaka.
1. Mughniyah,
Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab, Muhammad Jawad Mughniyah. Penerbit Lentera
Jakarta, 2007)
2. Al-Quran
Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
3. Tafsirq.com
online.
0 comments:
Post a Comment