Wednesday, January 9, 2019

1807. BASMALAH








BASMALAH
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
      Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang basmalah dalam agama Islam?” Ustad Abdul Somad, Lc, M.A. menjelaskannya.
1.    Basmalah (menurut KBBI V) dapat diartikan”ucapan pembukaan Al-Quran, yaitu bismillah”.
2.    Lengkapnya lafaz basmalah adalah “bismillaahi ar-rahmaani ar-rahiimi”.
3.    Lafaz basmalah.

   بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
      (Bis-mi-lla-hir-rah-maa-nir-ra-hiim)
     Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

4.    Basmalah terdapat dalam setiap permulaan surah dalam Al-Quran (113 surah), kecuali surah At-Taubah (surah ke-9).
5.    Dalam Al-Quran terdapat 114 surah, tetapi hanya 1 surah yang tidak terdapat basmalah pada permulaannya, yaitu surah At-Taubah (surah ke-9).
6.    Basmalah berjumlah sama dengan jumlah surah  dalam Al-Quran, yaitu sebanyak 114.
7.    Dalam surah An-Naml (surah ke-27) basmalah muncul 2 kali, yaitu pada awal surah dan pada ayat ke-30 dari 97 ayat.
8.    Al-Quran surah An-Naml (surah ke-27) ayat 30.

إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

       (innahu min Sulaimana wa innahu bismillahirrohmanirrohim)
      Sesungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi) nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”.

9.    Membaca basmalah di awal surah Al-Fatihah dalam salat terdapat tiga model berikut ini.
a.    Ke-1, ucapan basmalah di awal surah Al-Fatihah dibaca dengan “sirr” (pelan) dalam salat.
b.    Ke-2, ucapan basmalah di awal surah Al-Fatihah dibaca dengan “jahar” (keras) dalam salat.
c.    Ke-3, ucapan basmalah tidak perlu dibaca dalam salat fardu, ketika membaca Al-Fatihah dan awal surah lainnya, tetapi membolehkan membaca basmalah  dalam salat nafilah (sunah).
10. Imam Hanafi berpendapat.
a.    Harus mengucapkan basmalah ketika membaca Al-Fatihah dalam salat secara “sirr” (lembut) pada setiap rakaat.
b.    Lebih baik mengucapkan basmalah ketika akan membaca surah dalam salat.
11. Imam Syafii berpendapat.
a.    Wajib mengucapkan basmalah secara “jahar” (keras) dalam salat “jahar” (dalam salat Magrib, Isa, dan Subuh).
b.    Mengucapkan basmalah dengan suara “sir” (pelan) dalam salat “sir” (salat Zuhur dan Asar).
12. Imam Hambali berpendapat.
a.    Harus mengucapkan basmalah dengan “sirr” (pelan) dalam semua salat.
b.    Tetapi tidak disunahkan mengucapkan basmalah dengan “jahr” (keras) dalam salat.


Daftar Pustaka
1.    Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 77 Tanya-Jawab Seputar Salat.
2.    Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 99 Tanya-Jawab Seputar Salat.
3.    Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 37 Tanya-Jawab Masalah Populer.
4.    Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5.    Tafsirq.com online




Related Posts:

0 comments:

Post a Comment