Saturday, January 12, 2019

1814. FA'IL DHAMIR UTK FI'IL AMAR









FA’IL DHAMIR UNTUK FI’IL AMAR
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
      Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang fa’il yang berbentuk dhamir untuk fi’il amar dalam bahasa Arab?” Tim Badar Online menjelaskannya.
1.    Fa’il,     الفَاعِلُ  adalah isim marfuk (kata benda rofak/dammah) yang terletak setelah fi’il maklum (kata kerja aktif).
2.    Fa’il disebut juga “pelaku”.
3.    Fa’il (pelaku) yang berbentuk dhamir (kata ganti orang) untuk fi’il amar (kata kerja perintah).

4.    Tabel tasrif lughawi,  اَلتَّصْرِيْفُ اللُّغَوِيُّ   yaitu perubahan fi’il  (kata kerja) bersama dengan dhamirnya (kata ganti orang) untuk fi’il amar (kata kerja perintah).


5.    Perhatikan baris ke-2 (dibaca dari kanan ke kiri)
a.    اُكْتُبْ: Fa’ilnya (pelakunya) adalah “dhomir mustatir” (kata ganri orang tersembunyi)  yang taqdirnya adalah “an-ta”,    أَنْتَ
b.    اُكْتُبَا: Fa’ilnya (pelakunya) adalah “alif”.
c.    اُكْتُبُوْا   Fa’ilnya (pelakunya) adalah “wawu”


6.    Perhatikan baris ke-3 (dibaca dari kanan ke kiri)

a.    اُكْتُبِيْ   Fa’ilnya (pelakunya) adalah “ya”
b.    اُكْتُبَا     Fa’ilnya (pelakunya) adalah “alif”.
c.    اُكْتُبْنَ    Fa’ilnya (pelakunya) adalah “nun”

7.    Contoh dalam sebuah kalimat.
      اُكْتُبْ الدَّرْسَ   (uk-tub ad-dar-sa) = (catatlah pelajaran itu)
a.    Fa’ilnya (pelakunya) adalah “dhamir mustatir” (kata ganti orang tersembunyi) yang taqdirnya adalah “an-ta”,     أَنْتَ

8.    Contoh dalam sebuah kalimat.
   اِحْفَظُوْا الْقُرْءَانَ  (ih-fa-dzul qur-aa-na) = (Hapalkan al-Quran)
a.    Fa’ilnya  (pelakunya) adalah “wawu”

9.    Contoh dalam sebuah kalimat.
   اِرْجِعْنَ إِلَى بُيُوتِكُنَّ  (ir-ji’-na i-laa bu-yuu-ti-ku-nna) = (Hai para wanita kembalilah ke rumah-rumah kalian)
a.    Fa’ilnya  (pelakunya) adalah “nun”.



Daftar Pustaka
1.    Tim Badar Online Wisma Misfallah Thalabul Ilmi (MTI), Pogung Kidul 8C, RT 01/RW 49, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, 55284
2.    E-mail: onlinebadar@yahoo.com


Related Posts:

0 comments:

Post a Comment