Saturday, June 29, 2019

2515. JANGAN DURHAKA KEPADA ORTU


JANGAN DURHAKA
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.
      Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang sikap durhaka anak terhadap orang tuanya?” Syekh Yusuf Qardhawi menjelaskannya.

1.    Durhaka adalah ingkar terhadap perintah (Tuhan, orang tua, dan sebagainya).
2.    Anak yang durhaka terhadap orang tuanya adalah anak yang membantah terhadap perintah orang tuanya, atau bersikap membangkang terhadap perintah orang tuanya.
3.    Para ulama menjelaskan kewajiban anak terhadap orangtuanya adalah berbuat baik, patuh, taat, dan menghormatinya, sesuai dengan sifat fitrah alami anak terhadap orang tuanya.

4.      Al-Quran surah Al-Ahqaf (surah ke-46) ayat 15.
5.   وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا ۖ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۖ وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا ۚ حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي ۖ إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ


      Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang shaleh yang Engkau ridai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri".

6.    Rasulullah bersabda,”Dosa-dosa yang paling besar adalah: menyekutukan Allah, durhaka kepada dua orang tua, dan saksi palsu.”
7.    Rasulullah bersabda,”Ada tiga orang yang tidak akan masuk sorga, yaitu orang yang durhaka kepada dua orang tuanya, suami yang tidak mempunyai perasaan cemburu terhadap istrinya, dan wanita yang menyerupai pria.”
8.    Rasulullah bersabda,”Semua dosa akan ditangguhkan Allah sampai hari kiamat apabila Allah menghendaki, tetapi durhaka kepada dua orang tua, pelakunya akan menerima balasannya di dunia sebelum dia meninggal."

9.      Al-Quran surah Al-Isra (surah ke-17) ayat 23.


۞ وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

     Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkan kepada mereka perkataan yang mulia.

10.   Al-Quran surah Al-Isra (surah ke-17) ayat 24.

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

      Dan rendahkan dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".

Daftar Pustaka.
1.    Qardhawi, Syekh Muhammad Yusuf Qardhawi. Halal dan Haram dalam Islam. Alih bahasa: H. Mu'ammal Hamidy. Penerbit: PT. Bina Ilmu, 1993.
2.    Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
3.    Tafsirq.com online.




0 comments:

Post a Comment