Tuesday, April 19, 2022

13224. MIMPI 1 RUPIAH SAMA DENGAN 1 DOLLAR

 




 

MIMPI 1 RUPIAH SAMA DENGAN 1 DOLLAR

Oleh: Drs. H. Yusron Hadi, M.M.

 

 

Kalau 1 Rupiah = 1 Dollar

 

Hari ini saya memperoleh honor mengajar.

  

Tadi sudah diberikan amplopnya, Rp 75.000, honor sebulan.

  

Kecil sih, banget.

   

Tapi hari ini saya hepi sekali.

 

 

Kenapa?

  

Bukan karena memang buat apa mengeluh.

  

Tapi eh ternyata.

  

Pas lihat televise.

 

Ternyata hari ini.

 

Kurs rupiah sudah berubah.

  

1 Rupiah = 1 Dollar.

 

Bukankah yang benar itu 1 Dollar = 14.000 Rupiah?

 

 

  

Tidak, Kawan.

 

 Di tulisan ini, entah apa sebabnya.

  

Simsalabim jadi berubah.

 

 Wah, wah, wah…

 

Saya harus bergegas ke bandara.

  

Saatnya jalan2 deh kalau begitu.

  

Mumpung habis gajian.

  

Tidak perlulah repot2 packing.

 

 

 

Nanti semua dibeli di jalan sajahlah.

 

Langsung deh ke loket Singapore Airlines.

 

“Good day, mam, sy ingin beli tiket pesawat ke Los Angeles.”

 

 itu mbak2 yg cantik menatap tajam wajahku yg rada2 kumuh.

 

Pakaian kusam, bau keringat habis naik bus.

 

Tp saya hanya tersenyum..

  

Saya punya uang, loh Mbak.

 

  

Tad kan sudah ditukar ke money changer.

  

Jadi punya 75.000 dollar sekarang.

 

 “Jadi berapa semua tiketnya?

 

 

Kelas eksekutif ya.”

  

Saya bertanya.

  

“Sekali jalan 1.990 dollar.”

  

Mbak itu ketus menyebut harga.

  

 

. Saya nyengir, langsung bayar cash.

 

 

 

Mbak-nya terdiam.

  

Ternyata orang di depan ini punya uang, hehe.

  

Banyak, Mbak, saya punya 75 ribu dollarrrr..

  

Wussshh.. 90 menit kemudian.

 

Saya sudah duduk rapi.

 

 

 

 

Bukan main, murah sekali ya.

 

Tiket kelas eksekutif ke LA.

 

Hanya 2/75 honor mengajar saya sebulan.

 

Kurang lebih 2 persen saja.

 

Sampai di LA, langsung deh ke butik ngetop di sana.

  

Sempet ngukur jas, beli sepatu, parlente deh..

 

  habislah 2500 dollar..

  

Beli kamera SLR, yg mark two gitu2 deh kalo gak salah..

  

Habis 6000..

 

Terus beli laptop x300, 2999 dollar.

 

 Lupa bawa yang di kos-2 an..

  

Kemudian mampir makan malam di resto mahal.

  

Sempet seberang2an dgn Leonardo DiCaprio yg lg dinner.

  

Saling say hai..

 

Tentu saja hanya selebritis dan orang kaya yg bisa masuk di resto itu.

 

 

 

Jadi mereka menganggap saya pastilah orang penting.

  

Astaga, makan udang doang habis 1900 dollar.

 

Setara harga tiket.

  

Tapi bodo amat.

 

 ltu mah murah dibanding honor mengajar.

  

Dan sempet foto2 bareng sama Angelina Jolie, selfie deh.

  

Di Depok, sekali makan bisa 15.000 loh.

 

 

 

Di Amrik mah murah banget.

  

Habis makan malam.

  

Terakhir check-in di Hotel Hilton LA yg muahal itu..

 

Langsung bilang president suite..

 

 Petugasnya tersenyum ramah.

 

 Kan sudah berganti kostum keren sekali.

 

Jadi semua orang ramah.

 

 

 

 Bayar cash.

  

3500 dollar per malam… hohohoho..

  

Dapat kamar di lantai paling atas.

 

 Dgn view seluruh LA.

 

 ltu worthed sekali…

 

Masuk kamar deh…

  

Buka laptop baru.

  

Terus mindahin foto2 sepanjang sore dan malam tadi…

 

 

 

Posting di facebook/twitter

 

juga: selfie dengan DiCaprio…

 

 Di-tag deh semua umat manusia di dunia..

  

Lantas menghitung sisa uang…

 

  Hmmm… masih sisa 40.000… ehloh?

 Kok kurang ribuan dollar…

 

Ah, tadi buat tips sopir taksi.

 

 

 

Sopir taksi yg indihe tadi berkali2 bilang:

  

 “aca, aca… thx you very much, sir… thx you very much..”

  

Itu mungkin tips paling besar yg pernah dia dapat.

  

Dikasih 2.000 dollar..

 

Astaga, padahal itu hanya 2 persen gaji sy sebulan mengajar di Jakarta.

  

Ada2 saja…

  

berlebihan sekali tuh sopir.

  

Di Depok, naik angkot malah sudah 5.000 dollar sekali jalan.

 

Maka selama seminggu ke depan, saya hepi sekali menghabiskan dollar di LA…

 

Setiap hari ganti baju di butik.

 

Makan di resto mahal.

  

Bahkan sempet iseng ikut pengumpulan dana kampanye buat presiden baru mereka.

 

Lagi rame di sini..

 

 

 

Saya masukin dlm kotak sumbangannya 10.000 dollar…

 

 Sempet foto2 bareng sama tuh calon presiden.

 

Yang nyumbang banyak memang boleh selfie.

  

Dia bilang: “Anda sangat murah hati…”..

 

ah Sir, itu mah kecill…

  

Saya ngajar sebulan dapet 75.000 dollar.

  

 

 

Apalah artinya 10.000 dollar.

  

Calon Presiden Amrik itu terpesona..

 

 “Bukan main, berarti standar gaji guru di indonesia luar biasa?”

 

  Sy tertawa…

  

Eh…sy kebelet pipis.

  

Cerita petualangan sy dilanjut besok2 deh.

  

Semoga sempat dilanjutkan.

 

 

 

 

Sungguh menakjubkan hidup di dunia 1 rupiah = 1 dollar ini.

 

 

Besok2 saya mungkin mau mampir dulu ke Perancis.

 

Sebelum pulang ke Indonesia.

 

 Sampai ketemu besok2.

  

(Sumber Tere Liye)

 

 

0 comments:

Post a Comment