KAPAL RAKSASA DIANGKAT
PAKAI AIR LEWAT TELUK PANAMA
Oleh:
Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
Terusan
Panama (Kanal Panama)
adalah terusan yang memotong tanah Panama sepanjang
82 km.
Teluk Panama memotong Amerika Utara dan Amerika Selatan serta
menghubungkan Samudra Pasifik dan Atlantik.
Terusan Panama menyingkat waktu
tempuh kapal laut
karena tidak perlu memutar lewat ujung selatan Amerika
Selatan.
Rencana pembangunan terusan ini muncul
pada tahun 1500-an.
Tapi Terusan Panama baru dibuka
pada 15 Agustus 1914.
Di
Terusan Panama ada 3 Lock, yaitu:
1.
Gatun Locks.
2.
Pedro Miguel Locks.
3.
Miraflores Locks.
Kapal dari Samudera Atlantik melewati
Gatun Locks.
Kapal diangkat pakai air setinggi 26
meter (85 feet) ke permukaan Danau Gatun.
Kapal melintasi Danau Gatun 37 Km (23 mil) sebelum masuk Gaillard
(Culebra).
Setelah melewati Gaillard Cut 13 km
(8 mil) kapal ke Pedro Miguel Locks.
Saat kapal di Pedro Miguel Locks
ketinggian air diturunkan 9 m (30 feet).
Kemudian kapal ke Danau Miraflores
yang lebih kecil ketimbang Danau Gatun.
Kapal ke Miraflores Locks dengan ketinggian
air lautan normal.
Dan kapal berlayar bebas ke Samudera
Pacifik.
Jarak tempuh dari Gatun Locks ke Miraflorest
Loks 80 km (50 mil).
Kapal ditarik oleh kereta dari sisi-sisi
kanal pada saat masuk Locks untuk menjaga posisinya.
Tahun 2007, Terusan Panama diperluas.
Masing-masing dam panjangnya 305 meter
dan lebar 33,5 meter.
Tapi ukuran tidak cocok lagi buat
kapal tanker raksasa, kapal induk, atau pengangkut pesawat terbesar AS masa
kini.
Misalnya, Kapal pesiar “Queen
Elizabeth 2″ saat melewati terusan Panama.
Pada sisi badan kapal masing-masing
hanya tersisa 75 cm dari dinding dam.
Kapal tempur AS “New Jersey” hanya
menyisakan ruang tidak sampai 25 cm di kedua sisinya!
Hal itu membuat para pemandu kapal harus
waspada saat pengontrol lokomotif kecil yang menarik kapal masuk dam lewat rel
baja.
Sekarang, terusan ini dikontrol oleh
Otoritas Terusan Panama.
(Sumber
internet)
0 comments:
Post a Comment