Saturday, August 9, 2025

41365. AYAT QURAN GAIB BELUM DIUJI SAINS

 

 


AYAT ALQURAN GAIB BELUM DIUJI SAINS MODERN

Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, MM

 

 

Daftar ayat Al-Quran

Yang belum bisa diuji.

 

Oleh sains modern.

Yaitu:

 

1)        Hal gaib murni nikmat surga.

2)        Azab kubur sebelum kiamat.    

 

3)        Malaikat sebagai utusan Allah.

4)        Jin mendengar Al-Qur’an.  

 

5)        Kejadian masa depan     gambaran kiamat.

 

6)        Janji kemenangan Islam.    

7)        Turunnya Nabi Isa.   

 

8)        Ya’juj dan Ma’juj.

 

9)        Dimensi metafisik     segala sesuatu ditetapkan.  

 

10)  Malaikat memikul ‘Arsy.

11)  Roh urusan Allah.

 

12)  Kehidupan setelah mati.     

 

 

A.       Hal gaib murni.

Nilmat surga.

 

 

Al-Quran surah As-Sajdah (surah ke-32) ayat 17.

 


فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

 

17. Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.

 

Catatan.

 

A.       Kenikmatan surga tak terbayangkan.

 

B.             Ibnu Katsir:

Nikmat surga melebihi imajinasi manusia. 

 

C.       Quraish Shihab:

Gambaran surga untuk memotivasi iman.

Surga di alam gaib, tak bisa diobservasi.

 

B.       Azab kubur sebelum kiamat.    

 

Al-Queran surah Ghafir/Al-Mukmin (surah ke-40) ayat 46.


النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا ۖ وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوا آلَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ

 

Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): "Masukkan Fir'aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras".

 

Catatan.

 

1)        Azab kubur sebelum kiamat.    

 

2)        Thabari:

Firaun disiksa di kubur pagi dan petang.    

 

3)        Hamka:

Azab ini di alam barzakh.

 

Bukan fisik dunia. 

Alam barzakh tak terjangkau sains.

 

C.       Malaikat sebagai utusan Allah.

 

 

Al-Quran surah Al-Fatir (surah ke-35) ayat 1     .

الْحَمْدُ لِلَّهِ فَاطِرِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ جَاعِلِ الْمَلَائِكَةِ رُسُلًا أُولِي أَجْنِحَةٍ مَثْنَىٰ وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ ۚ يَزِيدُ فِي الْخَلْقِ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

 

Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang punya sayap, masing-masing (ada yang) 2, 3 dan 4. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

 

Catatan.

 

1)        Malaikat sebagai utusan Allah.

 

2)        Al-Baghawi:

Malaikat dicipta dari cahaya.

 

3)        Tantawi:

Malaikat adalah simbol dan realitas gaib.

Malaikat bukan materi terukur.

 

D.       Jin mendengarkan Al-Qur’an.  

 

Al-Quran surah Al-Jin (surah ke-72) ayat 1-2.


قُلْ أُوحِيَ إِلَيَّ أَنَّهُ اسْتَمَعَ نَفَرٌ مِنَ الْجِنِّ فَقَالُوا إِنَّا سَمِعْنَا قُرْآنًا عَجَبًا

 

1. Katakan (hai Muhammad): "Telah diwahyukan kepadamu bahwa: telah mendengarkan sekumpulan jin (akan Al Quran), lalu mereka berkata: Sesungguhnya kami mendengarkan Al-Quran yang menakjubkan,

 

يَهْدِي إِلَى الرُّشْدِ فَآمَنَّا بِهِ ۖ وَلَنْ نُشْرِكَ بِرَبِّنَا أَحَدًا

 

2. (yang) memberi petunjuk kapada jalan yang benar, lalu kami beriman kepadanya. Dan kami sekali-kali tidak akan mempersekutukan seseorangpun dengan Tuhan kami.

 

Catatan.

 

1)        Jin mendengarkan Al-Qur’an.

  

2)        Ibnu Kasir:

Jin makhluk berakal dari api.

 

3)        Quraish Shihab:

Ayat ini bukti interaksi dimensi gaib.     

Jin tak terdeteksi instrumen fisik.

 

E.       Kejadian Masa Depan   

 

Al-Quran surah Al-Qari’ah (surah ke-101) ayat 1-5      .

 


الْقَارِعَةُ

1. Hari Kiamat,

 

مَا الْقَارِعَةُ

2. apakah hari Kiamat itu?

 

وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْقَارِعَةُ

3. Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu?

 

يَوْمَ يَكُونُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوثِ

4. Pada hari itu manusia seperti anai-anai bertebaran,

 

وَتَكُونُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوشِ

5. dan gunung-gunung seperti bulu dihambur-hamburkan.

 

Catatan.

 

1)        Gambaran hari kiamat.

 

2)        Thabari:

Kiamat mengguncang bumi.

 

3)        Hamka:

Gambaran ini peringatan moral. 

 

Belum terjadi.

Tak ada data empiris.

 

F.        Janji kemenangan Islam.    

 

Al-Quran surah An-Nur (surah ke-24) ayat 55    .

 


وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِي الْأَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِي ارْتَضَىٰ لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِنْ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا ۚ يَعْبُدُونَنِي لَا يُشْرِكُونَ بِي شَيْئًا ۚ وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذَٰلِكَ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

 

Dan Allah berjanji kepada orang-orang  beriman di antara kamu dan mengerjakan amal saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, seperti Dia menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka tetap menyembahku-Ku dengan tidak mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. Dan barang siapa  (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itu orang fasik.

 

Catatan.

 

1)        Janji kemenangan Islam.

  

2)        Ibnu Kasir:

Akan terjadi di masa depan.

 

3)        Quraish Shihab:

Bisa dimaknai sejarah.

 

Atau eskatologis (hal terkait akhir zaman). 

Belum diverifikasi sejarah.

 

G.      Turunnya Nabi Isa.

 

Al-Quran surah Az-Zukhruf (surah ke-43) ayat 61.


وَإِنَّهُ لَعِلْمٌ لِلسَّاعَةِ فَلَا تَمْتَرُنَّ بِهَا وَاتَّبِعُونِ ۚ هَٰذَا صِرَاطٌ مُسْتَقِيمٌ

 

Dan sesungguhnya Isa benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu jangan kamu ragu-ragu tentang kiamat dan ikuti Aku. Ini jalan yang lurus.

 

Catatan.

 

1)        Turunnya Nabi Isa.   

 

2)        Thabari:

Nabi Isa akan turun menjelang kiamat.

 

3)        Hamka:

Maknanya literal dan simbolis.   

Nubuatan masa depan.

 

H.       Ya’juj dan Ma’juj.

 

Al-Quran surah Al-Kahfi (surah ke-18) ayat 94-99.

 

     
قَالُوا يَا ذَا الْقَرْنَيْنِ إِنَّ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ مُفْسِدُونَ فِي الْأَرْضِ فَهَلْ نَجْعَلُ لَكَ خَرْجًا عَلَىٰ أَنْ تَجْعَلَ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ سَدًّا

 

94. Mereka berkata: "Hai Zulkarnain, sesungguhnya Ya'juj dan Ma'juj itu orang-orang yang membuat kerusakan di bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka?"

 

قَالَ مَا مَكَّنِّي فِيهِ رَبِّي خَيْرٌ فَأَعِينُونِي بِقُوَّةٍ أَجْعَلْ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ رَدْمًا

 

95. Zulkarnain berkata: "Apa yang telah dikuasakan oleh Tuhanku kepadaku terhadapnya adalah lebih baik, maka tolong aku dengan kekuatan (manusia dan alat-alat), agar aku membuatkan dinding antara kamu dan mereka,

 

آتُونِي زُبَرَ الْحَدِيدِ ۖ حَتَّىٰ إِذَا سَاوَىٰ بَيْنَ الصَّدَفَيْنِ قَالَ انْفُخُوا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَعَلَهُ نَارًا قَالَ آتُونِي أُفْرِغْ عَلَيْهِ قِطْرًا

 

96. berilah aku potongan-potongan besi". Hingga apabila besi itu telah sama rata dengan kedua (puncak) gunung itu, berkata Zulkarnain: "Tiuplah (api itu)". Hingga apabila besi itu sudah menjadi (merah seperti) api, diapun berkata: "Beri aku tembaga (yang mendidih) agar aku kutuangkan ke atas besi panas itu".

 

فَمَا اسْطَاعُوا أَنْ يَظْهَرُوهُ وَمَا اسْتَطَاعُوا لَهُ نَقْبًا

 

97. Maka mereka tidak bisa mendakinya dan mereka tidak bisa (pula) melobanginya.

 

قَالَ هَٰذَا رَحْمَةٌ مِنْ رَبِّي ۖ فَإِذَا جَاءَ وَعْدُ رَبِّي جَعَلَهُ دَكَّاءَ ۖ وَكَانَ وَعْدُ رَبِّي حَقًّا

 

98. Zulkarnain berkata: "Ini (dinding) adalah rahmat dari Tuhanku, maka apabila sudah datang janji Tuhanku, Dia akan menjadikannya hancur luluh; dan janji Tuhanku adalah benar".

 

۞ وَتَرَكْنَا بَعْضَهُمْ يَوْمَئِذٍ يَمُوجُ فِي بَعْضٍ ۖ وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَجَمَعْنَاهُمْ جَمْعًا

 

99. Kami biarkan mereka pada hari itu bercampur aduk dengan yang lain, kemudian ditiup lagi sangkakala, lalu Kami kumpulkan mereka semuanya,

 

Catatan.

1)        Ya’juj dan Ma’juj.

 

2)        Ibnu Kasir:

Bangsa perusak muncul di akhir zaman.

 

3)              Quraish Shihab:

Gambaran kehancuran sosial.    

Peristiwa eskatologis belum teramati.

 

I.   Dimensi metafisik  segala sesuatu ditetapkan.

 

Al-Quran surah Al-Qamar (surah ke-54) ayat 49  

 

إِنَّا كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنَاهُ بِقَدَرٍ

 

Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran.

 

Catatan.

 

1)        Segala sesuatu ditetapkan.

 

2)        Thabari:

Semua ciptaan sesuai takdir.

 

3)        Tantawi:

Hukum alam juga bagian takdir. 

Takdir tak bisa diuji.

 

D.       Malaikat memikul ‘Arsy.

 

Al-Quran surah Al-Haqqah (surah ke-69) ayat 17   .



وَالْمَلَكُ عَلَىٰ أَرْجَائِهَا ۚ وَيَحْمِلُ عَرْشَ رَبِّكَ فَوْقَهُمْ يَوْمَئِذٍ ثَمَانِيَةٌ

 

Dan para malaikat berada di penjuru langit. Dan pada hari itu 8 orang malaikat menjunjung 'Arsy Tuhanmu di atas (kepala) mereka.

 

Catatan.

 

1)        Malaikat memikul ‘Arsy.

 

2)        Ibnu Kasir:

‘Arsy makhluk besar di atas langit.

 

3)        Quraish Shihab:

 Simbol kemuliaan Allah. 

‘Arsy bersifat gaib.

 

E.       Roh urusan Allah.

 

Al-Quran surah Al-Isra (surah ke-17) ayat 85.


وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الرُّوحِ ۖ قُلِ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي وَمَا أُوتِيتُمْ مِنَ الْعِلْمِ إِلَّا قَلِيلًا

 

Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakan (Muhammad): "Roh itu urusan Tuhan-ku, dan kamu tidak diberi pengetahuan melainkan sedikit".

 

Catatan.

 

1)        Roh urusan Allah.

 

2)        Thabari:

Roh tak diketahui hakikatnya.     

 

3)        Hamka:

Roh misteri di luar akal.   

Roh tak terukur secara ilmiah.

 

F.        Kehidupan setelah mati.     

 

Al-Quran surah Al-Mukminun (surah ke-23) ayat 99-100   

 


حَتَّىٰ إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ

 

99. (Demikian keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: "Ya Tuhanku kembalikan aku (ke dunia),

 

لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ ۚ كَلَّا ۚ إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا ۖ وَمِنْ وَرَائِهِمْ بَرْزَخٌ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ

 

100. agar aku berbuat amal saleh yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu perkataan yang diucapkan saja. Dan di depan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan.

 

Catatan.

 

1)        Ada kehidupan setelah mati.

 

2)              Ibnu Kasir:

Orang mati tak bisa kembali sebelum kiamat.  

 

3)        Quraish Shihab:

Gambaran transisi alam.  

Alam akhirat di luar dimensi fisik.

 

Kesimpulan.

 

1)        Ayat Al-Qur’an yang tak bisa diuji oleh sains modern.

 

2)        Umumnya di ranah gaib dan nubuatan.

 

 

 

Sumber

1)        Tafsir Quran Perkata DR M Hatta.

2)        ChatGPT.

 

3)        Copilot.

4)        Cici.

 

5)        Claude.

6)        Grok.

 

 

 

0 comments:

Post a Comment