Organisasi Profesi Guru

Presiden Jokowi memberi hormat kepada Guru-Guru se Indonesia.

Tema Gambar Slide 2

Deskripsi gambar slide bisa dituliskan disini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan gambar slide yang anda pasang, edit slide ini melalui edit HTML template.

Tema Gambar Slide 3

Deskripsi gambar slide bisa dituliskan disini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan gambar slide yang anda pasang, edit slide ini melalui edit HTML template.

Thursday, March 16, 2017

30. Khutbah Iduladha Teladan Ibrahim

Khutbah Iduladha 1435 H ,5-10-2014
“MENELADANI NABI IBRAHIM AS”
Khutbah-1,
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الله أكبر ×9 لا إله إلا الله، والله أكبر ، الله أكبر ولله الحمد
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ.
أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُون  
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.
Allahu akbar (3x),Lailahaillallah, Allahu Akbar, Wa lillahilhamd.
      Allah Maha Besar, Maha Agung, Maha Hebat. Marilah kita renungkan, sekarang ini lebih dari 5 milyar manusia hidup di planet yang bernama bumi. Bumi yang kita tumpangi ini berputar pada dirinya sendiri dengan kecepatan sekitar 1.700 km per jam, artinya, dalam 1 jam menempuh jarak 1.700 km. Namun, kita tidak merasakannya, karena manusia ikut berputar dalam sebuah kendaraan bumi yang bergaris tengah sekitar 12.000 km. Selain itu, bumi juga mengelilingi matahari pada jarak sekitar 150 juta km dengan kecepatan sekitar 107.000 km per jam. Artinya, bumi kita ini berputar pada dirinya sendiri dan melesat di angkasa mengelilingi matahari. Matahari yang kita lihat setiap hari ini bergaris tengah sekitar 200 kali bumi.
Allahu akbar (3x),Lailahaillallah, Allahu Akbar, Wa lillahilhamd.
     Pernahkan kita bayangkan, bahwa matahari yang kita lihat sekarang ini adalah matahari 8 menit yang lalu, bukan matahari yang kita lihat sekarang. Karena jarak dari matahari ke bumi sejauh 150 juta km ditempuh cahaya dalam waktu 8 menit. Begitu juga, ketika kita melihat bintang yang berjarak 8 tahun cahaya. Bintang yang kita lihat itu bukanlah bintang yang sekarang, tetapi bintang 8 tahun lalu. Karena cahaya yang kita lihat telah menempuh perjalanan sejauh 8 tahun cahaya.
      Jadi, kalau pada malam hari kita mengamati langit. Sebenarnya kita bukan melihat langit yang sekarang saja. Tetapi, pada saat yang bersamaan juga melihat langit sekarang, langit 100 tahun lalu, langit 1000 tahun lalu. Subhanallah. Maha Suci Allah. Kita jadi merasa aneh dengan diri kita sendiri.
Allahu akbar (3x),Lailahaillallah, Allahu Akbar, Wa lillahilhamd.
      Menurut para ahli, ada bintang yang besarnya ribuan kali matahari kita. Setiap 100 milyar bintang disebut galaksi. Setiap 100 milyar galaksi disebut superkluster. Dan seterusnya, alam semesta ini belum diketahui batasnya. Bumi yang kita tempati ini bagaikan sebuah debu di padang pasir semesta. Di atas bumi yang bagaikan debu itulah lebih dari 5 milyar manusia  hidup dengan segala kegiatan dan kesombongannya. Subhanallah. Sungguh sangat kecil manusia dan luar biasa hebat Allah Yang Maha Kuasa.
Allahu akbar (3x),Lailahaillallah, Allahu Akbar, Wa lillahilhamd.
      Hari - hari ini para jamaah haji dari seluruh dunia. Lebih dari 4 juta orang. Sudah berkumpul di Mekah dan Madinah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji. Tanggal 8 zulhijah disebut hari Tarwiyah atau “hari perbekalan”. Karena pada saat itu, Rasulullah SAW dan para sahabat menyiapkan bekal untuk melaksanakan wukuf di Arafah pada tanggal 9 Zulhijah. Tanggal 10 Zulhijah adalah hari raya Iduladha. Sedangkan tanggal 11, 12, dan 13 Zulhijah disebut hari Tasyrik. Hari-hari tersebut adalah hari istimewa di sisi Allah SWT. Untuk mengenang peristiwa tersebut Allah SWT mensyariatkan  ibadah haji, salat Iduladha, dan ibadah qurban.
Peristiwa tersebut ringkasnya sebagai berikut:
      Karena Nabi Ibrahim as tidak senang melihat manusia menyembah berhala, maka berhala tersebut dihancurkan. Akhirnya, Nabi Ibrahim ditangkap dan dibakar dalam api yang bergejolak. Tetapi, api tersebut terasa menjadi sejuk.
         
Artinya :” Hai api, jadilah engkau dingin, dan selamatkan Ibrahim”. QS Al-Ambiya (21:69)
      Karena tidak mati dibakar, lalu Raja Namrud memerintahkan menangkap dan membunuhnya. Nabi Ibrahim hijrah ke Palestina, lalu ke Mesir, dan kembali ke Palestina lagi. Setelah berumur hampir 100 tahun. Nabi Ibrahim belum mempunyai anak, maka Sarah menganjurkan Nabi Ibrahim menikah dengan budaknya yang bernama Hajar. Kemudian lahirlah bayi Ismail. Sarah meminta Nabi Ibrahim, Hajar, dan bayi Ismail meninggalkannya sendirian.
      Setelah berhari-hari berjalan ke selatan, akhirnya Nabi Ibrahim, Hajar, dan bayi Ismail tiba di padang tandus yang tidak berpenghuni, tidak ada air, tidak ada pepohonan. Pada saat itu datanglah perintah dari Allah Swt agar Nabi Ibrahim kembali ke Palestina karena Istrinya yang sudah sangat tua sangat rindu kepadanya. Hajar dan Ismail yang masih bayi terpaksa ditinggal di padang tandus, hanya dengan bekal seadanya, tanpa teman, dan tumbuhan. Hajar rela ditinggalkan jika itu memang perintah dari Allah Swt. Hanya menyerahkan nasibnya kepada Allah Swt .
      Setelah Hajar dan bayi Ismail kehabisan bekal air dan makanan, maka setiap saat siang dan malam, dia melemparkan pandangan sejauh-jauhnya untuk melihat orang yang lewat untuk dimintai air dan makanan. Ismail ditidurkan di dalam tenda, Hajar mondar mandir di bukit Sofa dan Marwa. Tetapi, tidak nampak seorang pun. Ketika Hajar sudah sangat letih, haus, dan lapar. Hajar dengan menggendong anaknya, berdoa kepada Allah SWT agar diberi seteguk air. Pada saat kritis tersebut, Hajar melihat pasir yang berada dekat kaki Ismail tampak basah, pasir yang basah tersebut dikeruk dengan tangan, makin ke bawah makin basah. Akhirnya timbul mata air yang jernih. Hajar dan Ismail minum sepuasnya. Itulah telaga Zam-zam.  
      Karena sumber air tersebut, semua burung padang pasir datang datang ke tempat tersebut. Dengan petunjuk burung-burung tersebut, para musafir dan kafilah juga mendatanginya. Akhirnya, Hajar dan Ismail dianggap pemilik sumber yang tidak pernah kerimng tersebut, makin lama makin ramai dan menjadi sebuah kota. Kota ini sekarang disebut Mekah.
      Bertahun-tahun kemudian, Ibrahim datang mencari anak dan istrinya. Mereka bertemu di luar kota Mekah, yang sekarang disebut Padang Arafah. Ketika  kembali ke Mekah, mereka berhenti di Muzdalifah. Pada malam itu Nabi Ibrahim bermimpi diperintah Allah SWT untuk menyembelih Ismail, anaknya. Pagi harinya, mimpi tersebut disampaikan kepada Ismail.
                              
Artinya: “Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim. Ibrahim berkata: "Hai anakku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu?" Ismail menjawab, "Hai Bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu. Insyaallah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar." QS Asshoffat(37:102).
Allahu akbar (3x),Lailahaillallah, Allahu Akbar, Wa lillahilhamd.
      Mereka berangkat berdua menuju Mina untuk melakukan penyembelihan. Dalam perjalanan mereka mendapatkan gangguan di tiga lokasi yang berbeda. Penghalang tersebut mereka lempari dengan batu kerikil. Lemparan tersebut sekarang dikenal dengan Jumrah Ula, Jumrah Wustha, dan Jumlah Aqabah.
      Ketika Nabi Ibrahim bersiap menggeser pedang ke leher Ismail yang berbaring, tiba-tiba muncullah Malaikat Jibril membawa seekor kibas.
                                                          
Artinya, ” Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya ). Kami panggil dia, "Hai Ibrahim, sungguh kamu telah membenarkan mimpi itu. Sesungguhnya, demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. Kami abadikan untuk Ibrahim itu (pujian yang baik) di kalangan orang-orang yang datang Kemudian. Yaitu, "Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim". Demikianlah, Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.” QS As-Shaffat(37-110).
Allahu akbar (3x),Lailahaillallah, Allahu Akbar, Wa lillahilhamd.
      Ketaatan Nabi Ibrahim, Hajar, dan Ismail  kepada Allah Swt adalah peristiwa hebat di permukaan bumi ini. Nabi Ibrahim rela meninggalkan anak istrinya di padang tandus. Hajar ikhlas ditinggal sendirian. Nabi Ibrahim rela menyembelih anak tunggalnya, dan Ismail sanggup menyerahkan lehernya untuk disembelih. Bukti kepatuhan yang tidak ada bandingnya di muka bumi sampai kiamat kelak.
Allahu akbar (3x),Lailahaillallah, Allahu Akbar, Wa lillahilhamd.
      Secara harfiah ‘Iduladha bermakna Hari Raya Kurban. Disebut demikian karena dimaksudkan untuk mengingat pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan keluarganya untuk dicontoh, diteladani, dan diwujudkan nilai-nilainya oleh orang-orang yang beriman.
      Makna berkurban ini tergambar dalam penyembelihan hewan kurban itu sendiri;
1) berniat hanya karena Allah ,
2) yang sampai kepada Allah bukan darah atau daging hewan kurban, tetapi keimanan dan ketakwaan orangnya,
3) daging kurban  dibagi secara adil terutama kepada mereka yang membutuhkan sebagai upaya meningkatkan kebersamaan solidaritas sosial,
4) berkurban sebagai rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah,
5) pahalanya untuk orang yang berkurban dan untuk semua pihak yang membantu.

Allahu Akbar 3x Walillah al-Hamd
      Semoga kita semua beserta anak cucu kita diberi kesempatan dan kemampuan oleh Allah Swt bisa menunaikan ibadah haji ke Mekah dan mengunjungi tanah suci Madinah. Amin Ya Robbal Alamin.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ
وَ نَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلأَيَاتِ وَ ذِكْرِ الْحَكِيْمِ
وَتَقَبَّلَ مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ
Duduk

Khutbah-2
الله أكبر ×3 لا إله إلا الله، والله أكبر ، الله أكبر ولله الحمد
إِنَّ الْحَمْدَ للهِ نَحْمَدُهُ وَ نَسْتَعِيْنُهُ وَ نَسْتَغْفِرُهُ وَ نَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَاِلنَا مَنْ يَهْدِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَ مَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ
أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى     مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ    مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى     إِبْرَاهِيْمَ
وَعَلَى آلِ    إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْد
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُون  
. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَ الْمُؤْمِنَاتِ وَ الْمُسْلِمِيْنَ وَ الْمُسْلِمَاتِ اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ
وَ الْأَمْوَاتِ اِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعْوَاتِ وَ قَاضِيَ الْحَاجَاتِ.
اَللَّهُمَّ رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَ هَبْلَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ. رَبَّنَا لَا تَجْعَلْ فِى قُلُوْبَنَا غِلًّا لِلَّذِيْنَ اَمَنُوْا رَبَّنَا اِنَّكَ رَؤُوْفٌ رَّحِيْمٌ. رَبَّنَا هَبْلَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَ ذُرِّيَّتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَ اجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا.
رَبَّنَا اَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَ فِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَ قِنَا عَذَابَ النَّارِ.
وَ الْحَمْدُِ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيتَآئِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ
واسئلوه من فضله يعتكم, ولذكر الله اكبر

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Selesai--

33. Kode Etik Guru

KODE ETIK GURU
SMP NEGERI 1 BALONGBENDO, SIDOARJO

1. Hubungan Guru dengan Peserta Didik
a. Guru berperilaku secara profesional dalam melaksanakan tugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran.
b. Guru membimbing peserta didik untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan hak-hak dan kewajibannya sebagai individu, warga sekolah, dan anggota masyarakat.
c. Guru mengakui bahwa setiap peserta didik memiliki karakteristik secara individual dan masing-masingnya berhak atas layanan pembelajaran.
d. Guru menghimpun informasi tentang peserta didik dan menggunakannya untuk kepentingan proses kependidikan.
e. Guru secara perseorangan atau bersama-sama secara terus menerus berusaha menciptakan, memelihara, dan mengembangkan suasana sekolah yang menyenangkan sebagai lingkungan belajar yang efektif dan efisien bagi peserta didik.
f. Guru menjalin hubungan dengan peserta didik yang dilandasi rasa kasih sayang dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan fisik yang di luar batas kaidah pendidikan.
g. Guru berusaha secara manusiawi untuk mencegah setiap gangguan yang dapat mempengaruhi perkembangan negatif bagi peserta didik.
h. Guru secara langsung mencurahkan usaha-usaha profesionalnya untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan keseluruhan kepribadiannya, termasuk kemampuannya untuk berkarya.
i. Guru menjunjung tinggi harga diri, integritas, dan tidak sekali-kali merendahkan martabat peserta didiknya.
j. Guru bertindak dan memandang semua tindakan peserta didiknya secara adil.
k. Guru berperilaku taat asas kepada hukum dan menjunjung tinggi kebutuhan dan hak-hak peserta didiknya.
l. Guru terpanggil hati nurani dan moralnya untuk secara tekun dan penuh perhatian bagi pertumbuhan dan perkembangan peserta didiknya.
m. Guru membuat usaha-usaha yang rasional untuk melindungi peserta didiknya dari kondisi-kondisi yang menghambat proses belajar, menimbulkan gangguan kesehatan, dan keamanan.
n. Guru tidak membuka rahasia pribadi peserta didiknya untuk alasan-alasan yang tidak ada kaitannya dengan kepentingan pendidikan, hukum, kesehatan, dan kemanusiaan.
o. Guru tidak menggunakan hubungan dan tindakan profesionalnya kepada peserta didik dengan cara-cara yang melanggar norma sosial, kebudayaan, moral, dan agama.
p. Guru tidak menggunakan hubungan dan tindakan profesional dengan peserta didiknya untuk memperoleh keuntungan-keuntungan pribadi.

2. Hubungan Guru dengan Orangtua/Wali Murid
a. Guru berusaha membina hubungan kerjasama yang efektif dan efisien dengan orangtua/wali siswa dalam melaksanakan proses pendidikan.
b. Guru memberikan informasi kepada orangtua/wali siswa secara jujur dan objektif mengenai perkembangan peserta didik.
c. Guru merahasiakan informasi setiap peserta didik kepada orang lain yang bukan orangtua/walinya.
d. Guru memotivasi orangtua/wali siswa untuk beradaptasi dan perpartisipasi dalam memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan.
e. Guru berkomunikasi secara baik dengan orangtua/wali siswa mengenai kondisi dan kemajuan peserta didik dan proses kependidikan pada umumnya.
f. Guru menjunjung tinggi hak orangtua/wali siswa untuk berkonsultasi dengannya berkaitan dengan kesejahteraan, kemajuan, dan cita-cita anak atau anak-anak akan pendidikan.
g. Guru tidak melakukan hubungan dan tindakan profesional dengan orangtua/wali siswa untuk memperoleh keuntungan-keuntungan pribadi.
h. Guru tidak menampilkan diri secara eksklusif dalam kehidupan bermasyarakat.

3. Hubungan Guru dengan Masyarakat
a. Guru menjalin komunikasi dan kerjasama yang harmonis, efektif, dan efisien dengan masyarakat untuk memajukan dan mengembangkan pendidikan.
b. Guru mengakomodasikan aspirasi masyarakat dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran.
c. Guru peka terhadap perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat.
d. Guru bekerjasama secara arif dengan masyarakat untuk meningkatkan prestise dan martabat profesinya.
e. Guru melakukan semua usaha untuk secara bersama-sama dengan masyarakat berperan aktif dalam pendidikan dan meningkatkan kesejahteraan peserta didiknya.
f. Guru memberikan pandangan profesional, menjunjung tinggi nilai-nilai agama, hukum, moral, dan kemanusiaan dalam berhubungan dengan masyarakat.
g. Guru tidak membocorkan rahasia sejawat dan peserta didiknya kapada masyarakat.

4. Hubungan Guru dengan Sekolah dan Rekan Sejawat
a. Guru memelihara dan meningkatkan kinerja, prestasi, dan reputasi sekolah.
b. Guru memotivasi diri dan rekan sejawat secara aktif dan kreatif dalam melaksanakan proses pendidikan.
c. Guru menciptakan suasana sekolah yang kondusif.
d. Guru menciptakan suasana kekeluargaan di dalam dan luar sekolah.

e. Guru menghormati rekan sejawat.
f. Guru saling membimbing antar sesama rekan sejawat.
g. Guru menjunjung tinggi martabat profesionalisme dan hubungan kesejawatan dengan standar dan kearifan profesional.
h. Guru dengan berbagai cara harus membantu rekan-rekan yuniornya untuk tumbuh secara profesional dan memilih jenis pelatihan yang relevan dengan tuntutan profesionalitasnya.
i. Guru menerima otoritas kolega seniornya untuk mengekspresikan pendapat-pendapat profesional berkaitan dengan tugas-tugas pendidikan dan pembelajaran.
j. Guru membasiskan diri pada nilai-nilai agama, moral, dan kemanusiaan dalam setiap tindakan profesional dengan sejawat.
k. Guru memiliki beban moral untuk bersama-sama dengan sejawat meningkatkan kefektifan pribadi sebagai guru dalam menjalankan tugas-tugas profesional pendidikan dan pembelajaran.
l. Guru mengoreksi tindakan-tindakan sejawat yang menyimpang dari kaidah-kaidah agama, moral, kemanusiaan, dan martabat profesionalnya.
m. Guru tidak mengeluarkan pernyataan keliru berkaitan dengan kualifikasi dan kompetensi sejawat atau calon sejawat.
n. Guru tidak melakukan tindakan dan mengeluarkan pendapat yang akan merendahkan martabat pribadi dan profesional sejawatnya.
o. Guru tidak mengoreksi tindakan-tindakan profesional sejawatnya atas dasar pendapat siswa atau masyarakat yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
p. Guru tidak membuka rahasia pribadi sejawat kecuali untuk pertimbangan-pertimbangan yang dapat dilegalkan secara hukum.
q. Guru tidak menciptakan kondisi atau bertindak yang langsung atau tidak langsung akan memunculkan konflik dengan sejawat.

5. Hubungan Guru dengan Profesi
a. Guru menjunjung tinggi jabatan guru sebagai sebuah profesi.
b. Guru berusaha mengembangkan dan memajukan disiplin ilmu pendidikan dan mata pelajaran yang diajarkan.
c. Guru terus menerus menignkatkan kompetensinya.
d. Guru menjunjung tinggi tindakna dan pertimbangan pribadi salam menjalankan tugas-tugas professional dan bertanggung jawab atas konsekuensinya.
e. Guru menerima tugas-tugas sebagai bentuk tanggung jawab, inisiatif individual, dan integritas dalam tindakan-tindakan profesional lainnya.
f. Guru tidak melakukan tindakan dan mengeluarkan pendapat yang akan merendahkan martabat profesionalnya.
g. Guru tidak menerima janji, pemberian, dan pujian yang dapat mempengaruhi keputusan atau tindakan-tindakan profesionalnya.
h. Guru tidak mengeluarkan pendapat dengan maksud menghindari tugas-tugas dan tanggung jawab yang muncul akibat kebijakan baru di bidang pendidikan dan pembelajaran.

6. Hubungan Guru dengan Organisasi Profesinya
a. Guru menjadi anggota organisasi profesi guru dan berperan serta secara aktif dalam melaksanakan program-program organisasi bagi kepentingan kependidikan.
b. Guru memantapkan dan memajukan organisasi profesi guru yang memberikan manfaat bagi kepentingan kependidikan.
c. Guru aktif mengembangkan organisasi profesi guru agar menjadi pusat informasi dan komunikasi pendidikan untuk kepentingan guru dan masyarakat.
d. Guru menjunjung tinggi tindakan dan pertimbangan pribadi dalam menjalankan tugas-tugas organisasi profesi dan bertanggung jawab atas konsekuensinya.
e. Guru menerima tugas-tugas organisasi profesi sebagai suatu bentuk tanggung jawab, inisiatif individual, dan integritas dalam tindakan-tindakan profesional lainnya.
f. Guru tidak melakukan tindakan dan mengeluarkan pendapat yang dapat merendahkan martabat dan eksistensi organisasi profesinya.
g. Guru tidak mengeluarkan pendapat dan bersaksi palsu untuk memperoleh keuntungan pribadi dari organisasi profesinya.
h. Guru tidak menyatakan keluar dari keanggotaan sebagai organisasi profesi tanpa alasan yang dapat dipertanggungjawabkan.

7. Hubungan Guru dengan Pemerintah
a. Guru memiliki komitmen kuat untuk melaksanakan program pembangunan bidang pendidikan sebagaimana ditetapkan dalam UUD 1945, UU tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-undang tentang Guru dan Dosen, dan ketentuan perundang-undangan lainnya.
b. Guru membantu program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan yang berbudaya.
c. Guru berusaha menciptakan, memelihara dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
d. Guru tidak menghindari kewajiban yang dibebankan oleh pemerintah atau satuan pendidikan untuk kemajuan pendidikan dan pembelajaran.
e. Guru tidak melakukan tindakan pribadi atau kedinasan yang berakibat pada kerugian Negara.
Balongbendo, 1 Juli 2014
Kepala SMP Negeri 1 Balongbendo,

Drs. H. Yusron Hadi, MM
NIP : 19570925 197803 1 008

34. Kode Etik Sekolah

KODE ETIK SMP NEGERI 1 BALONGBENDO, SIDOARJO
1. Semua warga sekolah wajib selalu berusaha melaksanakan tugasnya dengan optimal, ikhlas, semangat, dan bertanggung jawab.
2. Semua warga sekolah wajib selalu berusaha mengembangkan kemampuan dirinya melalui segala sumber belajar sesuai dengan perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi.
3. Semua warga sekolah wajib menjaga nama baik diri sendiri, keluarga, dan sekolah.
4. Semua warga sekolah wajib selalu menampilkan kebanggaannya tentang sekolah dalam setiap tindakan, tulisan, dan ucapannya.
5. Semua warga sekolah wajib saling menghormati tugas dan fungsinya masing-masing.
6. Semua warga sekolah wajib menghargai perbedaan pendapat dan berusaha mengatasinya dengan empati dan santun.
7. Semua warga sekolah dilarang saling menghina, dan merendahkan dalam setiap tindakan, tulisan, dan ucapannya.
8. Semua warga sekolah wajib menciptakan suasana kerja yang kondusif dan menjaga keharmonisan.
9. Hal-hal yang belum diatur, akan dimusyawarahkan kemudian.
Balongbendo, 1 Juli 2014
Kepala SMP N 1 Balongbendo,

Drs. H. YUSRON HADI, M.M.
NIP. 19570925 197803 1 008

35. Seleksi Pamong 2017

Pengangkatan Perangkat Desa Panjunan Sukodono Sidoarjo 2017
A. Jadwal
1. Pendaftaran: 23 - 26 Maret 2017.
2. Seleksi administrasi: 29 Maret – 7 April 2017.
3. Ujian di BKN Waru: 12-4-2017.
4. Usulan Hasil Ujian ke Kecamatan: 18 April – 27 April 2017.
5. Pelantikan: 2 – 21 Mei 2017.

B. Syarat
1. Ijazah SMA sederajat
2. Umur 20 sampai 42 tahun.
3. Syarat lain bisa dilihat di balai desa.

C. Jumlah Perangkat  Yang Dibutuhkan
1. Kasi Pelayanan: 1 orang
2. Kasi Kesra: 1 orang.
3. Kaur Perencanaan:1 orang.
4. Kaur Keuangan: 1 orang.
5. Kaur TU Umum: 1 orang.
6. Kasun Desa Panjunan: 1 orang

Panjunan,10 Maret 2017
Ketua Panitia,
Drs. H. Yusron Hadi, MM

36. Panitia Pilpamong 2017

Panitia Pengangkatan Perangkat Desa Panjunan 2017
1. Ketua : Drs. H. Yusron Hadi, MM
2. Wakil : Drs. M. Mahfud
3. Sekretaris: Teguh Hariyanto
4. Bendahara: A. Miftah Kurniawan
5. Seksi Penjaringan: Harto, SH
6. Seksi Penyaringan: HM Arifin, S Ag
7. Seksi Perlengkapan Umum: Rosidah
Panjunan, 10 November 2016
Kepala Desa Panjunan,
AHWAN, SH

Friday, March 10, 2017

12.KARYA TULIS YUSRON HADI

KARYA TULIS YUSRON HADI, KARYA PENGEMBANGAN PROFESI
1.       Judul tulisan yang dimuat media massa adalah sebagai berikut :
2.       Guru : Dulu, Sekarang, dan Masa Depan.
3.       Majalah Media bulan Oktober 2002 halaman 18 …………….…………………….1
4.       Otak Manusia dan Komputer.
5.       Majalah Media bulan Desember 2002    halaman 6,7, dan 8 …………………….2
6.       Guru Wajib dan Guru Haram di Sekolah Kita.
7.       Majalah Media bulan Februari 2003  halaman 6,dan 7 …………………………...3
8.       Kreatifitas ‘Makhluk’ Apakah Itu ?
9.       Majalah Media bulan Maret 2003 halaman 5, dan 6 ………………………………4
10.   Hemat Peralatan Rumah Tangga.
11.   Tabloid Pena bulan April 2003 halaman 18 ……..………………………………….5
12.   Cara Mengkritik dan Menerima Kritik yang Baik.
13.   Majalah Media bulan Mei 2003 halaman 29,30, dan 31 .….……………………...6
14.   Mengembangkan Bakat, Minat, dan Kreatifitas Siswa.
15.   Majalah Media bulan Juni 2003 halaman 30,31, dan 34 ………………………….8
16.   Gaya Hidup Sehat .
17.   Tabloid Pena bulan Juni 2003 halaman 15 ..……………………………………….9
18.   Rokok Pintu Masuk ke Narkoba.
19.   Majalah Media bulan Juli 2003 halaman 47,48, dan 50 ..………………………..10
20.   Menyembuhkan Penyakit Minder.
21.   Majalah Media bulan Agustus 2003 halaman 59,60, dan 61…………………….12
22.   Masalah Anak dan Gaya Orang Tua.
23.   Majalah Media bulan Agustus 2003 halaman 63,64,65, dan 66 ...…………….. 15
24.   Guru Yang Menyenangkan .
25.   Majalah Media bulan September 2003 halaman 8,dan 9 ………………………..19
26.   Mengatasi Siswa Yang Suka Berbicara.
27.   Majalah Media bulan Oktober 2003 halaman 52,dan 53 ….……….……………21
28.   Gaya Orang Tua Mendidik Anak.
29.   Tabloid Pena bulan November 2003 halaman 18 …..……………………………23
30.   Menjaga Kesehatan Tubuh Kita.
31.   Majalah Media bulan Desember 2003 halaman 56,57, dan 58 …..…………….24
32.   Mengapa Tubuh Kita Sakit
33.   Majalah Media bulan Januari 2004 halaman 61,62, dan 63 …………………….26
34.   Bantuan Pernapasan Darurat
35.   Tabloid Pena bulan  Mei 2004 halaman  15 ………………………………………29
36.   Memperlambat Penuaaan
37.   Majalah Media bulan Juli 2004 halaman  64,65, dan 67 ………………………...30
38.   Memperlambat Penuaan
39.   Tabloid Pena bulan Agustus 2004, halaman  15 ………………………………….32
40.   Cara Merawat Gigi
41.   Tabloid Pena bulan November 2004, halaman  15 ……………………………….33
42.   Sekolah Unggul.
43.   Tabloid Pena bulan Januari 2005 halaman 7……………………………………..34
44.   Senjata Melawan kencing Manis.
45.   Tabloid Pena bulan Februari 2005 halaman 15 …………………………… …….35
46.   Mencegah Tekanan Darah Tinggi.
47.   Majalah Media bulan November 2004 halaman 59,60,61,62,63 ……………….36
48.   Guloh Sisar Senjata Melawan Kencing Manis.
49.   Majalah Media bulan Januari 2005 halaman 62,63,64, dan 67 ………………...41
50.   Cara Mencegah Penularan AIDS.
51.   Tabloid Pena bulan Maret 2005 halaman 15 ……………………………………...44
52.   Keistimewaan Hajar Aswad.
53.   Tabloid Pena bulan Mei 2005 halaman ……………………………………………45
54.   Menghindari Dampak Negatif Televisi.
55.   Tabloid Pena bulan September 2005 halaman 7…………………………………46
56.   Binatang pun Mempunyai Bahasa.
57.   Tabloid Pena bulan November 2005 halaman 9 ………………………………… 47
58.   Hukuman yang Efektif.
59.   Tabloid Pena bulan Januari 2006 halaman 7 ………………………… …………..48
60.   Menghindari Flek Paru.
61.   Tabloid Pena bulan Maret 2006 halaman 15…………………… …………………49
62.   Mangatasi Anak Pemalu. 
63.   Tabloid Pena bulan Maret 2006 halaman 18 ……………………………………..50
64.   Menanggulangi Mata Juling.
65.   Tabloid Pena bulan April 2006 halaman 15 ……………………………….……….51
66.   Gaya belajar Visual, Auditorial dan Kinestetik.
67.   Tabloid Pena bulan September 2006 halaman 6 …………………………………52
68.   Mengatasi Jamur Kulit.
69.   Tabloid Pena bulan September 2006 halaman 15 ……………………………….53
70.   Kelemahan Persendian Manusia.
71.   Majalah Media bulan Januari 2007 halaman 77,80……………………………….54
72.   Menghindari Influensa.
73.   Majalah Media bulan Februari 2007 halaman 77,78 ……………………………..55
74.   Pertengkaran Orang Tua Berpengaruh Pada Perkembangan Anak.
75.   Tabloid Pena bulan Maret 2007 halaman 18 …………………...………………...56
76.   Orang tua Otoriter, anak bisa gagap.
77.   Tabloid Pena edisi bulan Mei 2007 halaman 18 ................................................57
78.   Iklim Sekolah yang Positif.
79.   Majalah Widya bulan Juli 2007 halaman 23, dan 24 ..........................................59
80.   Keunggulan dan Kelemahan Penilaian Portofolio.
81.   Majalah Widya edisi bulan Agustus 2007 halaman    .........................................60
82.   Keterangan
83.   Majalah Media adalah majalah bulanan yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur Jalan Genteng Kali 85 Surabaya, dengan nomor ISSN 1693-3125.
84.   Tabloid Pena adalah tabloid bulanan yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, dengan nomor ISSN 1693-9468.

85.   Majalah Widya adalah majalah yang diterbitkan oleh CV Widya Utama Surabaya dengan nomor ISSN

4. RIWAYAT JABATAN YUSRON HADI


1.       Surat Tugas Penempatan. No : 136/I.04.4.2/ GTT/78 tgl 1-3-1978. SK pejabat Kepala Bidang Pendidikan Menengah Umum Kepala Sub Bidang Tenaga Teknis.Kanwil Dibud Prop Jatim ( mulai masuk kerja :21-3-1978).
2.       Calon PNS di SMPN 1 Sidoarjo, tmt:1-3-1978, golongan II a, gaji pokok: Rp16.900, sk pejabat: Mendikbud, Nomor: 3905 / C / 2 / 1978, tgl: 18-5-1978.
3.       PNS di SMPN 1 Sidoarjo, tmt:1-5-1979, golongan II a, gaji pokok: Rp 21.700, SK pejabat Kanwil Jatim, Nomor: C 4109 / I04.1.2 / C 9. 79 / 1978 / SK, tgl: 25-4-1978.
4.       Berita acara pengambilan sumpah PNS :No 235/SPNS/KW/79, tgl 11-3-1979, pengambil sumpah : Soeroto,Kepala Bidang PMU Kanwil Dep P &K Prop Jatim.
5.       Berkala, tmt 1-3-1980, golongan II/a, gaji pokok Rp23.400, sk pejabat: Ka SMPN 1 Sidoarjo, no: 016 / II.04.10 / SMP.1. Sdj, tgl 10-1-1980.
6.       Karpeg ( kartu PNS),No A 149929, tmt 1-3-1978, sk pejabat Ka BAKN tgl 15-11-1980.
7.       Mutasi ke SMPN Juanda, tmt 1-12-1981, golongan II a, gaji pokok Rp 23.400, SK Pejabat: Kanwil Jatim, Nomor C.7208 / I04.1.2 / C 3.81 / SK, tgl 13-1-1981.
8.       Berkala, tmt 1-3-1982, golongan  II a, gaji pokok Rp 25.600, Sk pejabat: Ka SMPN Juanda, Nomor: 10 / I04.SMP.J / C / 83 / SK, tgl 2-1-1982.
9.       Naik Tingkat, tmt 1-4-83, gol: II b, gaji pokok: Rp 29.300, Sk pejabat: kanwil Jatim, No: C.5007 / I04. 1.2 / C / 83 / SK, tgl: 6-9-1983.

10.   Kartu peserta Taspen, No/NIP : 130684046, SK Pejabat Direksi PT Taspen tgl 13-8-1984.
11.   Berkala, tmt:1-3-85, gol:II b, gaji pokok:Rp 31.700, sk pejabat: Ka SMPN Juanda, no: 07 / I04.10 / SMP.J / C / 85, tgl: 2-2-1985.
12.   Penyesuaian gaji (Impassing), tmt: 1-4-85, gol:IIb, gaji pokok: Rp 78.800, sk pejabat: kanwil Jatim. No: 11 / I04.7 / C.27 / 85, tgl: 31-7-1985.
13.   Mutasi ke SMPN 1 Sukodono, tmt: 1-8-86, gol: II b, gaji pokok: Rp 78.800, sk pejabat: kanwil Jatim, No: 12862 / I04./ C / 86 / SK, tgl 28-7-1986.
14.   Berkala, tmt 1-3-87, gol II b, gaji pokok Rp 84.800, sk pejabat Ka SMPN 1 Sukodono, No: 48 / I04.10 / SMP.23 / B / 87, tgl 7-4-1987.
15.   Naik tingkat, tmt 1-4-87, gol II c, gaji pokok Rp 89.500, sk pejabat Ka BAKN, No: 000243 / kep / X.51 / 87 / 13, tgl 11-2-1987.
16.   Naik Pangkat (penyesuaian ijasah), tmt 1-4-88, gol III a, gaji pokok; Rp 96.000, sk pejabat Ka BAKN, No: 00067 / kep / kw. 11 / 88 / X. 51, tgl 23-7-1988.
17.   Berkala, tmt 1-3-89, gol III a, gaji pokok Rp 103.500, sk pejabat Ka SMPN 1 Sukodono, No 32/ I04.10 / SMP.23 /B / 89, tgl 1-2-89.
18.   Penyesuaian angka kredit untuk  jabatan guru, No 13021933/A2/IMP-SLTP/1990, mulai 1-4-1990, SK Pejabat Kepala Bagian Kepegawaian Kanwil Depdikbud Prop Jatim tgl 31-3-1990.
19.   Berkala, tmt 1-3-91, gol III a, gaji pokok Rp 111.000, sk pejabat Ka SMPN 1 Sukodono, No 621 / I04.10 / SMP.23 / B / 91, tgl 28-1-1991.
20.   Naik tingkat, tmt 1-4-91, gol III b, gaji pokok Rp 116.400, sk pejabat Ka BAKN No 1309191 / kep / 13 / 91, tgl 3-8-1991.
21.   Berkala, tmt 1-3-93, gol III b, gaji pokok Rp 228.000, sk pejabat Ka SMPN 1 Sukodono, No 1118 / I04.10 / SMP.23 / B / 93, tgl 2-2- 1993.
22.   Penetapan angka kredit, No 19232 / I04 / C / 1993 / PAK,masa penilaian 1-12-90 sd 31-8-93, menjadiGuru Dewasa ( III c), sk pejabat kakanwil Jatim tgl 16-7-1993.
23.   Naik tingkat, tmt 1-10-1993, gol III c, gaji pokok Rp 235.800, sk pejabat Ka BAKN,  Nomor. II- 13.13 / 18242 / kep / X / 93, tgl 30-9 1993.
24.   Berkala, tmt 1-3-95, gol III c, gaji pokok Rp 251.400, sk pejabat Ka SMPN 1 Sukodono, No. 428 / I04.10 / SMP.23 / C / 95, tgl 30-1-1995.
25.   Penetapan angka kredit, No 12504/I04/C/96/PAK masa penilaian 1-7-93 sd 29-2-96, menjadi Guru Dewasa Tk 1 / IIId, SK pejabat Koordinator Urusan AdministrasiKanwil prop Jatim tgl 29-2-1996.
26.   Naik tingkat, tmt 1-4-96, gol III d, gaji pokok Rp 260.000, sk pejabat Ka BAKN No II.13-13 / 42007 / kep / W / 96 / I, tgl 30-7-1996.
27.   Berkala, tmt 1-3-97, gol III d, gaji pokok Rp 276.400, sk pejabat Ka SMPN 1 Sukodono, No 916 / I04. 10 / SMP.23 / Kp / 97, tgl 4-1-1997.
28.   Berkala, tmt 1-3-99, gol III d, gaji pokok Rp 401.900, sk pejabat Ka SMPN 1 Sukodono, No 1454 / I04.10 / SLTP.23 / Kp / 99, tgl 1-2-99.
29.   Penetapan angka kredit, No 113690/I04/KP/1998/PAK, menjadi Guru Pembina / IV a, sk pejabat kakanwil prop Jatim tgl 31-10-1998.

30.   Naik tingkat, tmt 1-4-99, gol IV a, gaji pokok Rp 418.900, sk pejabat Ka BAKN No II.13-13 / 42013 / kep / IV / 99 / I, tgl 26-2-1999.
31.   PNS Kab Sda, tmt 1-1-2001, gol IV a, gaji pokok -, Sk pejabat Ka BAKN, No 51-35.15 / 0001 / Kep / R.II / 13, tgl 8-2-2001.
32.   Berkala, tmt 1-3-2001, gol IV a, gaji pokok Rp 438.900, sk pejabat Ka SMPN 1 Sukodono, No : 1914 / I04.10 / SLTP.23 / Kp / 01, tgl 13-1-2001.
33.   Ka SMPN 3 Porong, tmt 5-3-2002, gol IV a, tunjangan Rp 337.500, sk pejabat Bupati Sda, No 821.1 / 38 / 404. 4.5 / 2002, tgl 7-3-2002.
34.   Berita acara serah terima Ka SMPN 3 Porong, Sk pejabat Kadin Pendidikan Kab Sda tagl 28-3-2002.
35.   Penetapan naik pangkat No 7964/A2.II.3/ KP/ 2001, menjadi Guru Pembina Tingkat 1 / IV b, sk pejabat Kepala Biro kepegawaian a.n. Mendiknas tgl 5-11-2001,
36.   Penetapan angka kredit, No 286/C1/Kep/KP/2001, menjadi Pembina Tingkat 1 / IV b,  sk pejabat sekretaris dirjen dikdasmen a.n mendiknas tgl 31-10-2001
37.   Naik tingkat, tmt 1-4-2002, gol IV b, gaji pokok Rp 1.134.500, sk pejabat Bupati Sidoarjo, No 823.4 / 177 /404.4.5 / 2001, tgl 25-6-2002.
38.   Berkala, tmt 1-3-2003, gol IV b, gaji pokok Rp 1.162.000, sk pejabat Kadin Pendidikan Kab Sda, No 822 / 352 / 404.3.14 / 2003, tgl 1-3-2003.
39.   Ka SMPN 1 Jabon, tmt 17-2-2004, gol IV b, tunjangan Rp 425.100, sk pejabat Bupati Sidoarjo no 821.2 / 169 / 404.4.5 / 2004, tgl 17-2-2004. Sk Baperjakat No 821.2 / 01 / BPJK/ 2004, tgl 16-2-2004, (masuk  8-3-2004).
40.   Berkala, tmt 1-3-2005, gol IV b, gaji pokok Rp 1.422.400, sk pejabat Kadin Pendidikan Kab Sda, No 822.4 / 1396 / 404.3.14 / 2005, tgl 14-1- 2005.
41.   Berkala, tmt 1-3-2007, No 822.4 / 404.3.14 / 2007, gol IV b, gaji pokok Rp1.422.400, sk pejabat Kadin       Pendidikan kab. Sda tgl 1-2-2007.
42.   Ka SMPN 2 Buduran, tmt 3-4-2007, gol IV b, tunjangan Rp 468.000, sk Bupati no 821.2 / 57/ 404.4.5 / 2007, tgl 3-4-2007, sk Baperjakat 821.2 /   08 /       BPJK / 2007, 6tgl 02-04-2007, (masuk 16-4-2007).
43.   Sertifikat Pendidik profesional matematika no.140709411841 tgl 21-2-2008 berdasarkan surat         mendiknas no.057/404.4.5/2007 sk pejabat Rektor Unesa selaku ketua Rayon 14 no.        Lembaran 0011841.
44.   NIP Baru tmt 6-10-2008 sk ka BKN no 0001/KV/II/23515/2008 NIP lama : 130684046, NIP baru : 19570925 197803 1 008, oleh ka kantor regional II BKn.
45.   Kartu PNS elektronik. Tmt 22-12-2008. Badan Kepegawaian Negara
46.   Berkala, 1-3-2009, sk kadin pendidikan kab sidoarjo no.822.4/340/404.3.14/2009 tgl 28-1-2009
47.   Gaji pokok baru, gol IV b, gaji pokok Rp 2.453.200, masa kerja 28 th 0 bln, sesuai dg PP 10/2008 agar digaji pokok baru ( naik Rp 56.300).
48.   Tanda Kehormatan Presiden RI Satyalancana Karya Satya 30 tahun, no.20495/4/2008, Keputusan Presiden RI no.054/TK/2008 tgl 28-11-2008 ttd DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono, utk petikan sekretaris militer kepala biro tanda jasa/ kehormatan: Laksamana Pertama TNI Room Efendi.
49.   Berkala, 1-3-2011 sk kadin pddkn kab sda no 822.4/392/404.14/2011 tgl 20-1-2011 gaji pokok baru Rp. 3.085.800, masa kerja 30 th 0 bln.

50.   Surat Keterangan tetap Kep sek. No : 800/1158/404.3.1/2011 tgl 12-4-2011,   Kadin Pendkkn Kab sda.
51.   Penetapan angka kredit. No: 113955/A4.4/KP/2010 tgl 31-12-2010. Masa nilai 1-11-2001 sd. 31-12-1020. Masa kerja lama 19 th 01, masa kerja baru 27 thn 10 b ln, jumlah nilai lama 551,374 dan nilai baru 265,852, serta jumlah 817,226 dapat dipertimbangkan kenaikan jabatan Guru Utama Muda tmt 1-1-2011 ttd pejabat a.n. Mendiknas, sekjen Prof Dr. Ir.Dodi Nandika, MS NIP : 19511207 198203 1 001.
52.   SK PAK Naik Jabatan Guru Utama Muda, tmt 1-1-2011 No : 52969/A4.4/KP/2011 tgl 3-1-2011. Angka kredit 817,226. Sk pejabat a.n. mendiknas Sekjen Mendiknas, Sekjen Prof Dr. Ir.Dodi Nandika, MS NIP : 19511207 198203 1 001.
53.   Naik Tingkat, 1-4-2012. Gol IV C/ Pembina Utama Muda. Lampiran Keputusan Presiden RI Nomor 56/K Tahun 2012. Masa Kerja 29 tahun 1 bulan, Gaji Pokok Rp. 3.995.500,-Tanggal 15 Juni 2012 Ttd Presiden RI DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono. Petikan yang sah Deputi Bidang Administrasi Kabinet Drs. Djatmiko, M.Soc.Sc.
54.   SK Jabatan Fungsional Guru, mulai 1-4-2012. Keputusan Bupati Sidoarjo Nomor:821.2/058/404.6.1/2012 tentang Pengangkatan dalam Jabatan Fungsional Guru: Guru Utama Muda, 1-4-2012, dengan angka kredit 817,226 dengan Tunjangan Kependidikan Rp 560.000,- Tgl SK 29-3-2012. Bupati Sidoarjo H.SAIFUL ILAH. Petikan sah Kepala BKD Sri Witarsih,SH  Pembina Tingkat 1, NIP: 19611201.199103.2.003
55.   Berkala, 1-3-2013. SK Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo Nomor: 822.3/84/404.3.1/2013. tanggal 9-1-2013. Gaji pokok Rp 4.114.800,-.masa kerja 30 tahun, 0 bulan.
56.   Ka SMP Negeri 1 Balongbendo,tmt: 15-1-2014.Keputusan Bupati Sidoarjo Nomor:821.2/11/404.6.1/2014 ttg mutasi Kepala SMPN. Bupati Sidoarjo H. SAIFUL ILAH. Petikan sah, Kepala BKD Kab Sidoarjo, SRI WITARSIH, SH, Pembina Utama Muda NIP : 19611201 199103 2 003. Persetujuan Baperjakat Nomor: 821.2/19/2012 tgl 18/6/2012 Rp. 560.000,-. SK Dibacakan Jumat,17-1-2014 di Pendopo Kab. Sda.  Sertijab, Rabu,29-1-2014 di Aula Dinas Pendikkn Kab Sda. Pamit kenal, Rabu,5-2-2014 di SMPN 1 Balongbendo. Masuk ke SMPN1 Balongbendo, Senin,3-2-2014.
57.   BERKALA 1-3-2015.SK TERAKHIR KARENA SUDAJ MENYUNDUL LANGIT.