CARA KERJA REM CAKRAM MOBIL
Oleh: Drs. H. M. Yusron
Hadi, M.M
CARA
KERJA REM CAKRAM (DISC BRAKE)
1. Rem cakram memakai piringan (disc rotor) yang
dijepit 2 kanvas.
2. Jika
rem ditekan, maka 2 kanvas menekan piringan untuk memperlambat putaran kendaraan.
Keunggulan rem cakram.
1.
Lebih responsif.
2.
Jika terkena air lebih
cepat kering.
3.
Radiasi panas lebih baik.
4.
Mudah perawatannya.
5.
Desainnya sederhana, hanya
berupa:
1)
Sepatu rem (brake pad).
2)
Piringan rem (disc rotor).
3)
Caliper rem (brake
caliper).
CARA KERJA REM CAKRAM
MOBIL
PEDAL REM DIINJAK
1)
Saat pedal rem diinjak,
maka pedal rem menekan push rod pada master silinder.
2)
Piston yang tertekan
bergerak maju.
3)
Volume ruangan di depan
piston mengecil.
4)
Ruangan di depan piston
berisi minyak rem (brake fluid).
5)
Sesuai Hukum Pascal,
tekanan terhadap zat cair diteruskan ke
segala arah dengan tekanan sama besar.
6)
Lewat selang saluran minyak
rem, tekanan flurida disalurkan ke dalam brake caliper.
7)
Dalam brake caliber tekanan
fluida diubah menjadi energi mekanis oleh piston.
8)
Piston caliper bergerak
menekan kanvas rem (brake pad).
9)
Muncul gaya tekan antara kanvas rem (brake pad)
dan piringan rem (disc rotor).
10)
Menyebabkan gesekan dan
panas yang secara perlahan mengurangi laju kendaraan dan akhirnya berhenti.
PEDAL REM DILEPAS
1.
Pada saat tekanan pedal
rem dilepas, maka pegas menarik pedal ke posisi semula.
2.
Piston dalam master silinder
kembali ke posisi semula.
3.
Volume ruangan di depan
piston membesar.
4.
Muncul kevakuman yang
menarik fluida ke dalam ruangan di depan piston.
5.
Sebagian fluida masuk ke
reservoir tank.
6.
Gaya tekan pengereman antara
kanvas dan piringan terlepas.
7.
Piringan bebas berputar
seperti semula.
8.
Dan roda kendaraan bisa
berputar seperti biasa.
(Sumber internet)
0 comments:
Post a Comment