Saturday, March 27, 2021

9107. KHILAFIAH CARA SALAT JUMAT MENURUT 4 MAZHAB

 


KHILAFIAH SALAT JUMAT MENURUT 4 MAZHAB

Oleh: Drs. H.M. Yusron Hadi, M.M.

 

 

 

 

 

 

Ajaran Islam bersumber kepada Al-Quran dan sunah (hadis Nabi).

 

 

 

Ajaran Islam memiliki beberapa cabang ilmu, salah satunya “ilmu fikih” (ilmu yang mempelajari tentang hukum Islam).

 

 

 

Dunia Islam mengenal 4 mazhab terbesar, yaitu:

 

 

 

1)    Mazhab Hanafi.

 

2)    Mazhab Maliki.

 

3)    Mazhab Syafii.

 

4)    Mazahab Hambali.

 

 

 

Mazhab adalah haluan atau aliran mengenai hukum fikih yang menjadi ikutan umat Islam.

 

 

 

Masing-masing mazhab mempunyai karakter/keistimewaan tersendiri.

 

 

 

MAZHAB HANAFI

 

Mazhab Hanafi didirikan oleh Nukman bin Tsabit (lahir tahun 89 Hijriah dan wafat tahun 150 Hijirah).  

 

 

Nukman bin Tsabit seorang guru besar ilmu fikih di Irak.

 

 

 

MAZHAB MALIKI

 

 

Mazhab Maliki didirikan oleh Imam Malik bin Anas (lahir tahun 93 Hijriah dan wafat tahun 179 Hijriah).

 

 

Imam Malik bin Anas berasal dari Madinah.

 

 

 

MAZHAB SYAFII

 

 

Mazhab Syafii didirikan oleh Muhammad bin Idris (lahir tahun 150 Hijriah dan wafat tahun 200 Hijirah).

 

 

Muhammad bin Idris berasal dari Gaza, Palestina.

 

 

 

MAZHAB HAMBALI

 

 

Mazhab Hambali didirikan oleh Ahmad bin Hambal (lahir tahun 164 Hijriah dan wafat tahun 241 Hijriah).

 

 

Ahmad bin Hambal berasal dari Baghdad, Irak.

 

 

DASAR HUKUM SALAT JUMAT

 

Semua mazhab sepakat dasar hukum salat Jumat adalah Al-Quran surah Al-Jumuah (surah ke-62) ayat 9.

 

 

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

 

 

 

 

Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.

 

 

 

TEMPAT SALAT JUMAT

 

 

Menurut Imam Hanafi, Syafii, dan Hambali.

 

 

Tempat melakukan salat Jumat:

 

 

1)    Boleh dikerjakan di dalam masjid.

 

 

2)    Boleh dilaksanakan di tempat lain, selain masjid.

 

 

 

Menurut Imam Malik.

 

 

1)             Salat Jumat harus dilaksanakan di dalam masjid.

 

 

2)             Dilarang dilakukan di tempat selain masjid.

 

 

JUMLAH JEMAAH

 

 

Menurut Imam Hanafi.

 

 

Jumlah jamaah salat Jumat minimal 5 orang, termasuk imam.

 

 

 

Menurut Imam Maliki.

 

 

Jumlah jamaah salat Jumat minimal 13 orang, termasuk imam.

 

 

 

Menurut Imam Hambali dan Syafii.

 

 

Jumlah jamaah salat Jumat minimal 41 orang, termasuk imam.

 

 

 

POSISI KHATIB

 

Posisi khatib ketika sedang berkhotbah.

 

 

 

Menurut Imam Maliki dan Syafii.

 

 

Ketika khatib sedang berkhOtbah Jumat:

 

 

1)    Khatib wajib berdiri.

 

 

 

Menurut Imam Hanafi dan Hambali.

 

 

Ketika khatib sedang berkhotbah Jumat:

 

 

1)    Khatib tidak wajib berdiri.

 

 

 

 

MATERI KHOTBAH

 

Materi minimal yang disampaikan seorang khatib ketika berkhotbah Jumat.

 

 

 

Menurut Imam Hanafi.

 

 

Khatib berkhotbah salat Jumat minimal:

 

 

1)    Membaca hamdalah.

 

 

2)    Membaca istigfar.

 

 

 

Menurut Imam Maliki.

 

Khatib berkhotbah salat Jumat minimal:

 

 

 

1)    Mengucapkan pesan takwa kepada Allah.

 

 

 

Menurut Imam Syafii.

 

 

Khatib khotbah salat Jumat:

 

 

1)    Pada khotbah pertama minimal:

 

 

a.    Mengucapkan hamdalah.

 

b.    Selawat Nabi.

 

c.    Pesan takwa

 

d.    Membaca ayat Al-Quran.

 

2)    Pada khotbah kedua minimal:

 

a.    Mengucap hamdalah.

 

b.    Selawat Nabi.

 

c.    Pesan takwa.

d.    Berdoa untuk semua umat Islam.

 

 

 

Menurut Imam Hambali.

 

 

Khatib berkhotbah salat Jumat minimal:

 

 

1)    Mengucap hamdalah.

 

 

2)    Selawat Nabi.

 

 

3)    Pesan takwa.

 

 

4)    Membaca ayat Al-Quran.

 

 

 

DUDUK DI ANTARA 2 KHOTBAH

 

 

Posisi khatib ketika duduk di antara dua khutbah Jumat.

 

 

 

Menurut Imam Maliki, dan Hanafi.

 

 

1)    Khatib tidak wajib duduk di antara dua khutbah.

 

 

 

Menurut Imam Syafii.

 

1)    Khatib wajib duduk sebentar di antara dua khutbah.

 

 

 

 Imam Hambali.

 

1)    Khatib boleh duduk atau tidak duduk di antara dua khutbah.

 

 

 

BAHASA KHOTBAH

 

Bahasa yang digunakan khatib ketika khotbah Jumat.

 

 

 

Menurut Imam Maliki.

 

 

1)    Khatib wajib menggunakan bahasa Arab.

 

 

 

Menurut Imam Hanafi, Syafii, dan Hambali.

 

 

Khatib khotbah Jumat  tidak wajib menggunakan bahasa Arab ketika berkhotbah.

 

 

 

BACAAN SURAH SETELAH FATIHAH

 

 

 

Bacaan surah Al-Quran setelah membaca surah Al-Fatihah dalam salat Jumat.

 

 

 

Menurut Imam Maliki:

 

 

1)    Rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62).

 

 

2)    Rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Ghosiyah (surah ke-88).

 

 

 

Menurut Imam Syafii:

 

 

1)    Rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62).

 

 

2)    Rakaat kedua, imam harus membaca surah Al-Munafikun (surah ke-63).

 

 

 

Menurut Imam Hanafi:

 

 

1)    Hukumnya makruh, jika imam salat Jumat, ditentukan bacaan surahnya, setelah membaca surah Al-Fatihah.

 

 

 

HUKUM ISLAM

 

 

1)    Wajib.

Yaitu perbuatan yang harus dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan.

 

 

2)    Sunah.

Yaitu perbuatan yang dianjurkan, apabila dilakukan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa.

 

 

3)    Mubah.

Yaitu berupa pilihan bebas, artinya boleh dilakukan dan boleh tidak dikerjakan.

 

 

4)    Makruh.

 Yaitu perbuatan yang dianjurkan untuk ditinggalkan, tetapi tidak berdosa apabila dikerjakan.

 

5)    Haram.

Yaitu perbuatan yang terlarang untuk dikerjakan.

 

 

 

 

Daftar Pustaka.

1.    Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab, Muhammad Jawad Mughniyah. Penerbit Lentera Jakarta, 2007)

2.    Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2

3.    Tafsirq.com online.

 

 

 

0 comments:

Post a Comment