KHILAFIAH SALAT JUMAT MENURUT
4 MAZHAB
Oleh: Drs. H.M. Yusron
Hadi, M.M.
Ajaran Islam bersumber kepada Al-Quran dan sunah (hadis Nabi).
Ajaran Islam memiliki beberapa cabang ilmu, salah satunya “ilmu
fikih” (ilmu yang mempelajari tentang hukum Islam).
Dunia Islam mengenal 4 mazhab terbesar, yaitu:
1) Mazhab Hanafi.
2) Mazhab Maliki.
3) Mazhab Syafii.
4) Mazahab Hambali.
Mazhab adalah haluan atau aliran mengenai hukum fikih yang menjadi
ikutan umat Islam.
Masing-masing mazhab mempunyai karakter/keistimewaan tersendiri.
MAZHAB HANAFI
Mazhab Hanafi didirikan oleh Nukman bin Tsabit (lahir tahun 89
Hijriah dan wafat tahun 150 Hijirah).
Nukman bin Tsabit seorang guru besar ilmu fikih di Irak.
MAZHAB MALIKI
Mazhab Maliki didirikan oleh Imam Malik bin Anas (lahir tahun 93
Hijriah dan wafat tahun 179 Hijriah).
Imam Malik bin Anas berasal dari Madinah.
MAZHAB SYAFII
Mazhab Syafii didirikan oleh Muhammad bin Idris (lahir tahun 150
Hijriah dan wafat tahun 200 Hijirah).
Muhammad bin Idris berasal dari Gaza, Palestina.
MAZHAB HAMBALI
Mazhab Hambali didirikan oleh Ahmad bin Hambal (lahir tahun 164
Hijriah dan wafat tahun 241 Hijriah).
Ahmad bin Hambal berasal dari Baghdad, Irak.
DASAR HUKUM SALAT JUMAT
Semua mazhab sepakat dasar hukum salat Jumat adalah Al-Quran surah
Al-Jumuah (surah ke-62) ayat 9.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ
لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا
الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ
Hai orang-orang beriman,
apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada
mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu,
jika kamu mengetahui.
TEMPAT SALAT JUMAT
Menurut Imam Hanafi,
Syafii, dan Hambali.
Tempat melakukan salat
Jumat:
1) Boleh dikerjakan di dalam masjid.
2) Boleh dilaksanakan di tempat lain, selain
masjid.
Menurut Imam Malik.
1)
Salat Jumat harus
dilaksanakan di dalam masjid.
2)
Dilarang dilakukan di
tempat selain masjid.
JUMLAH JEMAAH
Menurut Imam Hanafi.
Jumlah jamaah salat Jumat minimal 5 orang, termasuk imam.
Menurut Imam Maliki.
Jumlah jamaah salat Jumat minimal 13 orang, termasuk imam.
Menurut Imam Hambali dan Syafii.
Jumlah jamaah salat Jumat minimal 41 orang, termasuk imam.
POSISI KHATIB
Posisi khatib ketika sedang berkhotbah.
Menurut Imam Maliki dan
Syafii.
Ketika khatib sedang
berkhOtbah Jumat:
1) Khatib wajib berdiri.
Menurut Imam Hanafi dan Hambali.
Ketika khatib sedang berkhotbah Jumat:
1) Khatib tidak wajib berdiri.
MATERI KHOTBAH
Materi minimal yang disampaikan seorang khatib ketika berkhotbah
Jumat.
Menurut Imam Hanafi.
Khatib berkhotbah salat Jumat minimal:
1) Membaca hamdalah.
2) Membaca istigfar.
Menurut Imam Maliki.
Khatib berkhotbah salat Jumat minimal:
1) Mengucapkan pesan takwa kepada Allah.
Menurut Imam Syafii.
Khatib khotbah salat Jumat:
1) Pada khotbah pertama minimal:
a. Mengucapkan hamdalah.
b. Selawat Nabi.
c. Pesan takwa
d. Membaca ayat Al-Quran.
2) Pada khotbah kedua minimal:
a. Mengucap hamdalah.
b. Selawat Nabi.
c. Pesan takwa.
d. Berdoa untuk semua umat Islam.
Menurut Imam Hambali.
Khatib berkhotbah salat Jumat minimal:
1) Mengucap hamdalah.
2) Selawat Nabi.
3) Pesan takwa.
4) Membaca ayat Al-Quran.
DUDUK DI ANTARA 2 KHOTBAH
Posisi khatib ketika duduk di antara dua khutbah Jumat.
Menurut Imam Maliki, dan Hanafi.
1) Khatib tidak wajib duduk di antara dua
khutbah.
Menurut Imam Syafii.
1) Khatib wajib duduk sebentar di antara dua
khutbah.
Imam Hambali.
1) Khatib boleh duduk atau tidak duduk di
antara dua khutbah.
BAHASA KHOTBAH
Bahasa yang digunakan khatib ketika khotbah Jumat.
Menurut Imam Maliki.
1) Khatib wajib menggunakan bahasa Arab.
Menurut Imam Hanafi, Syafii, dan Hambali.
Khatib khotbah Jumat tidak wajib menggunakan bahasa Arab
ketika berkhotbah.
BACAAN SURAH SETELAH
FATIHAH
Bacaan surah Al-Quran setelah membaca surah Al-Fatihah dalam salat
Jumat.
Menurut Imam Maliki:
1) Rakaat pertama, imam salat Jumat harus
membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62).
2) Rakaat kedua, imam harus membaca
surah Al-Ghosiyah (surah ke-88).
Menurut Imam Syafii:
1) Rakaat pertama, imam salat Jumat harus
membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62).
2) Rakaat kedua, imam harus membaca surah
Al-Munafikun (surah ke-63).
Menurut Imam Hanafi:
1) Hukumnya makruh, jika imam salat Jumat,
ditentukan bacaan surahnya, setelah membaca surah Al-Fatihah.
HUKUM ISLAM
1) Wajib.
Yaitu perbuatan yang harus dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan.
2) Sunah.
Yaitu perbuatan yang dianjurkan, apabila dilakukan mendapatkan
pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa.
3) Mubah.
Yaitu berupa pilihan bebas, artinya boleh dilakukan dan boleh tidak
dikerjakan.
4) Makruh.
Yaitu perbuatan yang
dianjurkan untuk ditinggalkan, tetapi tidak berdosa apabila dikerjakan.
5) Haram.
Yaitu perbuatan yang terlarang untuk dikerjakan.
Daftar Pustaka.
1. Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab,
Muhammad Jawad Mughniyah. Penerbit Lentera Jakarta, 2007)
2. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital
Qur’an Ver 3.2
3. Tafsirq.com online.
0 comments:
Post a Comment