IRFANI
MENGUNGKAP HAKIKAT ALLAH LEWAT KENDALI NASU
Oleh: Drs. H. M.
Yusron Hadi, M.M
Muhammadiyah dan Salafi sering
disebut punya kesamaan paham.
Tapi jika dicermati
jelas ada perbedaannya.
Ada 3 pola pemahaman
agama menurut Yasa Abubakar, yaitu:
1. Mazhabiah.
2. Salafiah.
3. Tajdidiah.
Ghoffar Ismail, ketua
Divisi Organisasi Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah menyebutkan.
Salaf adalah salah
satu metode yang mengajarkan syariat Islam secara murni.
Salafi adalah orang
yang mengikuti manhaj salaf.
Menurut Ghoffar, ada
legitimasi ayat Al-Quran dan hadis Nabi tentang paham Salafi.
Al-Quran
surah At-Taubah (surah ke-9) ayat 100.
وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ
وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ
وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ
فِيهَا أَبَدًا ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ
Orang-orang terdahulu
lagi pertama (masuk Islam) dari golongan Muhajirin dan Ansar dan orang yang
mengikuti mereka dengan baik, Allah rida kepada mereka dan mereka pun rida
kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surge-surga yang mengalir
sungai-sungai di dalamnya selamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itu kemenangan
yang besar.
Ghoffar
mengatakan Muhammadiyah mengambil inspirasi pada:
1. Al-Afghani.
2. Muhammad Abduh.
3. Rasyid Ridha.
Menurut Harun
Nasution, Abduh lebih rasional daripada Muktazilah.
Ridha
dengan Tafsir Al-Manar memberi inspirasi bagi pendidikan.
Menurut Ghoffar,
Muhammadiyah punya seperangkat manhaj yang berbeda dengan Salafi.
Manhaj Muhammadiyah
punya wawasan atau perspektif:
1. Tajdid.
2. Toleransi.
3. Terbuka.
4. Tidak bermazhab.
Muhammadiyah memakai
pendekatan:
1. Bayani.
2. Burhani.
3. Irfani.
ARTI
BAYANI
Bayani
adalah memahami teks sebagai pengetahuan jadi dan langsung mengaplikasikan
tanpa perlu pemikiran.
ARTI BURHANI
Burhani
adalah membedakan yang benar dari yang salah lewat penjelasan.
ARTI
IRFANI
Irfani
adalah pengungkapan atas pengetahuan yang diperoleh lewat penyinaran hakikat
Allah kepada hamba-Nya lewat riadat (mengekang nafsu).
Din Wahid menyatakan
salafi adalah cara berpikir, berperilaku, beragama yang mengikuti manhaj salaf.
Ciri umum salafi:
1. Pemurnian.
2. Kembali kepada
Al-Quran dan Hadis.
3. Menyerukan ijtihad.
Bagi Salafi, sumber
ajaran Islam adalah Al-Quran dan hadis ikut paham manhaj salaf.
Doktrin dasar Salafi:
1. Tauhid uluhiah,
rububiah, asma wa sifat, dan mulkiah.
2. Mengikuti sunah dan
menentang bid’ah.
3. Patuh kepada
pemerintah.
Mereka sami’na
wa ata’na (kamu mendengar daan kami taat) kepada pemerintah selama
umat Islam boleh beribadah.
Al-Quran surah
An-Nisa (surah ke-4) ayat 59.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ
وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ ۖ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي
شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ
بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۚ ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا
Hai orang-orang
beriman, taati Allah dan taati Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu.
Kemudian jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikan ia kepada
Allah (Al-Quran) dan Rasul (sunahnya), jika kamu benar beriman kepada Allah dan
hari kemudian. Yang demikian lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.
Prinsip al-walla
wa al-barra kuat mengakar dan membentuk cara hidup ekslusif.
Din Wahid menyebut
gerakan salafi bermunculan di Indonesia sejak awal tahun 1980-an.
“Beberapa tokoh
utamanya adalah alumni Muhammadiyah.
Mereka ikut program
dai di wilayah terpencil, umumnya di Kalimantan.
Ainurrafiq Ghufron di
Gresik itu Muhammadiyah.
Dan Abu Nida’ itu
Muhammadiyah.”
Berubahnya ideologi
dari Muhammadiyah menjadi Salafi.
Setelah mereka ikut
program dai, lalu dikirim ke Arab Saudi.
Dan kembali
menjadi pionir dakwah salafi di Indonesia.
Menguatnya,
paham Salafi-Wahabi di Arab Saudi.
Harus dilihat
secara cermat dalam konstalasi politik yang kompleks.
Din Wahid menjelaskan
di tahun 1960-an.
Gamal Abdul
Naser mengobarkan nasionalisme Arab kekiri-kirian.
Ini dianggap
membahayakan Arab Saudi.
Tahun 1970-an,
orang-orang Ikhwan diterima di Saudi dan mengajar di banyak universitas.
Ikhwan terlalu
revolusioner dan dianggap berbahaya.
Tahun 1979, muncul
Revolusi Islam Iran.
Guna membendungnya.
Arab Saudi
mendirikan OKI tahun 1957 dan Rabitah Alam Islami tahun 1962.
Zaman itu, harga
minyak dunia melejit Arab Saudi untung besar.
Rabitah Alam
Islami menyalurkan dana dari Arab Saudi.
Dengan memberi
beasiswa ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.
Selain beasiswa
belajar di Saudi.
Dana yang besar
juga dialirkan bagi kegiatan daurah.
Dan berbagai
pesantren untuk menyebarkan dakwah Salafi.
Din Wahid memberi
rambu bahwa Salafi berbeda dengan gerakan ekstremisme-terorisme.
Kelompok yang melakukan
teror punya kesamaan dengan Salafi.
Meskipun berbeda.
Terutama doktrin
dilarang memberontak kepada pemerintah.
Termasuk berbeda
pemahaman tauhid mulkiah.
Al-Quran surah
Al-Maidah (surah ke-5) ayat 44.
إِنَّا أَنْزَلْنَا التَّوْرَاةَ فِيهَا هُدًى وَنُورٌ ۚ
يَحْكُمُ بِهَا النَّبِيُّونَ الَّذِينَ أَسْلَمُوا لِلَّذِينَ هَادُوا
وَالرَّبَّانِيُّونَ وَالْأَحْبَارُ بِمَا اسْتُحْفِظُوا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ
وَكَانُوا عَلَيْهِ شُهَدَاءَ ۚ فَلَا تَخْشَوُا النَّاسَ وَاخْشَوْنِ وَلَا
تَشْتَرُوا بِآيَاتِي ثَمَنًا قَلِيلًا ۚ وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ
اللَّهُ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ
Sesungguhnya Kami
telah menurunkan Kitab Taurat di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang
menerangi), yang dengan Kitab itu diputuskan masalah orang Yahudi oleh
nabi-nabi yang menyerah diri kepada Allah, oleh orang alim mereka dan pendeta
mereka, karena mereka diperintahkan menjaga kitab-kitab Allah dan mereka
menjadi saksi terhadapnya. Karena itu janganlah kamu takut kepada manusia,
(tetapi) takutlah kepada-Ku. Dan janganlah kamu menukar ayat-ayat-Ku dengan
harga sedikit. Barang siapa tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah,
maka mereka orang orang kafir.
Din Wahid menyatakan
ada deradikalisasi di Salafi.
Orang-orang yang dulu
aktif di NII.
Ketika masuk ke
Salafi, ideologi NII, takfiri, atau anti pemerintah terkikis.
Dari sisi keamanan,
Salafi aman dan tidak melakukan terorisme.
Karena mereka
taat sepenuhnya kepada pemerintah.
Ada pengecualian dalam
kasus Laskar Jihad pimpinan Jakfar Umar Thalib.
Dalam
harmonisasi bermasyarakat.
Salafi sering
memunculkan pertentangan karena dakwah puritannya yang keras.
(Sumber suara
muhammadiyah)


0 comments:
Post a Comment