CARA SALAT JUMAT MENURUT 4
MAZHAB
Oleh: Drs. H.M. Yusron
Hadi, M.M.
Ajaran Islam bersumber kepada Al-Quran dan sunah (hadis Nabi).
Ajaran Islam memiliki beberapa cabang ilmu.
Salah satunya “ilmu fikih”.
Yaitu ilmu yang mempelajari hukum Islam.
Dunia Islam mengenal 4 mazhab terbesar, yaitu:
1) Mazhab Hanafi.
2) Mazhab Maliki.
3) Mazhab Syafii.
4) Mazhab Hambali.
Mazhab adalah haluan
atau aliran hukum fikih yang menjadi
ikutan umat Islam.
Masing-masing mazhab punya karakter dan keistimewaan tersendiri.
Mazhab Hanafi didirikan oleh Nukman bin Tsabit.
Lahir tahun 89 Hijriah dan wafat tahun 150 Hijirah.
Nukman bin Tsabit seorang guru besar ilmu fikih di Irak.
Mazhab Maliki didirikan oleh Imam Malik bin Anas.
Lahir tahun 93 Hijriah dan wafat tahun 179 Hijriah.
Imam Malik bin Anas berasal dari Madinah.
Mazhab Syafii didirikan oleh Muhammad bin Idris (lahir tahun 150
Hijriah dan wafat tahun 200 Hijirah).
Muhammad bin Idris berasal dari Gaza, Palestina.
Mazhab Hambali didirikan oleh Ahmad bin Hambal (lahir tahun 164
Hijriah dan wafat tahun 241 Hijriah).
Ahmad bin Hambal berasal dari Baghdad, Irak.
DASAR HUKUM SALAT JUMAT
Semua mazhab sepakat dasar hukum salat Jumat adalah Al-Quran surah
Al-Jumuah (surah ke-62) ayat 9.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ
لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا
الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ
Hai orang-orang beriman, jika
diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat
Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu
mengetahui.
TEMPAT SALAT JUMAT
Menurut Imam Hanafi, Syafii, dan Hambali, tempat melakukan salat
Jumat:
Boleh dikerjakan di dalam masjid.
Boleh di tempat lain, selain masjid.
Menurut Imam Malik.
Salat Jumat:
1) Harus dilaksanakan di dalam masjid.
2) Dilarang dilakukan di tempat selain
masjid.
JUMLAH MINIMAL JEMAAH
Menurut Imam Hanafi, jumlah jamaah salat Jumat minimal 5 orang,
termasuk imam.
Menurut Imam Maliki, jumlah jamaah salat Jumat minimal 13 orang,
termasuk imam.
Menurut Imam Hambali dan Syafii, jumlah jamaah salat Jumat minimal
41 orang, termasuk imam.
POSISI KHATIB
Menurut Imam Maliki dan Syafii, ketika khatib sedang berkhotbah
Jumat:
Khatib wajib berdiri.
Menurut Imam Hanafi dan
Hambali, ketika khatib sedang berkhotbah Jumat:
1) Khatib tidak wajib berdiri.
MATERI KHOTBAH
Materi minimal yang
disampaikan khatib ketika berkhotbah Jumat.
Menurut Imam Hanafi, seorang khatib ketika berkhotbah salat Jumat
minimal:
1) Membaca hamdalah.
2) Membaca istigfar.
Menurut Imam Maliki, khatib ketika berkhotbah salat Jumat minimal:
1) Mengucapkan pesan takwa kepada Allah.
Menurut Imam Syafii, khatib ketika berkhotbah salat Jumat:
1) Pada khotbah pertama minimal:
a. Mengucapkan hamdalah.
b. Selawat Nabi.
c. Pesan takwa
d. Membaca ayat Al-Quran.
2) Pada khotbah kedua minimal:
a. Mengucap hamdalah.
b. Selawat Nabi.
c. Pesan takwa.
d. Berdoa untuk semua umat Islam.
Menurut Imam Hambali khatib ketika berkhotbah salat Jumat minimal:
1) Mengucap hamdalah.
2) Selawat Nabi.
3) Pesan takwa.
4) Membaca ayat Al-Quran.
KHATIB DUDUK DI ANTARA 2
KHOTBAH
Posisi khatib ketika duduk di antara dua khutbah Jumat.
Menurut Imam Maliki, dan Hanafi, khatib salat Jumat:
1) Khatib tidak wajib duduk di antara dua khotbah.
Menurut Imam Syafii, khatib salat Jumat:
1) Khatib wajib duduk sebentar di antara dua
khutbah.
Imam Hambali menyatakan khatib salat Jumat:
1) Khatib boleh duduk atau tidak duduk di
antara dua khutbah.
BAHASA KHOTBAH
Bahasa yang dipakai khatib saat berkhotbah Jumat.
Menurut Imam Maliki, ketika khatib berkhotbah Jumat:
1) Khatib wajib memakai bahasa Arab.
Menurut Imam Hanafi, Syafii, dan Hambali, khatib khotbah Jumat:
1) Tidak wajib memakai bahasa Arab ketika
berkhotbah.
BACAAN SURAH SETELAH
FATIHAH
Bacaan surah Al-Quran setelah membaca surah Al-Fatihah dalam salat
Jumat.
Menurut Imam Maliki:
1) Rakaat pertama, imam salat Jumat harus
membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62).
2) Rakaat kedua, imam harus membaca
surah Al-Ghosiyah (surah ke-88).
Menurut Imam Syafii:
1) Rakaat pertama, imam salat Jumat harus
membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62).
2) Rakaat kedua, imam harus membaca surah
Al-Munafikun (surah ke-63).
Menurut Imam Hanafi:
1) Hukumnya makruh, jika imam salat Jumat,
ditentukan bacaan surahnya, setelah membaca surah Al-Fatihah.
HUKUM ISLAM
1) Wajib.
Yaitu perbuatan yang harus
dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan.
2) Sunah.
Yaitu perbuatan yang
dianjurkan, apabila dilakukan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan
tidak berdosa.
3) Mubah.
Yaitu berupa pilihan
bebas, artinya boleh dilakukan dan boleh tidak dikerjakan.
4) Makruh.
Yaitu perbuatan yang
dianjurkan untuk ditinggalkan, tetapi tidak berdosa apabila dikerjakan.
5) Haram.
Yaitu perbuatan yang
terlarang untuk dikerjakan.
Daftar Pustaka.
1. Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab,
Muhammad Jawad Mughniyah. Penerbit Lentera Jakarta, 2007)
2. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital
Qur’an Ver 3.2
3. Tafsirq.com online.
0 comments:
Post a Comment