Saturday, July 3, 2021

10246. TAHUN 1978 GURU PNS 2A GAJINYA 16 RIBU RUPIAH

 





TAHUN 1978 GAJI GURU PNS 2A ADALAH 16 RIBU RUPIAH

Oleh: Drs. H.M. Yusron Hadi, M.M.

 

 

 

 

Tahun 1978 gaji PNS  golongan 2 a 16 ribu rupiah.

 

Pada 1 Februari 1978.

 

Alhamdulillah.

 

 

Saya lulus PGSLP YD Jurusan Keterampilan Elektronika.

 

PGSLP YD (Pendidikan Guru Sekolah Lanjutan Pertama Yang Disempurnakan).

 

 

Yaitu program darurat Pemerintah untuk memenuhi kebutuhan guru di seluruh Indonesia.

 

 

 Bahkan bisa ditempatkan di negara lain yang membutuhkan.

 

 

Misalnya, menjadi guru yang bertugas di Malaysia.

 

PGSLP YD IKIP SURABAYA

 

PGSLP YD tempat kuliahnya di IKIP Negeri Surabaya.

 

 

Kuliahnya selama 1 tahun.

 

Dengan menerima gaji ikatan dinas.

 

Sejak 1 Maret 1978.

 

Saya menjadi calon guru PNS di SMP Negeri 1 Sidoarjo.

 

PNS adalah Pegawai Negeri Sipil.

 

 Karena belum 100 persen.

 

Dan masih calon PNS.

 

Biasanya disebut capeg.

 

Saya amat bersyukur ditempatkan di daerah asal.

 

Karena banyak teman saya ditempatkan di luar Jawa.

 

 Misalnya, di Pulau Kalimantan, Madura, dan lainnya.

 

 

Barangkali, salah satu kriteria menentukan lokasi menempatan adalah hasil nilai selama kuliah.

 

 

Nilai saya termasuk bagus.

 

 

Maka saya ditugaskan di sekolah terbaik di Sidoarjo.

 

Alhamdulillah.

 

 

Sebagai calon guru PNS golongan II/a.

 

 

Saya menerima penghasilan 80 persen dari gaji pokok.

 

Gaji pokoknya 21.200 rupiah.

 

Maka saya menerima gaji  80 persen dari 21.200 rupiah

 

 

Yaitu Rp16.960,00.

 

Atau dibulatkan 17 ribu rupiah.

 

 

Saya menerima gaji pertama dengan gembira.

 

Saya belum punya sepeda motor.

 

 

Setiap hari sekolah.

 

 

Saya berangkat dan pulang sekolah naik kendaraan umum.

 

 

Sering juga dibonceng sepeda motor bersama orang.

 

 

Yang searah dengan saya.

 

Alhamdulillah.

 

 

LAPORAN HARTA KEKAYAAN

 

Misalnya.

 

Harta kekayaan saya 179 miliar rupiah.

 

 Atau 179.000.000.000 rupiah.

 

Masa kerja saya 30 tahun.

 

Atau 30 kali 12 bulan

 

Yaitu 360 bulan.

 

Jadi 179.000.000.000  dibagi masa kerja 360 bulan.

 

 

Hasilnya 49.722.222 rupiah

 

 Dibulatkan 50 JUTA RUPIAH.

 

 

Gaji saya perbulan 50 juta rupiah.

 

Bekerja selama 30 tahun

 

Maka harta kekayaan saya.

 

 

Sebesar  179 miliar rupiah.

 

Alhamdulillah.

 

 

(Sumber detiknews)

 

 

0 comments:

Post a Comment