Wednesday, November 25, 2020

6804. PERKEMBANGAN ISLAM DI PERANCIS

 


PERKEMBANGAN ISLAM DI PERANCIS

Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.

 

 

 

 

 

Sekarang ini, umat Islam perorangan maupun komunitas bisa ditemukan di seluruh dunia.

 

 

Umat Islam ada di Afrika, Asia, Timur tengah, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Oceania.

 

 

Tempat komunitas terbesar umat Islam ditemukan di Asia dan Afrika, dengan komunitas minoritas yang cukup besar ada di seluruh dunia.

 

 

Islam adalah salah satu agama sudah ada sejak dahulu di Prancis daratan maupun wilayah kependudukannya di luar Eropa.

 

 

Imigrasi massal muslim pada abad ke-20 dan 21 membuat Perancis menjadi salah satu negara dengan komunitas muslim terbesar di Eropa.

 

 

Pertumbuhan Islam di Prancis juga didorong penduduk pribumi yang berpindah agama ke Islam.

 

Tetapi umat lslam di Perancis tidak boleh memakai kerudung sesuai undang-undang yang dikeluarkan pemerintahnya.

 

 

Banyak versi jumlah muslim di Prancis, menurut Departemen Negara Amerika, pada tahun 2006 sekitar 10% muslim di Perancis yang setahun setelahnya menunjukkan 3% dari jumlah menduduk nasional.

 

 

Buku diterbitkan oleh Badan Intelijen Pusat Amerika (CIA)CIA World Factbook, menyatakan ada sekitar 5-10% populasi muslim di Prancis.

 

 

Pada tahun 2000, Kementerian Dalam Negeri Prancis memperkirakan ada 4,1 juta orang yang dilahirkan dalam keluarga Islam, dan sekitar 40.000 orang yang beralih agama ke Islam.

 

 

Ada yang memperkirakan jumlah Muslim di Prancis 7 juta jiwa pada tahun 2009.

 

 

Masuknya Islam ke Prancis, diawali datangnya Islam di Andalus yang dengan cepat, seluruh Semenanjung Iberia ditaklukkan kaum muslimin.

 

 

Sekitar 20 tahun setelah 711 M (92 H), Abdurrahman Ghafiqi mulai bergerak menuju Pyrenea, menduduki Septimania, dan Aquitania yang sudah dekat dengan Paris.

 

 

Masjid mulai banyak dibangun di Prancis dalam 30 tahun terakhir.

 

 

Menurut laporan, lebih banyak masjid dibangun di Prancis dibanding semua gereja Katolik yang dibangun pada abad terakhir.

 

 

Di Perancis ada undang-undang melindungi gereja-gereja tua, tetapi kini negara bebas meratakan gereja-gereja bersejarah.

 

 

Misalnya, Gereja Santa Rita yang berdiri sejak abad ke-15 di Paris.

 

Beberapa pekan setelah Pastor Hamel tewas dibunuh penjahat, polisi Prancis membersihkan gereja itu dan sekarang menjadi lahan parkir.

 

 

Perancis kini sudah dipenuhi oleh masjid yang jumlahnya kian bertambah.

 

 

Presiden Dewan Muslim Prancis (Dalil Boubakeur), menyarankan bangunan gereja Katolik yang kosong, karena tidak ada jamaah yang hadir, agar dialihfungsikan menjadi masjid.

 

 

 

Menurut laporan Observatorium Warisan Agama, Perancis akan kehilangan 5.000 sampai 10.000 bangunan Kristen bersejarah pada tahun 2030.

 

 

Setiap tahun, 20 bangunan gereja dijual dan diubah menjadi masjid di Prancis karena perkembangan muslim Prancis semakin banyak.

 

 

Saat ini ada 2.500 masjid di seluruh Prancis, dengan 300 di antaranya masih dalam pembangunan.

 

 

Jumlah ini masih jauh yang dibutuhkan muslim Prancis yang terus bertambah dengan jumalh 6 juta muslim yang membutuhkan 5.000 masjid.

 

 

Selama wawancara, Boubakeur menyebut contoh pengubahan dari gereja menjadi masjid di Clermont-Ferrand.

 

Ketika gagasan itu disampaikan Muslim Perancis, publik justru menyambut baik.

 

 

Contohnya, tahun 2012 sebuah gereja di Clermont-Ferrand yang dahulunya dipenuhi kursi bekas gereja, kini berganti menjadi masjid yang lantainya dilapisi  karpet untuk tempat salat, karena 30 tahun ditinggalkan pemeluknya.

 

 

PM Prancis Manuel Valls mengatakan Islam di Prancis adalah agama terbesar ke-2 di negeri ini, meskipun sering terjadi salah paham.

 

 

Setelah Gereja Saint Eloi’s diubah menjadi Masjid, warga muslim di Kota Vierzon, Perancis, segera memiliki masjid sendiri, karena gereja tua di kota akan dijual kepada komunitas muslim setempat.

 

 

Rencana ini keluar setelah Otoritas Katolik Roma menyatakan tidak mampu membiayai perawatan gereja yang berdiri sejak tahun 1950 itu.

 

 

“Jika komunitas muslim moderat membeli gereja Saint-Eloi’s, kita turut berbahagia karena mereka dapat menjalankan ritual agamanya.” kata Pendeta Krauth.

 

 

Tetapi Krauth mendapat puluhan keluhan di telepon seluler dan emailnya, sebagian disampaikan dengan sopan dan sebagian dengan nada keras.

 

 

Ia dianggap  mengkhianati ajaran Nasrani dengan menjual gereja ke tangan muslim dan sebagian mengancam akan memelihara babi dalam gereja agar komunitas muslim batal membelinya.

 

 

Kementerian Dalam Negeri Perancis memperkirakan 5 juta penduduk muslim di Perancis yang merupakan populasi muslim terbesar di negara Eropa.

 

 

Penyebaran Islam yang damai di Perancis dengan pernikahan dan penjelasan ajaran Islam kepada masyarakat sekitar membuat jumlah muslim semakin banyak.

 

 

Al-Quran surah An-Nasr (surah ke-110) ayat 1-3.

 

 

إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ وَالْفَتْحُ

وَرَأَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُونَ فِي دِينِ اللَّهِ أَفْوَاجًا

فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ ۚ إِنَّهُ كَانَ تَوَّابًا

 

 

 

Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan. Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima tobat.

 

 

 

Daftar Pustaka

1.    Anwar, Duaa. Memahami Segalanya Tentang AI-Quran The Everything Understanding Koran Book. Karisma Publising Group, 2004.

2.    Huda Dodge, Christine. Memahami Segalanya Tentang Islam. The Everything Understanding Islam Book. Karisma Publising Group, 2004.

3.    Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2,

4.    Tafsirq.com online.

 

0 comments:

Post a Comment