Sunday, May 2, 2021

9433. HALAL DAN HARAM UJIAN UNTUK MANUSIA SEBAGAI KHALIFAH

 


HALAL DAN HARAM UJIAN UNTUK MANUSIA SEBAGAI KHALIFAH

Oleh:Drs. HM. Yusron Hadi, M.M

 

 

HALAL DAN HARAM sudah lama dikenal umat manusia.

 

 

Tetapi masing-masing berbeda ukuran, macam, dan sebabnya.

 

 

Pada umumnya, terkait dengan keyakinan primitif, khurafat, dan dongeng.

 

 

Kemudian datang agama samawi membawa peraturan tentang halal dan haram.

 

 

Yang mengangkat martabat manusia dari tingkatan khurafat, dongeng, dan primitif.

 

 

Menjadi manusia mulia dan terhormat.

 

 

Sebagian halal dan haram  disesuaikan situasi dan kondisi.

 

 

Kemudian berkembang sesuai perkembangan manusia, situasi dan kondisi.

 

 

Misalnya, dalam agama Yahudi beberapa hal diharamkan bersifat preventif.

 

Allah menghukum Bani Israel karena kezaliman mereka.

 

Hukuman ini tidak berlaku selamanya.

 

 

Al-Quran menuturkan perkataan Nabi Isa kepada Bani Israel.

 

Al-Quran surah Ali Imran (surah ke-3) ayat 50.

 

 

Dan (aku datang kepadamu) membenarkan Taurat yang datang sebelumku, dan untuk menghalalkan bagimu sebagian yang telah diharamkan untukmu, dan aku datang kepadamu dengan membawa suatu tanda (mukjizat) dari Tuhanmu. Karena itu bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku.

 

 

 

Waktu terus berlalu.

 

 

Makin lama kondisi umat manusia makin kacau.

 

 

Maka sudah tepat waktunya Allah menurunkan agama-Nya yang terakhir.

 

Hukum yang berlaku untuk  umat manusia ditutup dengan syariat Islam yang komplet dan universal.

 

 

Allah berfirman,

 

 

“Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam jadi agama bagimu.”

 

Al-Quran surah Al-Maidah (surah ke-5) ayat 3.

 

 

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيحَةُ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَأَنْ تَسْتَقْسِمُوا بِالْأَزْلَامِ ۚ ذَٰلِكُمْ فِسْقٌ ۗ الْيَوْمَ يَئِسَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ دِينِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِ ۚ الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا ۚ فَمَنِ اضْطُرَّ فِي مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِإِثْمٍ ۙ فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

 

 

 

Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

 

 

CARA BERPIKIR ISLAM TENTANG HALAL DAN HARAM

 

Cara berpikir Islam tentang  halal dan haram sederhana dan jelas.

 

 

Cara berpikir ini bagian amanat besar yang ditolak langit, bumi dan gunung.

 

 

Dengan dalih mereka tidak sanggup memikulnya.

 

 

Tetapi manusia sanggup menerimanya.

 

 

Kesediaan manusia sebagai khalifah di bumi membawa konsekwensi  hukum.

 

 

Yaitu berupa pahala kenikmatan atau siksaan menyakitkan.

 

 

Allah memberi manusia akal dan kemampuan berkehendak.

 

Serta diutusnya para Rasul dengan membawa kitab.

 

 

Halal dan haram adalah ujian untuk manusia mukallaf.

 

Hal itu untuk membedakan manusia dengan makhluk lainnya.

 

 

Seperti makhluk roh berupa malaikat.

 

Atau makhluk syahwat berupa hewan.

 

 

Manusia makhluk pertengahan yang bisa meningkat melebihi malaikat.

 

Atau meluncur jatuh lebih hina dibanding hewan.

 

 

Halal dan haram beredar menurut aturan Islam secara umum.

 

 

Yaitu landasan terwujudnya kebaikan untuk umat manusia.

 

 

Menghilangkan beban berat dan mempermudah umat manusia.

 

 

 

Prinsipnya aturan Islam  untuk menghilangkan kejelekan.

 

 

Dan memberi manfaat jasmani, jiwa, dan akal semua umat manusia .

 

Yang kaya, miskin,  penguasa, rakyat, pria, dan perempuan.

 

 

Serta kebaikan untuk semua suku bangsa dan ras manusia.

 

Pada tiap zaman dan generasi.

 

 

lslam datang membawa rahmat untuk seluruh hamba Allah sampai akhir zaman.

 

 

Allah berfirman:

 

 

"Kami tidak mengutusmu (Muhammad), melainkan untuk membawa rahmat bagi segenap makhluk."

 

 

 

Al-Quran surah Al-Anbiya (surah ke-21) ayat 107.

 

 

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ

 

 

Dan tidaklah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.

 

 

 

Rasulullah bersabda,

 

 

"Saya hanya diutus sebagai rahmat dan membimbing."

 

 

Salah satu rahmat Allah adalah aturan jelas tentang halal dan haram.

 

 

Al-Quran surah Al-A’raf (surah ke-7) ayat 156-157.

 

۞ وَاكْتُبْ لَنَا فِي هَٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ إِنَّا هُدْنَا إِلَيْكَ ۚ قَالَ عَذَابِي أُصِيبُ بِهِ مَنْ أَشَاءُ ۖ وَرَحْمَتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ ۚ فَسَأَكْتُبُهَا لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَالَّذِينَ هُمْ بِآيَاتِنَا يُؤْمِنُونَ


156. Dan tetapkanlah untuk kami kebajikan di dunia ini dan di akhirat; sesungguhnya kami kembali (bertaubat) kepada Engkau. Allah berfirman: "Siksa-Ku akan Kutimpakan kepada siapa yang Aku kehendaki dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku untuk orang-orang yang bertakwa, yang menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami".

 

 

الَّذِينَ يَتَّبِعُونَ الرَّسُولَ النَّبِيَّ الْأُمِّيَّ الَّذِي يَجِدُونَهُ مَكْتُوبًا عِنْدَهُمْ فِي التَّوْرَاةِ وَالْإِنْجِيلِ يَأْمُرُهُمْ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَاهُمْ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ وَيَضَعُ عَنْهُمْ إِصْرَهُمْ وَالْأَغْلَالَ الَّتِي كَانَتْ عَلَيْهِمْ ۚ فَالَّذِينَ آمَنُوا بِهِ وَعَزَّرُوهُ وَنَصَرُوهُ وَاتَّبَعُوا النُّورَ الَّذِي أُنْزِلَ مَعَهُ ۙ أُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ


157. (Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang makruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya. memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al Quran), mereka itulah orang-orang yang beruntung.

 

 

 

 

 

Al-Quran surah Al-A’raf (surah ke-7) ayat 32.

 

 

قُلْ مَنْ حَرَّمَ زِينَةَ اللَّهِ الَّتِي أَخْرَجَ لِعِبَادِهِ وَالطَّيِّبَاتِ مِنَ الرِّزْقِ ۚ قُلْ هِيَ لِلَّذِينَ آمَنُوا فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا خَالِصَةً يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۗ كَذَٰلِكَ نُفَصِّلُ الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ

 

Katakan: "Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah dikeluarkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya dan (siapa pulakah yang mengharamkan) rezeki yang baik?" Katakan: "Semuanya itu (disediakan) bagi orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia, khusus (untuk mereka saja) di hari kiamat". Demikianlah Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi orang-orang yang mengetahui.

 

 

 

Al-Quran surah Al-A’raf (surah ke-7) ayat 33.

 

 

قُلْ إِنَّمَا حَرَّمَ رَبِّيَ الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ وَالْإِثْمَ وَالْبَغْيَ بِغَيْرِ الْحَقِّ وَأَنْ تُشْرِكُوا بِاللَّهِ مَا لَمْ يُنَزِّلْ بِهِ سُلْطَانًا وَأَنْ تَقُولُوا عَلَى اللَّهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ

 

Katakan: "Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujjah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui".

 

 

 

Daftar pustaka

 

1.      Yusuf Qardhawi. Halal dan haram menurut lslam.

Alih bahasa Mu’ammal Hamidy. Penerbit Bina llmu, 1993.

2.       Al-Quran Digital, Versi 3.2.

 

 

0 comments:

Post a Comment