Organisasi Profesi Guru

Presiden Jokowi memberi hormat kepada Guru-Guru se Indonesia.

Tema Gambar Slide 2

Deskripsi gambar slide bisa dituliskan disini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan gambar slide yang anda pasang, edit slide ini melalui edit HTML template.

Tema Gambar Slide 3

Deskripsi gambar slide bisa dituliskan disini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan gambar slide yang anda pasang, edit slide ini melalui edit HTML template.

Wednesday, May 30, 2018

863. MAZHAB

SALAT JUMAT MENURUT EMPAT MAZHAB
Oleh: Drs. H. Yusron Hadi, M.M.


      Beberapa orang bertanya,”Bagaimana cara salat Jumat menurut empat mazhab? Mohon dijelaskan cara salat Jumat menurut empat mazhab? Berikut ini penjelasannya
      Ajaran Islam bersumber kepada Al-Quran dan sunah (hadis) serta memiliki beberapa cabang ilmu, salah satunya Ilmu Fikih (ilmu yang mempelajari tentang hukum Islam).
      Dunia Islam mengenal empat mazhab terbesar, yaitu Mazhab Hanafi, Maliki, Syafii, dan Hambali. Mazhab adalah haluan atau aliran mengenai hukum fikih yang menjadi ikutan umat Islam. Masing-masing mazhab mempunyai karakter dan keistimewaan tersendiri.
      Mazhab Hanafi didirikan oleh Nukman bin Tsabit (lahir tahun 89 Hijriah dan wafat tahun 150 Hijirah). Nukman bin Tsabit seorang guru besar ilmu fikih di Irak. Mazhab Maliki didirikan oleh Imam Malik bin Anas (lahir tahun 93 Hijriah dan wafat tahun 179 Hijriah). Imam Malik bin Anas berasal dari Madinah.
     Mazhab Syafii didirikan oleh Muhammad bin Idris (lahir tahun 150 Hijriah dan wafat tahun 200 Hijirah). Muhammad bin Idris berasal dari Gaza, Palestina. Mazhab Hambali didirikan oleh Ahmad bin Hambal (lahir tahun 164 Hijriah dan wafat tahun 241 Hijriah). Ahmad bin Hambal berasal dari Baghdad, Irak.
      Ke-1, Dasar hukum salat Jumat.
      Semua mazhab sepakat dasar hukum salat Jumat adalah Al-Quran surah Al-Jumuah, surah ke-62 ayat 9.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

     “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.”
      Ke-2, Lokasi (tempat) salat Jumat.
      Mazhab Hanafi, Syafii, dan Hambali berpendapat bahwa lokasi (tempat) melakukan salat Jumat boleh dikerjakan di masjid dan boleh dilaksanakan di tempat lain selain masjid. Mazhab Maliki berpendapat salat Jumat harus dilaksanakan di masjid dan dilarang dilakukan di tempat selain masjid.
      Ke-3, Jumlah minimal Jamaah salat Jumat.
      Mazhab Hanafi berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 5 orang termasuk imam dan mazhab Maliki berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 13 orang termasuk imam. Mazhab Hambali dan Syafii berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 41 orang termasuk imam.
     Ke-4, Posisi khatib ketika sedang berkhutbah.
      Mazhab Maliki dan Syafii berpendapat ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, khatib wajib berdiri. Mazhab Hanafi dan Hambali berpendapat ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, khatib tidak wajib berdiri
     Ke-5, Materi minimal yang disampaikan khatib ketika berkhutbah Jumat.
      Mazhab Hanafi berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal membacakan hamdalah dan istigfar. Mazhab Maliki berpendpat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan pesan takwa kepada Allah.
    Mazhab Syafii berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat, pada khutbah pertama minimal menyampaikan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran. Pada khutbah kedua minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan berdoa untuk semua umat Islam.
      Mazhab Hambali berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran.
     Ke-6, Posisi khatib ketika duduk di antara dua khutbah Jumat.
      Mazhab Maliki dan Hanafi berpendapat khatib saat Jumat tidak wajib duduk di antara dua khutbah. Mazhab Syafii berpendapat khatib salat Jumat wajib duduk sebentar di antara dua khutbah. Mazhab Hambali berpendapat khatib boleh duduk atau tidak duduk di antara dua khutbah.
      Ke-7, Bahasa yang digunakan khatib ketika berkhutbah Jumat.
      Mazhab Maliki berpendapat ketika khatib berkhutbah Jumat, khatib wajib menggunakan bahasa Arab. Mazhab  Hanafi, Syafii, dan Hambali berpendapat khatib tidak wajib menggunakan bahasa Arab ketika berkhutbah.
      Ke-8, Bacaan surat Al-Quran setelah membaca surah Al-Fatihah dalam salat Jumat.
      Mazhab Maliki berpendapat pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Ghosiyah (surah ke-88) setelah membaca surah Al-Fatihah (surah ke-1).
     Mazhab Syafii berpendapat pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Munafikun (surah ke-63) setelah membaca surah Al-Fatihah (surah ke-1)
       Mazhab Hanafi berpendapat hukumnya makruh, jika imam salat Jumat ditentukan bacaan suratnya, setelah membaca surah Al-Fatihah.
     Wajib adalah perbuatan yang harus dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan. Sunah adalah perbuatan apabila dilakukan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa.
     Mubah adalah perbuatan yang boleh dilakukan dan boleh tidak dikerjakan. Makruh adalah perbuatan yang dianjurkan untuk ditinggalkan, tetapi tidak berdosa apabila dikerjakan. Haram adalah perbuatan yang terlarang untuk dikerjakan.
Daftar Pustaka.
1. Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab, Muhammad Jawad Mughniyah. Penerbit Lentera Jakarta, 2007)
2. Asy-Syinawi, Abdul Aziz. Biografi Empat Mazhab. Penerbit Beirut Publishing. Ummul Qura. Jakarta, 2013. 
3. Rasjid, Sulaiman. Fikih Islam (Hukum Fikih Lengkap).  Penerbit Sinar Baru Algensindo. Cetakan ke-80, Bandung. 2017.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online

863. MAZHAB

SALAT JUMAT MENURUT EMPAT MAZHAB
Oleh: Drs. H. Yusron Hadi, M.M.


      Beberapa orang bertanya,”Bagaimana cara salat Jumat menurut empat mazhab? Mohon dijelaskan cara salat Jumat menurut empat mazhab? Berikut ini penjelasannya
      Ajaran Islam bersumber kepada Al-Quran dan sunah (hadis) serta memiliki beberapa cabang ilmu, salah satunya Ilmu Fikih (ilmu yang mempelajari tentang hukum Islam).
      Dunia Islam mengenal empat mazhab terbesar, yaitu Mazhab Hanafi, Maliki, Syafii, dan Hambali. Mazhab adalah haluan atau aliran mengenai hukum fikih yang menjadi ikutan umat Islam. Masing-masing mazhab mempunyai karakter dan keistimewaan tersendiri.
      Mazhab Hanafi didirikan oleh Nukman bin Tsabit (lahir tahun 89 Hijriah dan wafat tahun 150 Hijirah). Nukman bin Tsabit seorang guru besar ilmu fikih di Irak. Mazhab Maliki didirikan oleh Imam Malik bin Anas (lahir tahun 93 Hijriah dan wafat tahun 179 Hijriah). Imam Malik bin Anas berasal dari Madinah.
     Mazhab Syafii didirikan oleh Muhammad bin Idris (lahir tahun 150 Hijriah dan wafat tahun 200 Hijirah). Muhammad bin Idris berasal dari Gaza, Palestina. Mazhab Hambali didirikan oleh Ahmad bin Hambal (lahir tahun 164 Hijriah dan wafat tahun 241 Hijriah). Ahmad bin Hambal berasal dari Baghdad, Irak.
      Ke-1, Dasar hukum salat Jumat.
      Semua mazhab sepakat dasar hukum salat Jumat adalah Al-Quran surah Al-Jumuah, surah ke-62 ayat 9.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

     “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.”
      Ke-2, Lokasi (tempat) salat Jumat.
      Mazhab Hanafi, Syafii, dan Hambali berpendapat bahwa lokasi (tempat) melakukan salat Jumat boleh dikerjakan di masjid dan boleh dilaksanakan di tempat lain selain masjid. Mazhab Maliki berpendapat salat Jumat harus dilaksanakan di masjid dan dilarang dilakukan di tempat selain masjid.
      Ke-3, Jumlah minimal Jamaah salat Jumat.
      Mazhab Hanafi berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 5 orang termasuk imam dan mazhab Maliki berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 13 orang termasuk imam. Mazhab Hambali dan Syafii berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 41 orang termasuk imam.
     Ke-4, Posisi khatib ketika sedang berkhutbah.
      Mazhab Maliki dan Syafii berpendapat ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, khatib wajib berdiri. Mazhab Hanafi dan Hambali berpendapat ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, khatib tidak wajib berdiri
     Ke-5, Materi minimal yang disampaikan khatib ketika berkhutbah Jumat.
      Mazhab Hanafi berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal membacakan hamdalah dan istigfar. Mazhab Maliki berpendpat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan pesan takwa kepada Allah.
    Mazhab Syafii berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat, pada khutbah pertama minimal menyampaikan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran. Pada khutbah kedua minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan berdoa untuk semua umat Islam.
      Mazhab Hambali berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran.
     Ke-6, Posisi khatib ketika duduk di antara dua khutbah Jumat.
      Mazhab Maliki dan Hanafi berpendapat khatib saat Jumat tidak wajib duduk di antara dua khutbah. Mazhab Syafii berpendapat khatib salat Jumat wajib duduk sebentar di antara dua khutbah. Mazhab Hambali berpendapat khatib boleh duduk atau tidak duduk di antara dua khutbah.
      Ke-7, Bahasa yang digunakan khatib ketika berkhutbah Jumat.
      Mazhab Maliki berpendapat ketika khatib berkhutbah Jumat, khatib wajib menggunakan bahasa Arab. Mazhab  Hanafi, Syafii, dan Hambali berpendapat khatib tidak wajib menggunakan bahasa Arab ketika berkhutbah.
      Ke-8, Bacaan surat Al-Quran setelah membaca surah Al-Fatihah dalam salat Jumat.
      Mazhab Maliki berpendapat pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Ghosiyah (surah ke-88) setelah membaca surah Al-Fatihah (surah ke-1).
     Mazhab Syafii berpendapat pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Munafikun (surah ke-63) setelah membaca surah Al-Fatihah (surah ke-1)
       Mazhab Hanafi berpendapat hukumnya makruh, jika imam salat Jumat ditentukan bacaan suratnya, setelah membaca surah Al-Fatihah.
     Wajib adalah perbuatan yang harus dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan. Sunah adalah perbuatan apabila dilakukan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa.
     Mubah adalah perbuatan yang boleh dilakukan dan boleh tidak dikerjakan. Makruh adalah perbuatan yang dianjurkan untuk ditinggalkan, tetapi tidak berdosa apabila dikerjakan. Haram adalah perbuatan yang terlarang untuk dikerjakan.
Daftar Pustaka.
1. Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab, Muhammad Jawad Mughniyah. Penerbit Lentera Jakarta, 2007)
2. Asy-Syinawi, Abdul Aziz. Biografi Empat Mazhab. Penerbit Beirut Publishing. Ummul Qura. Jakarta, 2013. 
3. Rasjid, Sulaiman. Fikih Islam (Hukum Fikih Lengkap).  Penerbit Sinar Baru Algensindo. Cetakan ke-80, Bandung. 2017.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online

863. MAZHAB

SALAT JUMAT MENURUT EMPAT MAZHAB
Oleh: Drs. H. Yusron Hadi, M.M.


      Beberapa orang bertanya,”Bagaimana cara salat Jumat menurut empat mazhab? Mohon dijelaskan cara salat Jumat menurut empat mazhab? Berikut ini penjelasannya
      Ajaran Islam bersumber kepada Al-Quran dan sunah (hadis) serta memiliki beberapa cabang ilmu, salah satunya Ilmu Fikih (ilmu yang mempelajari tentang hukum Islam).
      Dunia Islam mengenal empat mazhab terbesar, yaitu Mazhab Hanafi, Maliki, Syafii, dan Hambali. Mazhab adalah haluan atau aliran mengenai hukum fikih yang menjadi ikutan umat Islam. Masing-masing mazhab mempunyai karakter dan keistimewaan tersendiri.
      Mazhab Hanafi didirikan oleh Nukman bin Tsabit (lahir tahun 89 Hijriah dan wafat tahun 150 Hijirah). Nukman bin Tsabit seorang guru besar ilmu fikih di Irak. Mazhab Maliki didirikan oleh Imam Malik bin Anas (lahir tahun 93 Hijriah dan wafat tahun 179 Hijriah). Imam Malik bin Anas berasal dari Madinah.
     Mazhab Syafii didirikan oleh Muhammad bin Idris (lahir tahun 150 Hijriah dan wafat tahun 200 Hijirah). Muhammad bin Idris berasal dari Gaza, Palestina. Mazhab Hambali didirikan oleh Ahmad bin Hambal (lahir tahun 164 Hijriah dan wafat tahun 241 Hijriah). Ahmad bin Hambal berasal dari Baghdad, Irak.
      Ke-1, Dasar hukum salat Jumat.
      Semua mazhab sepakat dasar hukum salat Jumat adalah Al-Quran surah Al-Jumuah, surah ke-62 ayat 9.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

     “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.”
      Ke-2, Lokasi (tempat) salat Jumat.
      Mazhab Hanafi, Syafii, dan Hambali berpendapat bahwa lokasi (tempat) melakukan salat Jumat boleh dikerjakan di masjid dan boleh dilaksanakan di tempat lain selain masjid. Mazhab Maliki berpendapat salat Jumat harus dilaksanakan di masjid dan dilarang dilakukan di tempat selain masjid.
      Ke-3, Jumlah minimal Jamaah salat Jumat.
      Mazhab Hanafi berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 5 orang termasuk imam dan mazhab Maliki berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 13 orang termasuk imam. Mazhab Hambali dan Syafii berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 41 orang termasuk imam.
     Ke-4, Posisi khatib ketika sedang berkhutbah.
      Mazhab Maliki dan Syafii berpendapat ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, khatib wajib berdiri. Mazhab Hanafi dan Hambali berpendapat ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, khatib tidak wajib berdiri
     Ke-5, Materi minimal yang disampaikan khatib ketika berkhutbah Jumat.
      Mazhab Hanafi berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal membacakan hamdalah dan istigfar. Mazhab Maliki berpendpat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan pesan takwa kepada Allah.
    Mazhab Syafii berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat, pada khutbah pertama minimal menyampaikan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran. Pada khutbah kedua minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan berdoa untuk semua umat Islam.
      Mazhab Hambali berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran.
     Ke-6, Posisi khatib ketika duduk di antara dua khutbah Jumat.
      Mazhab Maliki dan Hanafi berpendapat khatib saat Jumat tidak wajib duduk di antara dua khutbah. Mazhab Syafii berpendapat khatib salat Jumat wajib duduk sebentar di antara dua khutbah. Mazhab Hambali berpendapat khatib boleh duduk atau tidak duduk di antara dua khutbah.
      Ke-7, Bahasa yang digunakan khatib ketika berkhutbah Jumat.
      Mazhab Maliki berpendapat ketika khatib berkhutbah Jumat, khatib wajib menggunakan bahasa Arab. Mazhab  Hanafi, Syafii, dan Hambali berpendapat khatib tidak wajib menggunakan bahasa Arab ketika berkhutbah.
      Ke-8, Bacaan surat Al-Quran setelah membaca surah Al-Fatihah dalam salat Jumat.
      Mazhab Maliki berpendapat pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Ghosiyah (surah ke-88) setelah membaca surah Al-Fatihah (surah ke-1).
     Mazhab Syafii berpendapat pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Munafikun (surah ke-63) setelah membaca surah Al-Fatihah (surah ke-1)
       Mazhab Hanafi berpendapat hukumnya makruh, jika imam salat Jumat ditentukan bacaan suratnya, setelah membaca surah Al-Fatihah.
     Wajib adalah perbuatan yang harus dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan. Sunah adalah perbuatan apabila dilakukan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa.
     Mubah adalah perbuatan yang boleh dilakukan dan boleh tidak dikerjakan. Makruh adalah perbuatan yang dianjurkan untuk ditinggalkan, tetapi tidak berdosa apabila dikerjakan. Haram adalah perbuatan yang terlarang untuk dikerjakan.
Daftar Pustaka.
1. Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab, Muhammad Jawad Mughniyah. Penerbit Lentera Jakarta, 2007)
2. Asy-Syinawi, Abdul Aziz. Biografi Empat Mazhab. Penerbit Beirut Publishing. Ummul Qura. Jakarta, 2013. 
3. Rasjid, Sulaiman. Fikih Islam (Hukum Fikih Lengkap).  Penerbit Sinar Baru Algensindo. Cetakan ke-80, Bandung. 2017.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online

863. MAZHAB

SALAT JUMAT MENURUT EMPAT MAZHAB
Oleh: Drs. H. Yusron Hadi, M.M.


      Beberapa orang bertanya,”Bagaimana cara salat Jumat menurut empat mazhab? Mohon dijelaskan cara salat Jumat menurut empat mazhab? Berikut ini penjelasannya
      Ajaran Islam bersumber kepada Al-Quran dan sunah (hadis) serta memiliki beberapa cabang ilmu, salah satunya Ilmu Fikih (ilmu yang mempelajari tentang hukum Islam).
      Dunia Islam mengenal empat mazhab terbesar, yaitu Mazhab Hanafi, Maliki, Syafii, dan Hambali. Mazhab adalah haluan atau aliran mengenai hukum fikih yang menjadi ikutan umat Islam. Masing-masing mazhab mempunyai karakter dan keistimewaan tersendiri.
      Mazhab Hanafi didirikan oleh Nukman bin Tsabit (lahir tahun 89 Hijriah dan wafat tahun 150 Hijirah). Nukman bin Tsabit seorang guru besar ilmu fikih di Irak. Mazhab Maliki didirikan oleh Imam Malik bin Anas (lahir tahun 93 Hijriah dan wafat tahun 179 Hijriah). Imam Malik bin Anas berasal dari Madinah.
     Mazhab Syafii didirikan oleh Muhammad bin Idris (lahir tahun 150 Hijriah dan wafat tahun 200 Hijirah). Muhammad bin Idris berasal dari Gaza, Palestina. Mazhab Hambali didirikan oleh Ahmad bin Hambal (lahir tahun 164 Hijriah dan wafat tahun 241 Hijriah). Ahmad bin Hambal berasal dari Baghdad, Irak.
      Ke-1, Dasar hukum salat Jumat.
      Semua mazhab sepakat dasar hukum salat Jumat adalah Al-Quran surah Al-Jumuah, surah ke-62 ayat 9.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

     “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.”
      Ke-2, Lokasi (tempat) salat Jumat.
      Mazhab Hanafi, Syafii, dan Hambali berpendapat bahwa lokasi (tempat) melakukan salat Jumat boleh dikerjakan di masjid dan boleh dilaksanakan di tempat lain selain masjid. Mazhab Maliki berpendapat salat Jumat harus dilaksanakan di masjid dan dilarang dilakukan di tempat selain masjid.
      Ke-3, Jumlah minimal Jamaah salat Jumat.
      Mazhab Hanafi berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 5 orang termasuk imam dan mazhab Maliki berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 13 orang termasuk imam. Mazhab Hambali dan Syafii berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 41 orang termasuk imam.
     Ke-4, Posisi khatib ketika sedang berkhutbah.
      Mazhab Maliki dan Syafii berpendapat ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, khatib wajib berdiri. Mazhab Hanafi dan Hambali berpendapat ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, khatib tidak wajib berdiri
     Ke-5, Materi minimal yang disampaikan khatib ketika berkhutbah Jumat.
      Mazhab Hanafi berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal membacakan hamdalah dan istigfar. Mazhab Maliki berpendpat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan pesan takwa kepada Allah.
    Mazhab Syafii berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat, pada khutbah pertama minimal menyampaikan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran. Pada khutbah kedua minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan berdoa untuk semua umat Islam.
      Mazhab Hambali berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran.
     Ke-6, Posisi khatib ketika duduk di antara dua khutbah Jumat.
      Mazhab Maliki dan Hanafi berpendapat khatib saat Jumat tidak wajib duduk di antara dua khutbah. Mazhab Syafii berpendapat khatib salat Jumat wajib duduk sebentar di antara dua khutbah. Mazhab Hambali berpendapat khatib boleh duduk atau tidak duduk di antara dua khutbah.
      Ke-7, Bahasa yang digunakan khatib ketika berkhutbah Jumat.
      Mazhab Maliki berpendapat ketika khatib berkhutbah Jumat, khatib wajib menggunakan bahasa Arab. Mazhab  Hanafi, Syafii, dan Hambali berpendapat khatib tidak wajib menggunakan bahasa Arab ketika berkhutbah.
      Ke-8, Bacaan surat Al-Quran setelah membaca surah Al-Fatihah dalam salat Jumat.
      Mazhab Maliki berpendapat pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Ghosiyah (surah ke-88) setelah membaca surah Al-Fatihah (surah ke-1).
     Mazhab Syafii berpendapat pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Munafikun (surah ke-63) setelah membaca surah Al-Fatihah (surah ke-1)
       Mazhab Hanafi berpendapat hukumnya makruh, jika imam salat Jumat ditentukan bacaan suratnya, setelah membaca surah Al-Fatihah.
     Wajib adalah perbuatan yang harus dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan. Sunah adalah perbuatan apabila dilakukan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa.
     Mubah adalah perbuatan yang boleh dilakukan dan boleh tidak dikerjakan. Makruh adalah perbuatan yang dianjurkan untuk ditinggalkan, tetapi tidak berdosa apabila dikerjakan. Haram adalah perbuatan yang terlarang untuk dikerjakan.
Daftar Pustaka.
1. Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab, Muhammad Jawad Mughniyah. Penerbit Lentera Jakarta, 2007)
2. Asy-Syinawi, Abdul Aziz. Biografi Empat Mazhab. Penerbit Beirut Publishing. Ummul Qura. Jakarta, 2013. 
3. Rasjid, Sulaiman. Fikih Islam (Hukum Fikih Lengkap).  Penerbit Sinar Baru Algensindo. Cetakan ke-80, Bandung. 2017.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online

863. MAZHAB

SALAT JUMAT MENURUT EMPAT MAZHAB
Oleh: Drs. H. Yusron Hadi, M.M.


      Beberapa orang bertanya,”Bagaimana cara salat Jumat menurut empat mazhab? Mohon dijelaskan cara salat Jumat menurut empat mazhab? Berikut ini penjelasannya
      Ajaran Islam bersumber kepada Al-Quran dan sunah (hadis) serta memiliki beberapa cabang ilmu, salah satunya Ilmu Fikih (ilmu yang mempelajari tentang hukum Islam).
      Dunia Islam mengenal empat mazhab terbesar, yaitu Mazhab Hanafi, Maliki, Syafii, dan Hambali. Mazhab adalah haluan atau aliran mengenai hukum fikih yang menjadi ikutan umat Islam. Masing-masing mazhab mempunyai karakter dan keistimewaan tersendiri.
      Mazhab Hanafi didirikan oleh Nukman bin Tsabit (lahir tahun 89 Hijriah dan wafat tahun 150 Hijirah). Nukman bin Tsabit seorang guru besar ilmu fikih di Irak. Mazhab Maliki didirikan oleh Imam Malik bin Anas (lahir tahun 93 Hijriah dan wafat tahun 179 Hijriah). Imam Malik bin Anas berasal dari Madinah.
     Mazhab Syafii didirikan oleh Muhammad bin Idris (lahir tahun 150 Hijriah dan wafat tahun 200 Hijirah). Muhammad bin Idris berasal dari Gaza, Palestina. Mazhab Hambali didirikan oleh Ahmad bin Hambal (lahir tahun 164 Hijriah dan wafat tahun 241 Hijriah). Ahmad bin Hambal berasal dari Baghdad, Irak.
      Ke-1, Dasar hukum salat Jumat.
      Semua mazhab sepakat dasar hukum salat Jumat adalah Al-Quran surah Al-Jumuah, surah ke-62 ayat 9.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

     “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.”
      Ke-2, Lokasi (tempat) salat Jumat.
      Mazhab Hanafi, Syafii, dan Hambali berpendapat bahwa lokasi (tempat) melakukan salat Jumat boleh dikerjakan di masjid dan boleh dilaksanakan di tempat lain selain masjid. Mazhab Maliki berpendapat salat Jumat harus dilaksanakan di masjid dan dilarang dilakukan di tempat selain masjid.
      Ke-3, Jumlah minimal Jamaah salat Jumat.
      Mazhab Hanafi berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 5 orang termasuk imam dan mazhab Maliki berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 13 orang termasuk imam. Mazhab Hambali dan Syafii berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 41 orang termasuk imam.
     Ke-4, Posisi khatib ketika sedang berkhutbah.
      Mazhab Maliki dan Syafii berpendapat ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, khatib wajib berdiri. Mazhab Hanafi dan Hambali berpendapat ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, khatib tidak wajib berdiri
     Ke-5, Materi minimal yang disampaikan khatib ketika berkhutbah Jumat.
      Mazhab Hanafi berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal membacakan hamdalah dan istigfar. Mazhab Maliki berpendpat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan pesan takwa kepada Allah.
    Mazhab Syafii berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat, pada khutbah pertama minimal menyampaikan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran. Pada khutbah kedua minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan berdoa untuk semua umat Islam.
      Mazhab Hambali berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran.
     Ke-6, Posisi khatib ketika duduk di antara dua khutbah Jumat.
      Mazhab Maliki dan Hanafi berpendapat khatib saat Jumat tidak wajib duduk di antara dua khutbah. Mazhab Syafii berpendapat khatib salat Jumat wajib duduk sebentar di antara dua khutbah. Mazhab Hambali berpendapat khatib boleh duduk atau tidak duduk di antara dua khutbah.
      Ke-7, Bahasa yang digunakan khatib ketika berkhutbah Jumat.
      Mazhab Maliki berpendapat ketika khatib berkhutbah Jumat, khatib wajib menggunakan bahasa Arab. Mazhab  Hanafi, Syafii, dan Hambali berpendapat khatib tidak wajib menggunakan bahasa Arab ketika berkhutbah.
      Ke-8, Bacaan surat Al-Quran setelah membaca surah Al-Fatihah dalam salat Jumat.
      Mazhab Maliki berpendapat pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Ghosiyah (surah ke-88) setelah membaca surah Al-Fatihah (surah ke-1).
     Mazhab Syafii berpendapat pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Munafikun (surah ke-63) setelah membaca surah Al-Fatihah (surah ke-1)
       Mazhab Hanafi berpendapat hukumnya makruh, jika imam salat Jumat ditentukan bacaan suratnya, setelah membaca surah Al-Fatihah.
     Wajib adalah perbuatan yang harus dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan. Sunah adalah perbuatan apabila dilakukan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa.
     Mubah adalah perbuatan yang boleh dilakukan dan boleh tidak dikerjakan. Makruh adalah perbuatan yang dianjurkan untuk ditinggalkan, tetapi tidak berdosa apabila dikerjakan. Haram adalah perbuatan yang terlarang untuk dikerjakan.
Daftar Pustaka.
1. Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab, Muhammad Jawad Mughniyah. Penerbit Lentera Jakarta, 2007)
2. Asy-Syinawi, Abdul Aziz. Biografi Empat Mazhab. Penerbit Beirut Publishing. Ummul Qura. Jakarta, 2013. 
3. Rasjid, Sulaiman. Fikih Islam (Hukum Fikih Lengkap).  Penerbit Sinar Baru Algensindo. Cetakan ke-80, Bandung. 2017.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online

863. MAZHAB

SALAT JUMAT MENURUT EMPAT MAZHAB
Oleh: Drs. H. Yusron Hadi, M.M.


      Beberapa orang bertanya,”Bagaimana cara salat Jumat menurut empat mazhab? Mohon dijelaskan cara salat Jumat menurut empat mazhab? Berikut ini penjelasannya
      Ajaran Islam bersumber kepada Al-Quran dan sunah (hadis) serta memiliki beberapa cabang ilmu, salah satunya Ilmu Fikih (ilmu yang mempelajari tentang hukum Islam).
      Dunia Islam mengenal empat mazhab terbesar, yaitu Mazhab Hanafi, Maliki, Syafii, dan Hambali. Mazhab adalah haluan atau aliran mengenai hukum fikih yang menjadi ikutan umat Islam. Masing-masing mazhab mempunyai karakter dan keistimewaan tersendiri.
      Mazhab Hanafi didirikan oleh Nukman bin Tsabit (lahir tahun 89 Hijriah dan wafat tahun 150 Hijirah). Nukman bin Tsabit seorang guru besar ilmu fikih di Irak. Mazhab Maliki didirikan oleh Imam Malik bin Anas (lahir tahun 93 Hijriah dan wafat tahun 179 Hijriah). Imam Malik bin Anas berasal dari Madinah.
     Mazhab Syafii didirikan oleh Muhammad bin Idris (lahir tahun 150 Hijriah dan wafat tahun 200 Hijirah). Muhammad bin Idris berasal dari Gaza, Palestina. Mazhab Hambali didirikan oleh Ahmad bin Hambal (lahir tahun 164 Hijriah dan wafat tahun 241 Hijriah). Ahmad bin Hambal berasal dari Baghdad, Irak.
      Ke-1, Dasar hukum salat Jumat.
      Semua mazhab sepakat dasar hukum salat Jumat adalah Al-Quran surah Al-Jumuah, surah ke-62 ayat 9.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

     “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.”
      Ke-2, Lokasi (tempat) salat Jumat.
      Mazhab Hanafi, Syafii, dan Hambali berpendapat bahwa lokasi (tempat) melakukan salat Jumat boleh dikerjakan di masjid dan boleh dilaksanakan di tempat lain selain masjid. Mazhab Maliki berpendapat salat Jumat harus dilaksanakan di masjid dan dilarang dilakukan di tempat selain masjid.
      Ke-3, Jumlah minimal Jamaah salat Jumat.
      Mazhab Hanafi berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 5 orang termasuk imam dan mazhab Maliki berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 13 orang termasuk imam. Mazhab Hambali dan Syafii berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 41 orang termasuk imam.
     Ke-4, Posisi khatib ketika sedang berkhutbah.
      Mazhab Maliki dan Syafii berpendapat ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, khatib wajib berdiri. Mazhab Hanafi dan Hambali berpendapat ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, khatib tidak wajib berdiri
     Ke-5, Materi minimal yang disampaikan khatib ketika berkhutbah Jumat.
      Mazhab Hanafi berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal membacakan hamdalah dan istigfar. Mazhab Maliki berpendpat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan pesan takwa kepada Allah.
    Mazhab Syafii berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat, pada khutbah pertama minimal menyampaikan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran. Pada khutbah kedua minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan berdoa untuk semua umat Islam.
      Mazhab Hambali berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran.
     Ke-6, Posisi khatib ketika duduk di antara dua khutbah Jumat.
      Mazhab Maliki dan Hanafi berpendapat khatib saat Jumat tidak wajib duduk di antara dua khutbah. Mazhab Syafii berpendapat khatib salat Jumat wajib duduk sebentar di antara dua khutbah. Mazhab Hambali berpendapat khatib boleh duduk atau tidak duduk di antara dua khutbah.
      Ke-7, Bahasa yang digunakan khatib ketika berkhutbah Jumat.
      Mazhab Maliki berpendapat ketika khatib berkhutbah Jumat, khatib wajib menggunakan bahasa Arab. Mazhab  Hanafi, Syafii, dan Hambali berpendapat khatib tidak wajib menggunakan bahasa Arab ketika berkhutbah.
      Ke-8, Bacaan surat Al-Quran setelah membaca surah Al-Fatihah dalam salat Jumat.
      Mazhab Maliki berpendapat pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Ghosiyah (surah ke-88) setelah membaca surah Al-Fatihah (surah ke-1).
     Mazhab Syafii berpendapat pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Munafikun (surah ke-63) setelah membaca surah Al-Fatihah (surah ke-1)
       Mazhab Hanafi berpendapat hukumnya makruh, jika imam salat Jumat ditentukan bacaan suratnya, setelah membaca surah Al-Fatihah.
     Wajib adalah perbuatan yang harus dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan. Sunah adalah perbuatan apabila dilakukan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa.
     Mubah adalah perbuatan yang boleh dilakukan dan boleh tidak dikerjakan. Makruh adalah perbuatan yang dianjurkan untuk ditinggalkan, tetapi tidak berdosa apabila dikerjakan. Haram adalah perbuatan yang terlarang untuk dikerjakan.
Daftar Pustaka.
1. Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab, Muhammad Jawad Mughniyah. Penerbit Lentera Jakarta, 2007)
2. Asy-Syinawi, Abdul Aziz. Biografi Empat Mazhab. Penerbit Beirut Publishing. Ummul Qura. Jakarta, 2013. 
3. Rasjid, Sulaiman. Fikih Islam (Hukum Fikih Lengkap).  Penerbit Sinar Baru Algensindo. Cetakan ke-80, Bandung. 2017.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online

863. MAZHAB

SALAT JUMAT MENURUT EMPAT MAZHAB
Oleh: Drs. H. Yusron Hadi, M.M.


      Beberapa orang bertanya,”Bagaimana cara salat Jumat menurut empat mazhab? Mohon dijelaskan cara salat Jumat menurut empat mazhab? Berikut ini penjelasannya
      Ajaran Islam bersumber kepada Al-Quran dan sunah (hadis) serta memiliki beberapa cabang ilmu, salah satunya Ilmu Fikih (ilmu yang mempelajari tentang hukum Islam).
      Dunia Islam mengenal empat mazhab terbesar, yaitu Mazhab Hanafi, Maliki, Syafii, dan Hambali. Mazhab adalah haluan atau aliran mengenai hukum fikih yang menjadi ikutan umat Islam. Masing-masing mazhab mempunyai karakter dan keistimewaan tersendiri.
      Mazhab Hanafi didirikan oleh Nukman bin Tsabit (lahir tahun 89 Hijriah dan wafat tahun 150 Hijirah). Nukman bin Tsabit seorang guru besar ilmu fikih di Irak. Mazhab Maliki didirikan oleh Imam Malik bin Anas (lahir tahun 93 Hijriah dan wafat tahun 179 Hijriah). Imam Malik bin Anas berasal dari Madinah.
     Mazhab Syafii didirikan oleh Muhammad bin Idris (lahir tahun 150 Hijriah dan wafat tahun 200 Hijirah). Muhammad bin Idris berasal dari Gaza, Palestina. Mazhab Hambali didirikan oleh Ahmad bin Hambal (lahir tahun 164 Hijriah dan wafat tahun 241 Hijriah). Ahmad bin Hambal berasal dari Baghdad, Irak.
      Ke-1, Dasar hukum salat Jumat.
      Semua mazhab sepakat dasar hukum salat Jumat adalah Al-Quran surah Al-Jumuah, surah ke-62 ayat 9.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

     “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.”
      Ke-2, Lokasi (tempat) salat Jumat.
      Mazhab Hanafi, Syafii, dan Hambali berpendapat bahwa lokasi (tempat) melakukan salat Jumat boleh dikerjakan di masjid dan boleh dilaksanakan di tempat lain selain masjid. Mazhab Maliki berpendapat salat Jumat harus dilaksanakan di masjid dan dilarang dilakukan di tempat selain masjid.
      Ke-3, Jumlah minimal Jamaah salat Jumat.
      Mazhab Hanafi berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 5 orang termasuk imam dan mazhab Maliki berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 13 orang termasuk imam. Mazhab Hambali dan Syafii berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 41 orang termasuk imam.
     Ke-4, Posisi khatib ketika sedang berkhutbah.
      Mazhab Maliki dan Syafii berpendapat ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, khatib wajib berdiri. Mazhab Hanafi dan Hambali berpendapat ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, khatib tidak wajib berdiri
     Ke-5, Materi minimal yang disampaikan khatib ketika berkhutbah Jumat.
      Mazhab Hanafi berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal membacakan hamdalah dan istigfar. Mazhab Maliki berpendpat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan pesan takwa kepada Allah.
    Mazhab Syafii berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat, pada khutbah pertama minimal menyampaikan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran. Pada khutbah kedua minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan berdoa untuk semua umat Islam.
      Mazhab Hambali berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran.
     Ke-6, Posisi khatib ketika duduk di antara dua khutbah Jumat.
      Mazhab Maliki dan Hanafi berpendapat khatib saat Jumat tidak wajib duduk di antara dua khutbah. Mazhab Syafii berpendapat khatib salat Jumat wajib duduk sebentar di antara dua khutbah. Mazhab Hambali berpendapat khatib boleh duduk atau tidak duduk di antara dua khutbah.
      Ke-7, Bahasa yang digunakan khatib ketika berkhutbah Jumat.
      Mazhab Maliki berpendapat ketika khatib berkhutbah Jumat, khatib wajib menggunakan bahasa Arab. Mazhab  Hanafi, Syafii, dan Hambali berpendapat khatib tidak wajib menggunakan bahasa Arab ketika berkhutbah.
      Ke-8, Bacaan surat Al-Quran setelah membaca surah Al-Fatihah dalam salat Jumat.
      Mazhab Maliki berpendapat pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Ghosiyah (surah ke-88) setelah membaca surah Al-Fatihah (surah ke-1).
     Mazhab Syafii berpendapat pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Munafikun (surah ke-63) setelah membaca surah Al-Fatihah (surah ke-1)
       Mazhab Hanafi berpendapat hukumnya makruh, jika imam salat Jumat ditentukan bacaan suratnya, setelah membaca surah Al-Fatihah.
     Wajib adalah perbuatan yang harus dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan. Sunah adalah perbuatan apabila dilakukan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa.
     Mubah adalah perbuatan yang boleh dilakukan dan boleh tidak dikerjakan. Makruh adalah perbuatan yang dianjurkan untuk ditinggalkan, tetapi tidak berdosa apabila dikerjakan. Haram adalah perbuatan yang terlarang untuk dikerjakan.
Daftar Pustaka.
1. Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab, Muhammad Jawad Mughniyah. Penerbit Lentera Jakarta, 2007)
2. Asy-Syinawi, Abdul Aziz. Biografi Empat Mazhab. Penerbit Beirut Publishing. Ummul Qura. Jakarta, 2013. 
3. Rasjid, Sulaiman. Fikih Islam (Hukum Fikih Lengkap).  Penerbit Sinar Baru Algensindo. Cetakan ke-80, Bandung. 2017.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online

863. MAZHAB

SALAT JUMAT MENURUT EMPAT MAZHAB
Oleh: Drs. H. Yusron Hadi, M.M.


      Beberapa orang bertanya,”Bagaimana cara salat Jumat menurut empat mazhab? Mohon dijelaskan cara salat Jumat menurut empat mazhab? Berikut ini penjelasannya
      Ajaran Islam bersumber kepada Al-Quran dan sunah (hadis) serta memiliki beberapa cabang ilmu, salah satunya Ilmu Fikih (ilmu yang mempelajari tentang hukum Islam).
      Dunia Islam mengenal empat mazhab terbesar, yaitu Mazhab Hanafi, Maliki, Syafii, dan Hambali. Mazhab adalah haluan atau aliran mengenai hukum fikih yang menjadi ikutan umat Islam. Masing-masing mazhab mempunyai karakter dan keistimewaan tersendiri.
      Mazhab Hanafi didirikan oleh Nukman bin Tsabit (lahir tahun 89 Hijriah dan wafat tahun 150 Hijirah). Nukman bin Tsabit seorang guru besar ilmu fikih di Irak. Mazhab Maliki didirikan oleh Imam Malik bin Anas (lahir tahun 93 Hijriah dan wafat tahun 179 Hijriah). Imam Malik bin Anas berasal dari Madinah.
     Mazhab Syafii didirikan oleh Muhammad bin Idris (lahir tahun 150 Hijriah dan wafat tahun 200 Hijirah). Muhammad bin Idris berasal dari Gaza, Palestina. Mazhab Hambali didirikan oleh Ahmad bin Hambal (lahir tahun 164 Hijriah dan wafat tahun 241 Hijriah). Ahmad bin Hambal berasal dari Baghdad, Irak.
      Ke-1, Dasar hukum salat Jumat.
      Semua mazhab sepakat dasar hukum salat Jumat adalah Al-Quran surah Al-Jumuah, surah ke-62 ayat 9.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

     “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.”
      Ke-2, Lokasi (tempat) salat Jumat.
      Mazhab Hanafi, Syafii, dan Hambali berpendapat bahwa lokasi (tempat) melakukan salat Jumat boleh dikerjakan di masjid dan boleh dilaksanakan di tempat lain selain masjid. Mazhab Maliki berpendapat salat Jumat harus dilaksanakan di masjid dan dilarang dilakukan di tempat selain masjid.
      Ke-3, Jumlah minimal Jamaah salat Jumat.
      Mazhab Hanafi berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 5 orang termasuk imam dan mazhab Maliki berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 13 orang termasuk imam. Mazhab Hambali dan Syafii berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 41 orang termasuk imam.
     Ke-4, Posisi khatib ketika sedang berkhutbah.
      Mazhab Maliki dan Syafii berpendapat ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, khatib wajib berdiri. Mazhab Hanafi dan Hambali berpendapat ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, khatib tidak wajib berdiri
     Ke-5, Materi minimal yang disampaikan khatib ketika berkhutbah Jumat.
      Mazhab Hanafi berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal membacakan hamdalah dan istigfar. Mazhab Maliki berpendpat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan pesan takwa kepada Allah.
    Mazhab Syafii berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat, pada khutbah pertama minimal menyampaikan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran. Pada khutbah kedua minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan berdoa untuk semua umat Islam.
      Mazhab Hambali berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran.
     Ke-6, Posisi khatib ketika duduk di antara dua khutbah Jumat.
      Mazhab Maliki dan Hanafi berpendapat khatib saat Jumat tidak wajib duduk di antara dua khutbah. Mazhab Syafii berpendapat khatib salat Jumat wajib duduk sebentar di antara dua khutbah. Mazhab Hambali berpendapat khatib boleh duduk atau tidak duduk di antara dua khutbah.
      Ke-7, Bahasa yang digunakan khatib ketika berkhutbah Jumat.
      Mazhab Maliki berpendapat ketika khatib berkhutbah Jumat, khatib wajib menggunakan bahasa Arab. Mazhab  Hanafi, Syafii, dan Hambali berpendapat khatib tidak wajib menggunakan bahasa Arab ketika berkhutbah.
      Ke-8, Bacaan surat Al-Quran setelah membaca surah Al-Fatihah dalam salat Jumat.
      Mazhab Maliki berpendapat pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Ghosiyah (surah ke-88) setelah membaca surah Al-Fatihah (surah ke-1).
     Mazhab Syafii berpendapat pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Munafikun (surah ke-63) setelah membaca surah Al-Fatihah (surah ke-1)
       Mazhab Hanafi berpendapat hukumnya makruh, jika imam salat Jumat ditentukan bacaan suratnya, setelah membaca surah Al-Fatihah.
     Wajib adalah perbuatan yang harus dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan. Sunah adalah perbuatan apabila dilakukan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa.
     Mubah adalah perbuatan yang boleh dilakukan dan boleh tidak dikerjakan. Makruh adalah perbuatan yang dianjurkan untuk ditinggalkan, tetapi tidak berdosa apabila dikerjakan. Haram adalah perbuatan yang terlarang untuk dikerjakan.
Daftar Pustaka.
1. Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab, Muhammad Jawad Mughniyah. Penerbit Lentera Jakarta, 2007)
2. Asy-Syinawi, Abdul Aziz. Biografi Empat Mazhab. Penerbit Beirut Publishing. Ummul Qura. Jakarta, 2013. 
3. Rasjid, Sulaiman. Fikih Islam (Hukum Fikih Lengkap).  Penerbit Sinar Baru Algensindo. Cetakan ke-80, Bandung. 2017.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online

863. MAZHAB

SALAT JUMAT MENURUT EMPAT MAZHAB
Oleh: Drs. H. Yusron Hadi, M.M.


      Beberapa orang bertanya,”Bagaimana cara salat Jumat menurut empat mazhab? Mohon dijelaskan cara salat Jumat menurut empat mazhab? Berikut ini penjelasannya
      Ajaran Islam bersumber kepada Al-Quran dan sunah (hadis) serta memiliki beberapa cabang ilmu, salah satunya Ilmu Fikih (ilmu yang mempelajari tentang hukum Islam).
      Dunia Islam mengenal empat mazhab terbesar, yaitu Mazhab Hanafi, Maliki, Syafii, dan Hambali. Mazhab adalah haluan atau aliran mengenai hukum fikih yang menjadi ikutan umat Islam. Masing-masing mazhab mempunyai karakter dan keistimewaan tersendiri.
      Mazhab Hanafi didirikan oleh Nukman bin Tsabit (lahir tahun 89 Hijriah dan wafat tahun 150 Hijirah). Nukman bin Tsabit seorang guru besar ilmu fikih di Irak. Mazhab Maliki didirikan oleh Imam Malik bin Anas (lahir tahun 93 Hijriah dan wafat tahun 179 Hijriah). Imam Malik bin Anas berasal dari Madinah.
     Mazhab Syafii didirikan oleh Muhammad bin Idris (lahir tahun 150 Hijriah dan wafat tahun 200 Hijirah). Muhammad bin Idris berasal dari Gaza, Palestina. Mazhab Hambali didirikan oleh Ahmad bin Hambal (lahir tahun 164 Hijriah dan wafat tahun 241 Hijriah). Ahmad bin Hambal berasal dari Baghdad, Irak.
      Ke-1, Dasar hukum salat Jumat.
      Semua mazhab sepakat dasar hukum salat Jumat adalah Al-Quran surah Al-Jumuah, surah ke-62 ayat 9.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

     “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.”
      Ke-2, Lokasi (tempat) salat Jumat.
      Mazhab Hanafi, Syafii, dan Hambali berpendapat bahwa lokasi (tempat) melakukan salat Jumat boleh dikerjakan di masjid dan boleh dilaksanakan di tempat lain selain masjid. Mazhab Maliki berpendapat salat Jumat harus dilaksanakan di masjid dan dilarang dilakukan di tempat selain masjid.
      Ke-3, Jumlah minimal Jamaah salat Jumat.
      Mazhab Hanafi berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 5 orang termasuk imam dan mazhab Maliki berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 13 orang termasuk imam. Mazhab Hambali dan Syafii berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 41 orang termasuk imam.
     Ke-4, Posisi khatib ketika sedang berkhutbah.
      Mazhab Maliki dan Syafii berpendapat ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, khatib wajib berdiri. Mazhab Hanafi dan Hambali berpendapat ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, khatib tidak wajib berdiri
     Ke-5, Materi minimal yang disampaikan khatib ketika berkhutbah Jumat.
      Mazhab Hanafi berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal membacakan hamdalah dan istigfar. Mazhab Maliki berpendpat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan pesan takwa kepada Allah.
    Mazhab Syafii berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat, pada khutbah pertama minimal menyampaikan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran. Pada khutbah kedua minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan berdoa untuk semua umat Islam.
      Mazhab Hambali berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran.
     Ke-6, Posisi khatib ketika duduk di antara dua khutbah Jumat.
      Mazhab Maliki dan Hanafi berpendapat khatib saat Jumat tidak wajib duduk di antara dua khutbah. Mazhab Syafii berpendapat khatib salat Jumat wajib duduk sebentar di antara dua khutbah. Mazhab Hambali berpendapat khatib boleh duduk atau tidak duduk di antara dua khutbah.
      Ke-7, Bahasa yang digunakan khatib ketika berkhutbah Jumat.
      Mazhab Maliki berpendapat ketika khatib berkhutbah Jumat, khatib wajib menggunakan bahasa Arab. Mazhab  Hanafi, Syafii, dan Hambali berpendapat khatib tidak wajib menggunakan bahasa Arab ketika berkhutbah.
      Ke-8, Bacaan surat Al-Quran setelah membaca surah Al-Fatihah dalam salat Jumat.
      Mazhab Maliki berpendapat pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Ghosiyah (surah ke-88) setelah membaca surah Al-Fatihah (surah ke-1).
     Mazhab Syafii berpendapat pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Munafikun (surah ke-63) setelah membaca surah Al-Fatihah (surah ke-1)
       Mazhab Hanafi berpendapat hukumnya makruh, jika imam salat Jumat ditentukan bacaan suratnya, setelah membaca surah Al-Fatihah.
     Wajib adalah perbuatan yang harus dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan. Sunah adalah perbuatan apabila dilakukan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa.
     Mubah adalah perbuatan yang boleh dilakukan dan boleh tidak dikerjakan. Makruh adalah perbuatan yang dianjurkan untuk ditinggalkan, tetapi tidak berdosa apabila dikerjakan. Haram adalah perbuatan yang terlarang untuk dikerjakan.
Daftar Pustaka.
1. Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab, Muhammad Jawad Mughniyah. Penerbit Lentera Jakarta, 2007)
2. Asy-Syinawi, Abdul Aziz. Biografi Empat Mazhab. Penerbit Beirut Publishing. Ummul Qura. Jakarta, 2013. 
3. Rasjid, Sulaiman. Fikih Islam (Hukum Fikih Lengkap).  Penerbit Sinar Baru Algensindo. Cetakan ke-80, Bandung. 2017.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online

863. MAZHAB

SALAT JUMAT MENURUT EMPAT MAZHAB
Oleh: Drs. H. Yusron Hadi, M.M.


      Beberapa orang bertanya,”Bagaimana cara salat Jumat menurut empat mazhab? Mohon dijelaskan cara salat Jumat menurut empat mazhab? Berikut ini penjelasannya
      Ajaran Islam bersumber kepada Al-Quran dan sunah (hadis) serta memiliki beberapa cabang ilmu, salah satunya Ilmu Fikih (ilmu yang mempelajari tentang hukum Islam).
      Dunia Islam mengenal empat mazhab terbesar, yaitu Mazhab Hanafi, Maliki, Syafii, dan Hambali. Mazhab adalah haluan atau aliran mengenai hukum fikih yang menjadi ikutan umat Islam. Masing-masing mazhab mempunyai karakter dan keistimewaan tersendiri.
      Mazhab Hanafi didirikan oleh Nukman bin Tsabit (lahir tahun 89 Hijriah dan wafat tahun 150 Hijirah). Nukman bin Tsabit seorang guru besar ilmu fikih di Irak. Mazhab Maliki didirikan oleh Imam Malik bin Anas (lahir tahun 93 Hijriah dan wafat tahun 179 Hijriah). Imam Malik bin Anas berasal dari Madinah.
     Mazhab Syafii didirikan oleh Muhammad bin Idris (lahir tahun 150 Hijriah dan wafat tahun 200 Hijirah). Muhammad bin Idris berasal dari Gaza, Palestina. Mazhab Hambali didirikan oleh Ahmad bin Hambal (lahir tahun 164 Hijriah dan wafat tahun 241 Hijriah). Ahmad bin Hambal berasal dari Baghdad, Irak.
      Ke-1, Dasar hukum salat Jumat.
      Semua mazhab sepakat dasar hukum salat Jumat adalah Al-Quran surah Al-Jumuah, surah ke-62 ayat 9.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

     “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.”
      Ke-2, Lokasi (tempat) salat Jumat.
      Mazhab Hanafi, Syafii, dan Hambali berpendapat bahwa lokasi (tempat) melakukan salat Jumat boleh dikerjakan di masjid dan boleh dilaksanakan di tempat lain selain masjid. Mazhab Maliki berpendapat salat Jumat harus dilaksanakan di masjid dan dilarang dilakukan di tempat selain masjid.
      Ke-3, Jumlah minimal Jamaah salat Jumat.
      Mazhab Hanafi berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 5 orang termasuk imam dan mazhab Maliki berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 13 orang termasuk imam. Mazhab Hambali dan Syafii berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 41 orang termasuk imam.
     Ke-4, Posisi khatib ketika sedang berkhutbah.
      Mazhab Maliki dan Syafii berpendapat ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, khatib wajib berdiri. Mazhab Hanafi dan Hambali berpendapat ketika khatib sedang berkhutbah Jumat, khatib tidak wajib berdiri
     Ke-5, Materi minimal yang disampaikan khatib ketika berkhutbah Jumat.
      Mazhab Hanafi berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal membacakan hamdalah dan istigfar. Mazhab Maliki berpendpat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan pesan takwa kepada Allah.
    Mazhab Syafii berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat, pada khutbah pertama minimal menyampaikan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran. Pada khutbah kedua minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan berdoa untuk semua umat Islam.
      Mazhab Hambali berpendapat khatib ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran.
     Ke-6, Posisi khatib ketika duduk di antara dua khutbah Jumat.
      Mazhab Maliki dan Hanafi berpendapat khatib saat Jumat tidak wajib duduk di antara dua khutbah. Mazhab Syafii berpendapat khatib salat Jumat wajib duduk sebentar di antara dua khutbah. Mazhab Hambali berpendapat khatib boleh duduk atau tidak duduk di antara dua khutbah.
      Ke-7, Bahasa yang digunakan khatib ketika berkhutbah Jumat.
      Mazhab Maliki berpendapat ketika khatib berkhutbah Jumat, khatib wajib menggunakan bahasa Arab. Mazhab  Hanafi, Syafii, dan Hambali berpendapat khatib tidak wajib menggunakan bahasa Arab ketika berkhutbah.
      Ke-8, Bacaan surat Al-Quran setelah membaca surah Al-Fatihah dalam salat Jumat.
      Mazhab Maliki berpendapat pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Ghosiyah (surah ke-88) setelah membaca surah Al-Fatihah (surah ke-1).
     Mazhab Syafii berpendapat pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Munafikun (surah ke-63) setelah membaca surah Al-Fatihah (surah ke-1)
       Mazhab Hanafi berpendapat hukumnya makruh, jika imam salat Jumat ditentukan bacaan suratnya, setelah membaca surah Al-Fatihah.
     Wajib adalah perbuatan yang harus dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan. Sunah adalah perbuatan apabila dilakukan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa.
     Mubah adalah perbuatan yang boleh dilakukan dan boleh tidak dikerjakan. Makruh adalah perbuatan yang dianjurkan untuk ditinggalkan, tetapi tidak berdosa apabila dikerjakan. Haram adalah perbuatan yang terlarang untuk dikerjakan.
Daftar Pustaka.
1. Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab, Muhammad Jawad Mughniyah. Penerbit Lentera Jakarta, 2007)
2. Asy-Syinawi, Abdul Aziz. Biografi Empat Mazhab. Penerbit Beirut Publishing. Ummul Qura. Jakarta, 2013. 
3. Rasjid, Sulaiman. Fikih Islam (Hukum Fikih Lengkap).  Penerbit Sinar Baru Algensindo. Cetakan ke-80, Bandung. 2017.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online

862. JUMAT

SALAT JUMAT
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M


      Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang salat Jumat menurut agama Islam?” Ustad Sulaiman Rasjid menjelaskannya.
      Kata “salat” (menurut KBBI V) dapat diartikan “rukun Islam kedua, berupa ibadah kepada Allah, wajib dilakukan oleh setiap muslim mukalaf, dengan syarat, rukun, dan bacaan tertentu, dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam”, atau ”doa kepada Allah”. Kata “jumat” dapat diartikan “hari ke-6 dalam jangka waktu satu minggu”.
     
      Salat berjamaah adalah salat yang dilaksanakan bersama-sama dengan mengikuti imam. Jika dua orang atau lebih salat bersama-sama dengan salah seorang di antara mereka menjadi imam (pemimpin), sedangkan orang yang lain menjadi makmum (pengikut), maka mereka dinamakan salat berjamaah.
      Kata “imam” menurut KBBI V dapat diartikan “pemimpin salat (pada salat berjamaah seperti pada salat Jumat)”, “pemimpin”, ”kepala (negeri dan sebagainya)”, “(dipakai juga sebagai gelar) pemimpin”, ”penghulu”, “pemimpin mazhab”, “pemimpin umat/jamaah”,  atau “pastur yang mempersembahkan kurban misa atau memimpin upacara di gereja”.
      Kata “makmum” (menurut KBBI V) dapat diartikan “orang yang dipimpin (dalam salat berjamaah) oleh imam”, “pengikut”, atau “penurut”
      Al-Quran surah Al-Jumuah, surah ke-62 ayat 9.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

     “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”
      Para ulama menjelaskan bahwa salat Jumat hukumnya adalah fardu ain (kewajiban perseorangan) artinya wajib atas semua laki-laki dewasa yang beragama Islam, merdeka, dan tidak dalam perjalanan. Wanita, anak-anak, budak, dan orang yang dalam perjalanan tidak wajib melaksanakan salat Jumat.
      Nabi bersabda,”Salat Jumat itu wajib ain dikerjakan dengan berjamaah untuk setiap umat Islam, kecuali budak, wanita, anak-anak, dan orang yang sakit.”
      Rukun khotbah Jumat adalah berikut ini.
     Ke-1, mengucapkan puji-pujian kepada Allah. Ke-2, membaca selawat kepada Nabi Muhammad (sebagian ulama berpendapat bahwa membaca selawat kepada Nabi Muhammad bukan rukun khotbah).
      Ke-3, mengucapkan syahadat. Ke-4, berwasiat untuk bertakwa kepada Allah. Ke-5, membaca surah atau ayat Al-Quran pada salah satu khotbah. Ke-6, berdoa untuk kaum muslmin dan muslimat (sebagian ulama berpendapat bahwa berdoa bukan rukun). Ke-7, berkhotbah menggunakan bahasa Arab (ulama yang lain berpendapat boleh menggunakan bahasa selain arab).
      Syarat khotbah Jumat adalah berikut ini.
      Ke-1, khatib berbusana menutup aurat. Ke-2, khatib berkhotbah sambil berdiri. Ke-3, badan dan pakaian khatib harus suci dari hadas. Ke-4, khatib berkhotbah dengan suara yang keras dan jelas. Ke-5, khatib memberikan salam kepada jamaah. Ke-6, khatib duduk di antara dua khotbah.
      Sunah khotbah Jumat adalah berikut ini.
      Ke-1, khatib berdiri di atas mimbar yang agak tinggi. Ke-2, khatib duduk setelah memberikan salam, lalu dikumandangkan azan. Ke-3, jamaah diam dan mendengarkan khotbah. Ke-4, khatib membaca surah Al-Ikhlas ketika duduk di antara dua khotbah.
     Pada hari jumat disunahkan untuk mandi, berhias, memakai wangi-wangian, berbusana putih, merapikan kuku, rambut, kumis, segera ke masjid, membaca surah Al-Kahfi,  membaca Al-Quran, berzikir, dan selawat kepada Nabi Muhammad.

Daftar Pustaka.
1. Rasjid, Sulaiman. Fikih Islam (Hukum Fikih Lengkap).  Penerbit Sinar Baru Algensindo. Cetakan ke-80, Bandung. 2017.
2. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
3. Tafsirq.com online

862. JUMAT

SALAT JUMAT
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M


      Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang salat Jumat menurut agama Islam?” Ustad Sulaiman Rasjid menjelaskannya.
      Kata “salat” (menurut KBBI V) dapat diartikan “rukun Islam kedua, berupa ibadah kepada Allah, wajib dilakukan oleh setiap muslim mukalaf, dengan syarat, rukun, dan bacaan tertentu, dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam”, atau ”doa kepada Allah”. Kata “jumat” dapat diartikan “hari ke-6 dalam jangka waktu satu minggu”.
     
      Salat berjamaah adalah salat yang dilaksanakan bersama-sama dengan mengikuti imam. Jika dua orang atau lebih salat bersama-sama dengan salah seorang di antara mereka menjadi imam (pemimpin), sedangkan orang yang lain menjadi makmum (pengikut), maka mereka dinamakan salat berjamaah.
      Kata “imam” menurut KBBI V dapat diartikan “pemimpin salat (pada salat berjamaah seperti pada salat Jumat)”, “pemimpin”, ”kepala (negeri dan sebagainya)”, “(dipakai juga sebagai gelar) pemimpin”, ”penghulu”, “pemimpin mazhab”, “pemimpin umat/jamaah”,  atau “pastur yang mempersembahkan kurban misa atau memimpin upacara di gereja”.
      Kata “makmum” (menurut KBBI V) dapat diartikan “orang yang dipimpin (dalam salat berjamaah) oleh imam”, “pengikut”, atau “penurut”
      Al-Quran surah Al-Jumuah, surah ke-62 ayat 9.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

     “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”
      Para ulama menjelaskan bahwa salat Jumat hukumnya adalah fardu ain (kewajiban perseorangan) artinya wajib atas semua laki-laki dewasa yang beragama Islam, merdeka, dan tidak dalam perjalanan. Wanita, anak-anak, budak, dan orang yang dalam perjalanan tidak wajib melaksanakan salat Jumat.
      Nabi bersabda,”Salat Jumat itu wajib ain dikerjakan dengan berjamaah untuk setiap umat Islam, kecuali budak, wanita, anak-anak, dan orang yang sakit.”
      Rukun khotbah Jumat adalah berikut ini.
     Ke-1, mengucapkan puji-pujian kepada Allah. Ke-2, membaca selawat kepada Nabi Muhammad (sebagian ulama berpendapat bahwa membaca selawat kepada Nabi Muhammad bukan rukun khotbah).
      Ke-3, mengucapkan syahadat. Ke-4, berwasiat untuk bertakwa kepada Allah. Ke-5, membaca surah atau ayat Al-Quran pada salah satu khotbah. Ke-6, berdoa untuk kaum muslmin dan muslimat (sebagian ulama berpendapat bahwa berdoa bukan rukun). Ke-7, berkhotbah menggunakan bahasa Arab (ulama yang lain berpendapat boleh menggunakan bahasa selain arab).
      Syarat khotbah Jumat adalah berikut ini.
      Ke-1, khatib berbusana menutup aurat. Ke-2, khatib berkhotbah sambil berdiri. Ke-3, badan dan pakaian khatib harus suci dari hadas. Ke-4, khatib berkhotbah dengan suara yang keras dan jelas. Ke-5, khatib memberikan salam kepada jamaah. Ke-6, khatib duduk di antara dua khotbah.
      Sunah khotbah Jumat adalah berikut ini.
      Ke-1, khatib berdiri di atas mimbar yang agak tinggi. Ke-2, khatib duduk setelah memberikan salam, lalu dikumandangkan azan. Ke-3, jamaah diam dan mendengarkan khotbah. Ke-4, khatib membaca surah Al-Ikhlas ketika duduk di antara dua khotbah.
     Pada hari jumat disunahkan untuk mandi, berhias, memakai wangi-wangian, berbusana putih, merapikan kuku, rambut, kumis, segera ke masjid, membaca surah Al-Kahfi,  membaca Al-Quran, berzikir, dan selawat kepada Nabi Muhammad.

Daftar Pustaka.
1. Rasjid, Sulaiman. Fikih Islam (Hukum Fikih Lengkap).  Penerbit Sinar Baru Algensindo. Cetakan ke-80, Bandung. 2017.
2. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
3. Tafsirq.com online

862. JUMAT

SALAT JUMAT
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M


      Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang salat Jumat menurut agama Islam?” Ustad Sulaiman Rasjid menjelaskannya.
      Kata “salat” (menurut KBBI V) dapat diartikan “rukun Islam kedua, berupa ibadah kepada Allah, wajib dilakukan oleh setiap muslim mukalaf, dengan syarat, rukun, dan bacaan tertentu, dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam”, atau ”doa kepada Allah”. Kata “jumat” dapat diartikan “hari ke-6 dalam jangka waktu satu minggu”.
     
      Salat berjamaah adalah salat yang dilaksanakan bersama-sama dengan mengikuti imam. Jika dua orang atau lebih salat bersama-sama dengan salah seorang di antara mereka menjadi imam (pemimpin), sedangkan orang yang lain menjadi makmum (pengikut), maka mereka dinamakan salat berjamaah.
      Kata “imam” menurut KBBI V dapat diartikan “pemimpin salat (pada salat berjamaah seperti pada salat Jumat)”, “pemimpin”, ”kepala (negeri dan sebagainya)”, “(dipakai juga sebagai gelar) pemimpin”, ”penghulu”, “pemimpin mazhab”, “pemimpin umat/jamaah”,  atau “pastur yang mempersembahkan kurban misa atau memimpin upacara di gereja”.
      Kata “makmum” (menurut KBBI V) dapat diartikan “orang yang dipimpin (dalam salat berjamaah) oleh imam”, “pengikut”, atau “penurut”
      Al-Quran surah Al-Jumuah, surah ke-62 ayat 9.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

     “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”
      Para ulama menjelaskan bahwa salat Jumat hukumnya adalah fardu ain (kewajiban perseorangan) artinya wajib atas semua laki-laki dewasa yang beragama Islam, merdeka, dan tidak dalam perjalanan. Wanita, anak-anak, budak, dan orang yang dalam perjalanan tidak wajib melaksanakan salat Jumat.
      Nabi bersabda,”Salat Jumat itu wajib ain dikerjakan dengan berjamaah untuk setiap umat Islam, kecuali budak, wanita, anak-anak, dan orang yang sakit.”
      Rukun khotbah Jumat adalah berikut ini.
     Ke-1, mengucapkan puji-pujian kepada Allah. Ke-2, membaca selawat kepada Nabi Muhammad (sebagian ulama berpendapat bahwa membaca selawat kepada Nabi Muhammad bukan rukun khotbah).
      Ke-3, mengucapkan syahadat. Ke-4, berwasiat untuk bertakwa kepada Allah. Ke-5, membaca surah atau ayat Al-Quran pada salah satu khotbah. Ke-6, berdoa untuk kaum muslmin dan muslimat (sebagian ulama berpendapat bahwa berdoa bukan rukun). Ke-7, berkhotbah menggunakan bahasa Arab (ulama yang lain berpendapat boleh menggunakan bahasa selain arab).
      Syarat khotbah Jumat adalah berikut ini.
      Ke-1, khatib berbusana menutup aurat. Ke-2, khatib berkhotbah sambil berdiri. Ke-3, badan dan pakaian khatib harus suci dari hadas. Ke-4, khatib berkhotbah dengan suara yang keras dan jelas. Ke-5, khatib memberikan salam kepada jamaah. Ke-6, khatib duduk di antara dua khotbah.
      Sunah khotbah Jumat adalah berikut ini.
      Ke-1, khatib berdiri di atas mimbar yang agak tinggi. Ke-2, khatib duduk setelah memberikan salam, lalu dikumandangkan azan. Ke-3, jamaah diam dan mendengarkan khotbah. Ke-4, khatib membaca surah Al-Ikhlas ketika duduk di antara dua khotbah.
     Pada hari jumat disunahkan untuk mandi, berhias, memakai wangi-wangian, berbusana putih, merapikan kuku, rambut, kumis, segera ke masjid, membaca surah Al-Kahfi,  membaca Al-Quran, berzikir, dan selawat kepada Nabi Muhammad.

Daftar Pustaka.
1. Rasjid, Sulaiman. Fikih Islam (Hukum Fikih Lengkap).  Penerbit Sinar Baru Algensindo. Cetakan ke-80, Bandung. 2017.
2. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
3. Tafsirq.com online