Sunday, May 16, 2021

9612. BEDANYA SANAD MATAN RAWI ZAMAN TIK TOK

 


BEDANYA SANAD MATAN DAN RAWI ZAMAN TIK TOK

 

 

 

Kaidah ilmu

Oleh Tere Liye.

 

 

Sebenarnya, dalam ilmu apa pun, kita bisa memakai konsep ini:

sanad, matan, rawi.

 

Apa itu sanad?

 

Rangkaian yg mewariskan sebuah ilmu.

 

Dari si A ke si B, lantas ke si C, dstnya.

 

Misal, guru kita di sekolah bilang, bumi itu bulat.

 

Dari mana guru kita tahu?

 

Dari buku2 yg dia baca.

 

Siapa yg menulis buku2 itu?

 

Para penulis2 buku teks pelajaran yg terpercaya.

 

Dari mana penulis2 buku teks itu tahu?

 

Dari peneliti2, ilmuwan2 berpengalaman, yg telah membuktikan bumi itu bulat.

 

Sanad ini terus mengalir.

 

Tiba di kelas, di sekolah2.

 

Kalian dengarkan ilmunya:

bumi itu bulat

 

Apa itu matan?

 

Adalah redaksi dari ilmu tsb.

 

 Konten ilmu tsb.

 

'Bumi itu bulat', adalah matan-nya.

 

Dalam banyak kesempatan.

 

Kita bisa menilai apakah matan dari ilmu tsb masuk akal atau tidak.

 

 Misal, 'perjalanan ke matahari.

 

Sangat tidak mungkin jika dilakukan siang hari.

 

 

Kecuali malam hari, kita bisa ke sana'.

 

Nah, apakah 'matan'-nya masuk akal?

 

Apakah bertentangan dgn ilmu2 yg baik ber-sanad sama

 

 

Atau ber-sanad beda lainnya?

 

 

Apa itu Rawi?

 

Yang menyampaikan ilmu tsb.

 

Di sekolah, maka yg menyampaikan adalah guru2 kita.

 

 Di kampus, dosen2 kita.

 

Di seminar2, yg menyampaikan narasumber.

 

Dll, dsbnya.

 

Kaidah ini sih ada di ilmu hadis sebenarnya.

 

Ditulis ulang dgn bahasa ringan, dan definisi konteksual hari ini.

 

 

Tidak persis sesuai aslinya.

 

 

Setiap hadis senantiasa dinilai dari 3 hal tsb.

 

Bagaimana sanadnya.

 

Bagaimana matannya.

 

Bagaimana rawi-nya.

 

 

Baru kita bisa melihat kualitas hadist tsb.

 

Sahih, atau KW?

 

Seberapa terpercaya Perawinya?

 

Seberapa kokoh sanadnya?

 

Lantas apa matannya?

 

Jelas 3 hal ini, maka terpercaya sudah hadis tsb.

 

 

 

Pun seperti yg dibilang di mukadimah tulisan ini.

 

 

Kaidah ini juga bisa dipakai di ilmu2 lain.

 

Ilmu2 keseharian.

 

Terlebih di jaman media sosial hari ini.

 

Jika kalian membaca sebuah ilmu.

 

Membaca sebuah informasi.

 

Ayolah,

 

Lihat apa sanad-nya.

 

Apa matan-nya.

 

Siapa rawi-nya.

 

Selalu lihat 3 faktor ini.

 

Pahami.

 

Identifikasikan kualitasnya.

 

Karena repot sekali.

 

Jika kita sanad-nya adalah tiktok.

 

 

Rawi-nya adalah akun2 tdk jelas entah apa karya intelektualnya.

 

 

Lantas matan-nya, hanya berdasarkan katanya saja.

 

 

Perasaan saja.

 

Wah, kacau jadinya.

 

Bagaimana info  terpercaya jika 3 hal tidak genap?

 

Karena bahkan yg sudah jelas pun, masih bisa nipu.

 

Sungguh adik2 sekalian.

 

 

Sy tahu, di youtube, tiktok itu mungkin ada juga yg bermanfaat.

 

 

Di medsos2 itu juga ada yg bermanfaat.

 

 

Tapi seriusan, kalian mau jadi pintar hanya berilmukan alkitabun tiktok wal yotube-an?

 

 

Hanya baca kitab kuning alfaceebuk wal twitteran wal instagramiyah fil alam ghoiby?

 

Wah, epic sekali kalau hanya berdasarkan itu.

 

Termasuk share di whatsapp, telegram, dll.

 

 

Periksa sanadnya, rawinya, matannya.

 

Ini kadang sedih sekali.

 

 

Dituliskan sebuah tulisan yg adalah hasil riset berhari2.

 

 

Lantas mangaplah netizen,

 

'tidak begitu, sy lihat di tiktok tdk begitu faktanya.'

 

 'saya lihat di share wa nggak begitu kok, itu hoax'.

 

Padahal kita justeru sedang termakan informasi.

 

 

Yg sanad-nya tidak jelas, rawinya mbuh, matannya hoax.

 

Maka semoga, kalian mau memperbaiki kualitas sanad dan rawi ilmu2 kalian.

 

Apalagi yg baru tahu istilah2 ini?

 

Baru ngeh jika ada 3 hal yg harus dilihat saat menilai kualitas sebuah informasi?

 

Baru tahu apa itu sanad, rawi, matan?

 

Itu berarti kita MEMANG masih perlu belajar banyak sekali di dunia ini.

 

Yuks, bacalah buku2 yg baik, tulisan2 yg baik.

 

Habiskan waktu membaca 1 buku bermutu, 1 tulisan berkualitas.

 

 

Itu jauh lebih baik dibanding 30 hari, 30 malam nonton video2 unfaedah.

 

Pikirkan.

 

 

(Sumber Tere Liye)

0 comments:

Post a Comment